Stadion Utama Gelora Bung Karno yang berstandar FIFA. (Sumber gambar: Dino Januarsa/Unsplash)

Tidak Ada JIS, Cek 5 Stadion Berstandar FIFA Untuk Piala Dunia U-17 2023

05 July 2023   |   13:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pemerintah mematangkan persiapan menyambut Piala Dunia U-17. Sebagai tuan rumah, tentu stadion menjadi fasilitas utama yang menjadi perhatian guna menyukseskan gelaran sepak bola yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 itu. 

Sejauh ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo telah mempertimbangkan sejumlah stadion yang masuk dalam daftar venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Kelima stadion tersebut diantaranya, Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Manahan, Stadion I Wayan Dipta, dan Stadion Jakabaring.

Sementara itu, Jakarta International Stadium (JIS) atau disebut juga Stadion Internasional Jakarta yang dianggap layak oleh sejumlah warga, tidak masuk daftar. Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku akan melakukan pembenahan di stadion yang diresmikan mantan gubernur DKI Anies Baswedan itu. 

Baca juga: Daftar 6 Stadion Calon Venue Piala Dunia U-17 2023, Ada Manahan hingga SUGBK

“Tentu sesuai dengan prioritas bahwa kita ingin memastikan suporter pulang dengan selamat. Sejak awal saya selalu bicara tentang akses-akses," ujar Erick saat meninjau Stadion JIS di anjung Priok, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Berkolaborasi dengan banyak pihak, termasuk Kementerian PUPR, Erick menyebut kondisi JIS yang nantinya sesuai standar FIFA tak hanya baik untuk timnas, melainkan juga berbagai klub di Indonesia.

Erick menyebut semakin banyak stadion yang berstandar FIFA, akan baik untuk sepakbola Indonesia. "Kita di sini sama-sama ingin membangun stadion yang sesuai standar FIFA,” tuturnya.

Memang FIFA cukup ketat dalam menetapkan standar stadion untuk ajang sepakbola internasional. Selain perizinan yang matang, bangunan, kapasitas, rambu petunjuk arah, akses di dalam dan di luar stadion, lampu, hingga rumput menjadi penilaian ketat federasi sepakbola itu. 

Berikut ini Daftar Stadion Berstandar FIFA Untuk Piala Dunia U-17 di Indonesia


1. Stadion Utama Gelora Bung Karno 

Terletak di Ibu Kota Jakarta, SUGBK mungkin menjadi ikon utama dan stadion termegah kebanggaan Indonesia. Menjadi markas PSSI, stadion ini mulai dibangun pada 1955 dan rampung serta pertama kali dibuka pada 24 Juli 1962.

Bangunan mahakarya arsitek Friedrich Silaban itu mampu menampung sekitar 77.000 orang di tribun setelah dilakukan renovasi besar-besar. Sebelumnya SUGBK mampu menampung sekitar 100.000 penonton. 

Dalam sejarahnya SUGBK juga telah menjadi saksi bisu berbagai perhelatan olahraga skala nasional dan dunia. Mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Piala AFF pada tahun lalu. Sudah berstandar FIFA, komplek olahraga yang ada di area stadion ini pun sudah bertaraf internasional.

Baca juga: Duh, Jadwal Konser Coldplay di GBK Bakal Bentrok dengan Piala Dunia U-17
1
2


SEBELUMNYA

The Eras Tour Puncaki Tur Konser Terbesar 2023, Segini Raupan Cuan Taylor Swift

BERIKUTNYA

Sutradara Film Top Gun: Maverick Diundang Menjadi Anggota AMPAS 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: