Sphere of the Academy Museum of Motion Pictures (Sumber: Wikimedia Commons/Downtowngal)

Koleksi Baru Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Kostum Eminem sampai Patung Oscar

21 June 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengakuisisi sejumlah barang yang berkaitan dengan film besar di dunia untuk menjadi koleksi di Academy Museum of Motion Pictures, Margaret Herrick Library, dan Academy Film Archive. Mulai dari kostum Eminem sampai dengan patung Oscar.

Bill Kramer, CEO Academy, mengatakan bahwa barang yang diakuisisi tersebut adalah komponen penting dalam proses pembuatan film, yang menyoroti disiplin kolaboratif dalam mengembangkan dan memproduksi film yang disukai publik. 

“Mereka juga menunjukkan kapasitas unik Academy untuk melestarikan berbagai format sejarah film. Kami sangat berterima kasih kepada para donatur kami atas hadiah luar biasa mereka kepada Academy dan atas komitmen mereka untuk menerangi sejarah film kami," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id

Baca juga: Piala Oscar 2024 Siap Bergulir, Catat Tanggalnya

Sementara Jacqueline Stewart, Direktur dan Presiden Academy Museum of Motion Pictures, menambahkan bahwa koleksi baru itu mewakili beragam film dan pembuat film yang memang menjadi fokus untuk dikumpulkan.

Dia menuturkan, para pemilik barang atau yang berkaitan dengan koleksi mendukung tujuan Academy dalam membuka pengetahuan para penonton, mulai dari cendekiawan sampai dengan pembuat dan pencinta film. “Hingga materi yang memicu kegembiraan, inspirasi, dan mencontohkan sejarah sinema yang kaya,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa koleksi baru yang ikonik itu akan tersedia untuk penelitian dan kegiatan lain yang melibatkan publik pada masa yang akan datang.
 

Koleksi baru Academy of Motion Picture Arts and Sciences (Sumber: AMPAS)

Koleksi baru Academy of Motion Picture Arts and Sciences (Sumber: AMPAS)

Menurutnya, akuisisi barang terbaru yang dilakukan oleh Akademi berkisar dari kostum yang digunakan dalam pemenang Oscar untuk kategori film terbaik, yakni Everything Everywhere All at Once (2022); lebih dari 600 poster film langka; dan koleksi film pribadi dan materi terkait film dari Produser Gale Anne Hurd, Sutradara Harold Ramis, pembuat film Gregg Araki dan Kevin Brownlow.

Ada juga koleksi seperti seni konseptual untuk E.T. Extra-Terrestrial (1982). Selain itu, ada juga lebih dari 150 karya seni animasi yang dibuat dengan tangan sejak 1932 yang disumbangkan oleh oleh Steven Spielberg dan Kate Capshaw. 

Sebagai bentuk apresiasi atas sumbangan tersebut, Academy akan mengganti nama Margaret Herrick Library’s Graphic Arts Department menjadi Steven Spielberg and Kate Capshaw Graphic Arts Department.

Departemen itu menampung koleksi poster dan seni produksi Akademi, termasuk karya seni animasi, gambar desain produksi dan kostum, papan cerita, dan karya desain lainnya. Departemen itu  didirikan pada 1998 dan koleksi seni produksinya mendokumentasikan lebih dari 80 tahun desain film. Koleksi yang dimiliki oleh departemen itu didapat dari desainer, kolektor pribadi, dan organisasi profesional.  

Saat ini, Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah mengumpulkan dan melestarikan film dan materi terkait film sejak 1927. Akademi juga memiliki koleksi tetap lebih dari 13 juta foto; 8,3 juta kliping; 95.000 skenario; 73.500 poster; 145.000 gambar produksi dan desain kostum.

45.000 rekaman suara; 39.000 buku; 1.900 koleksi khusus; 242.000 aset film dan video; dan 8.000 alat peraga, proses, dan item produksi yang mewakili teknologi film, desain kostum, desain produksi, tata rias dan tata rambut, efek visual, materi promosi, dan banyak lagi. 

Halaman selanjutnya: Daftar lengkap koleksi baru Academy of Motion Picture Arts and Sciences
1
2


SEBELUMNYA

Siap Tayang di Vidio, Cek 5 Fakta Unik Serial Turn On 2 Besutan Anika Marani

BERIKUTNYA

Take Two, Lagu Anniversary BTS Bertahan di Billboard Global 200

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: