Festival Lintas Melawai akan diadakan di Taman Kota Peruri Melawai, Jakarat Selatan (Sumber gambar: Lintas Melawai)

Festival Lintas Melawai Kembali Digelar, Cek Agenda & Pengisi Acaranya

09 October 2024   |   19:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik, seni, dan budaya yang mengangkat warisan Indonesia, Lintas Melawai akan kembali hadir pada 11-13 Oktober 2024. Acara dengan berbagai macam suguhan hiburan itu mengusung tema Lintas Melawai Volume 2 Golden Era, dan akan diadakan di di Taman Kota Peruri Melawai, Jakarta Selatan. 

Helmy Yahya, salah satu inisiator acara Lintas Melawai, mengatakan bahwa festival ini mengangkat warisan budaya Indonesia pada era 1980-an dan menyuguhkannya kepada generasi muda sampai masyarakat luas. Lewat ajang ini, penyelenggara menciptakan ruang bagi semua kalangan untuk mengekspresikan diri dalam suasana retro yang penuh nostalgia.

“Saya pikir Lintas Melawai adalah budaya. Ada musik di situ, ada tarian, fesyen. Ada gaya, lifestyle, saya pikir itu part of culture. Kita juga merangkul generasi yang lebih muda karena pop culture ya baik musik, tarian, fesyen yang dulu hit pada tahun itu, sekarang muncul lagi di anak muda zaman sekarang. Gen Z itu senang lagu-lagu lama, Fariz RM, Utha Likumahuwa, Keenan Nasution. Mereka suka yang retro lagi, walaupun kadang-kadang aransemennya berubah,” ujarnya. 

Baca juga: Mengenang Masa Keemasan, Lintas Melawai 2024 Siap Hadirkan Nuansa 80-an

Helmy menuturkan bahwa Lintas Melawai adalah sebuah istilah yang digunakan pada era 1980-an untuk kegiatan melintasi Melawai Plaza, sebuah pusat perbelanjaan yang berada di daerah Blok M, Jakarta Selatan.

Kala itu, anak muda gemar melakukan Lintas Melawai, dari sekadar menongkrong sambil melihat mobil yang lewat. Selain itu, tidak jarang kegiatan tersebut juga menjadi ajang pamer kendaraan dengan berkeliling melewati kawasan Melawai. 

Sementara itu, inisiator lain festival Lintas Melawai Denny Malik mengatakan bahwa sektor yang paling berkesan bagi dirinya pada era 1980-an adalah lagu-lagu dari para musisi. Menurutnya, banyak lagu yang rilis kala itu merupakan masterpiece.

“Film-film Indonesia booming pada 1980-an, kemudian fasyennya yang menjadi awal budaya pop yang ada di Indonesia. Era 1980-an menjadi cikal bakal, sehingga saya begitu kuat dalam berkarya karena influence nya sangat kuat sekali,” jelasnya.
 

Dia menambahkan, ajang Lintas Melawai Volume 2 juga akan dimeriahkan oleh sederet nama terkenal seperti Fariz RM, Ikang Fawzi, Harvey Malaiholo, Yana Julio, Lita Zein, Ita Purnamasari, Libels, Deddy Dhukun, KLA Projects, Krakatau Band, dan Trie Utami.

Nama-nama lainnya antara lain Keenan Nasution, Ahmad Albar, Ian Antono, Pasha Chrisye, Pancaran Sinar Petromaks, Barry Likumahuwa, Karimata, Natasya Elvira, Sandro Tobing, Chaplin Band, Solid 80, Kadri Mohamad, Acid Speed dan penyanyi maupun grup musik lainnya.

Untuk diketahui, Festival Lintas Melawai akan mengajak pengunjung untuk melintasi waktu keemasan pada era 1980-an dengan menghidupkan kembali masa kejayaannya dalam berbagai aspek kehidupan. Ini termasuk musik, seni dan budaya, hingga gaya hidup.

Selain acara utama dengan penampilan dari artis-artis legendaris yang akan membawa pengunjung ke era keemasan musik Indonesia, penyelenggara juga menghadirkan berbagai kegiatan seperti Parade Automotive, Motorcycle, Bicycle, Rollerskate, Bazaar Beauty, Kuliner, Zumba, Dance Workout, Yoga, Competition Fashion Show, Breakdance, Video Content, Photography, Ngeceng Spot 80’s movies, 80s video clip, dan kegiatan lainnya.

Lintas Melawai volume ke-2 ini bukan hanya sebuah perjalanan kembali ke masa lalu, tetapi juga menghidupkan kembali kenangan yang penuh warna. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kulit Bayi Rentan Iritasi? Ini Panduan Perawatan yang Aman dan Lembut

BERIKUTNYA

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: