Salah satu adegan dalam film Insidious : The Red Door (Sumber gambar: tangkapan layar laman insidious.movie)

Insidious: The Red Door Sukses Cuan saat Opening Meski Kurang Memuaskan

10 July 2023   |   08:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film bergenre horor Insidious: The Red Door berhasil meraih US$32,65 juta atau Rp489,32 miliar (US$1 = Rp14.986,69) pada akhir pekan penayangan perdana dari 7 sampai 9 Juli 2023. Perolehan ini membuatnya menjadi yang terbaik kedua dalam franchise Insidious. Patrick Wilson berhasil menjaga tren positif kinerja franchise ini.

Berdasarkan data Box Office Mojo, pendapatan pembukaan film pada Insidious: Chapter 2 sebesar US$40,27 juta yang rilis pada 2013 silam. Sedangkan Insidious edisi pertama hanya memperoleh pendapatan US$13,27 juta pada pembukaannya. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Insidious: The Red Door yang Perlu Diketahui Pencinta Film Horor

Alih-alih terus mengalami kenaikan, pendapatan opening Insidious: Chapter 3 yang rilis pada dua tahun kemudian atau 2015 justru anjlok sebesar 43,66 persen menjadi US$22,69 juta. Setelah itu, Insidious berhasil rebound dengan Insidious: The Last Key pada lima tahun silam atau 2018.

Pada saat itu, Sutradara Adam Robitel menjadi pengarah menggantikan Legih Whannell yang mengarahkan para pemain dalam Insidious : Chapter 3.

Pada tahun ini, Patrick Wilson yang menjalani debut sebagai sutradara setelah bermain dalam banyak film – termasuk franchise Insidious – berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Sony Pictures dengan mencatatkan pendapatan yang lebih tinggi dari 4 edisi sebelumnya.

Dengan pendapatan US$32,65 juta, maka Insidious tahun ini lebih tinggi sekitar 9,4 persen jika dibandingkan dengan revenue opening Insidious: The Last Key yang hanya US$29,58 juta.

Di sisi lain, Insidious: The Red Door juga berhasil menggeser Indiana Jones and the Dial of Destiny. Pada 7 - 9 Juli 2023, karya dari Sutradara James Mangold dan Danial Rifki itu hanya memperoleh US$26,5 juta. Pendapatan kotor ini tercatat lebih rendah sekitar 56,1 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan pertamanya di pasar domestik Amerika Utara. 

Selain itu, Insidious : The Red Door juga mengungguli Sound of Freedom, Elemental, dan Spider-Man: Across the Spider-Verse dalam pendapatan yang diperoleh dari 7 sampai 9 Juli 2023 di pasar domestik. 

Kurang Memuaskan
Meskipun begitu, para kritikus film dan penonton memberikan penilaian yang kurang memuaskan terhadap hasil karya Wilson. Laman Rotten Tomatoes mencatat bahwa skor dari seluruh kritikus hanya 37 persen dengan 60 pengulas yang rata-rata memberikan penilaian 4,9 dari 10.

Sementara itu, para penonton memberikan penilaian 68 persen. Sebanyak lebih dari 1.000 audiens memberikan rata-rata rating 3,7 dari 5.
Tidak jauh berbeda, laman Internet Movie Database (IMDb) mencatat bahwa rata-rata rating Insidious: The Red Door hanya 6,1 dari 10. Pemilik akun IMDb yang memberikan penilaian terhadap film dengan durasi 1 jam 47 menit ini sekitar 4.800 akun.

Untuk diketahui, dalam Insidious: The Red Door, pemeran asli franchise horor ini kembali untuk babak terakhir dari saga menakutkan keluarga Lambert. Karakter Josh yang diperankan oleh Patrick Wilson dan seorang mahasiswa bernama Dalton yang diperankan oleh Ty Simpkins harus masuk lebih dalam ke The Further.

Mereka menghadapi masa lalu kelam dan beberapa teror baru yang lebih mengerikan dari yang pernah dialami. Teror itu mengintai di balik pintu merah. 

Pemeran lainnya dalam film ini ialah Ty Simpkins, Rose Byrne, dan Andrew Astor. Selain itu, bintang yang menjadi bagian dari karya debut sang sutradara seperti Sinclair Daniel dan Hiam Abbass.

Baca juga: Rekomendasi Film Bioskop Juli 2023, Ada Kisah Horor Tari Kematian hingga Mega Proyek Oppenheimer

Selain Wilson, sutradara yang pernah menjadi pengarah dalam franchise Insidious adalah James Wan, Leigh Hannell, dan Adam Robitel. James Wan adalah satu-satunya orang yang mengarahkan dua film Insidious.

??????Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Asyik, Bandai Namco Resmi Buka Pre Order Armored Core VI Fires of Rubicon

BERIKUTNYA

Gaimin Gladiators Bawa Pulang Trofi Juara The Bali Major 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: