Pertandingan Indonesia vs Argentina (Sumber gambar: PSSI)

Cek Perolehan Poin FIFA Indonesia Setelah Kalah dari Argentina

20 June 2023   |   11:10 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Laga antara Indonesia vs Argentina berakhir dengan kemenangan La Albiceleste. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi saksi bisu saat skuad Garuda dibekuk 0-2 dalam dua babak yang dipimpin wasit Muhammad Usaid Bin Jamal pada Senin, (19/6/23) malam. 

Tim Tango memang bermain tanpa Lionel Messi, tapi itu pun lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa Alejandro Garancho Cs sudah mampu mengacak-acak pertahanan Garuda. Namun, Indonesia sebagai tuan rumah juga tampil beringas dengan terus menahan serangan lawan meski akhirnya jebol.

Adapun, duel di laga persahabatan ini berlangsung dalam formasi 5-3-2 di Indonesia dan 4-3-3 untuk Argentina. Pertahanan lini belakang Bahar, Ridho, Jordi, Elkan, dan Pattynama pun goyah pada menit ke-38, saat hentakan kaki Leandro Paredes berhasil menjebol gawang Ernando Ari Sutaryadi. 

Sementara itu, gol kedua dari Romero kembali mengoyak gawang Indonesia di menit ke-55. Meski akhirnya harus tunduk, peluang-peluang kecil sebenarnya sudah mulai diciptakan Asnawi Mangkualam yang beberapa kali berupaya mengoyak pertahanan Tim Tango kendati gagal menembus gawang Emiliano Martinez. 

Baca juga: 5 Momen Seru Indonesia vs Argentina, Asnawi Banjir Pujian Usai 'Kantongi' Garnacho
 

Kekalahan Timnas Indonesia di FIFA Matchday kali ini tentunya bakal memengaruhi peringkat Skuad Garuda di peringkat FIFA terbaru. Dihimpun dari Football Rankings, prakiraan poin yang diperoleh Tim Nasional Indonesia seusai kalah dari Argentina tidak terlalu signifikan.

Setelah berhasil imbang dengan Palestina dan dibekuk Tim Tango 0-2 setidaknya Indonesia bakal mendapatkan pengurangan poin sebesar 0,45. Melihat hasil tersebut, maka poin Skuad Garuda bakal berkurang dari 1046,14 menjadi 1045,69. Namun, jika dilihat dari peringkat FIFA, posisi Indonesia sepertinya bakal merosot.

Diketahui, Indonesia sebelum bertanding melawan Argentina berada di peringkat ke-149. Kini, setelah berhasil digulung  La Seleccion peringkat Garuda bakal merosot menuju peringkat ke-150 yang sebelumnya dihuni Lesotho. Sejatinya, jika Indonesia bisa menahan imbang Argentina, skuad Garuda bisa meraup tambahan poin 4,55.

Terlebih, jika Asnawi Mangkualam dkk berhasil menunjukkan kelihaian dan bisa meraih kemenangan atas Argentina, maka anak asuh Shin Tae-yong ini bakal merengkuh poin sebesar 9,55. Namun, Indonesia sepertinya harus menelan pil pahit dan kembali turun pon ke peringkat ke-150 dunia.

Terlepas dari kekalahan yang diterima saat berhadapan dengan Argentina, Indonesia setidaknya telah tampil dengan bagus selama 90 menit pertandingan. Pasalnya, Asnawi Mangkualam dan kolega berhasil memberi perlawanan sengit pada Argentina dan memaksimalkan penampilan mereka dalam laga tersebut.

"Memang Tim Argentina memiliki permainan yang sangat baik. Itu yang saya rasakan, memang sangat baik. Namun secara mental para pemain Timnas Indonesia tidak kalah jauh," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Tak hanya itu, pelatih Argentina, Lionel Scaloni juga memuji permainan timnas, termasuk dukungan suporter Indonesia. Dia pun juga mengapresiasi permainan anak asuhnya yang solid meski sempat terkendala faktor cuaca di Asia.

“Sungguh tidak mudah bagi kami saat bertanding melawan Indonesia. Jadi lanjutkan permainan baik itu, sekaligus saya juga mau mengapresiasi dukungan para suporter Indonesia”, ujar Scaloni.

Baca juga: Komentar Scaloni Usai Laga Indonesia vs Argentina: Pertandingan yang Cukup Sulit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ada di Udara, Manusia Hirup Mikroplastik Seukuran Kartu Kredit Setiap Minggu

BERIKUTNYA

Apa itu Operasi Bariatrik? Prosedur Pemotongan Lambung yang Sempat Dijalani Penyanyi Melly Goeslaw

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: