Stadion Utama Gelora Bung Karno yang berstandar FIFA. (Sumber gambar: Dino Januarsa/Unsplash)

Tidak Ada JIS, Cek 5 Stadion Berstandar FIFA Untuk Piala Dunia U-17 2023

05 July 2023   |   13:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

2. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

Terletak di pusat kota Jawa Timur, stadion yang dibuka pada 6 Agustus 2010 itu merupakan kandang bagi klub salah satu sepakbola besar Indonesia, Persebaya. Pembangunannya mengocek biaya hingga Rp500 miliar karena stadion ini terbilang luas dan megah. Bahkan lampu yang digunakan untuk menarangi stadion ini sebesar 1600 lux.

Stadion Gelora Bung Tomo memiliki kapasitas untuk menampung 55.000 - 60.000 penonton. Selain itu, lapangan stadion yang menjadi bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center itu juga menggunakan rumput Zoysia Japonica yang sesuai standar FIFA.


3. Stadion Manahan

Salah satu ikon kebanggaan kota Solo, Jawa Tengah ini dibuka pada 21 Februari 1998. Stadion Manahan yang terletak di pusat Surakarta sebelumnya digadang-gadang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sebelum akhirnya FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Stadion Manahan yang merupakan versi mini dari stadion Gelora Bung Karno ini mampu menampung sekitar 20.000 penonton. Fasad stadionnya memiliki motif unik seperti batik Kawung, khas Solo setelah direvitalisasi pada 2018 dengan dana Rp300 miliat agar terlihat lebih modern dan nyaman untuk merumput. Rumputnya juga sudah berstandar FIFA loh.


4. Stadion I Wayan Dipta

Stadion I Wayan Dipta terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Stadion yang menjadi markas Bali United F.C ini memiliki kapasitas sekitar 25.000 setelah dilakukan renovasi pada 2020, dari sebelumnya 18.000 penonton.

Dari segi pencahayaan stadion ini memiliki lampu field of play (FOP) sebesar 2.400 lux yang sesuai dengan standar FIFA beserta fasilitas penunjang lain termasuk kursi disabilitas, toilet dan, ruang ganti pemain. FIFA sudah melakukan pengecekan terhadap stadion ini.


5. Stadion Jakabaring

Sering menjadi tuan rumah ajang olahraga besar seperti  Asian Games, SEA Games, dan Fornas, Palembang memiliki Stadion Jakabaring yang sesuai standar FIFA. Stadion Gelora Sriwijaya itu pertama kali dibuka pada 2004.

Stadion Jakabaring memiliki kapasitas sekitar 23.000 penonton dan berbagai fasilitas mewah lain yang dapat memanjakan pemain sepak bola saat merumput di atas lapangan. Beberapa di antaranya termasuk sistem penyiraman rumput, sistem drainase, dan arena tempat duduk yang membuat penonton betah saat menonton pertandingan.

Baca juga: 7 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Korea Utara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

The Eras Tour Puncaki Tur Konser Terbesar 2023, Segini Raupan Cuan Taylor Swift

BERIKUTNYA

Sutradara Film Top Gun: Maverick Diundang Menjadi Anggota AMPAS 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: