Ilustrasi orang-orang melihat layar handphone. (Sumber foto: Pexels/Fauxels)

Bermedia Sosial dengan Bijak, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental dari Dampak Negatif Internet

03 July 2023   |   17:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna media sosial perlu waspada terhadap dampak negatif ketika menggunakannya secara berlebihan karena dapat berdampak kepada terganggunya kesehatan jiwa seperti kemunculan ganguan ansietas atau rasa cemas, depresi, rasa terisolasi atau kesepian, dan fear of missing out (FOMO).

Berikut sejumlah langkah yang dapat dilakukan agar tidak berlebihan dalam menggunakan media sosial dan memiliki kesehatan jiwa.


1. Kurangi durasi menggulir lini masa media sosial

Genhype bisa melakukan pembatasan waktu dalam menggunakan media sosial, yakni maksimal dua jam sehari. Penelitian menunjukkan remaja dewasa dan muda yang hanya menggunakan media sosial selama 30 menit satu haru memiliki perubahan bermakna.

Langkah lainnya adalah kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur durasi pemakaian media sosial. Ketika waktu yang ditentukan telah habis, akses untuk masuk ke aplikasi media sosial akan terkunci secara otomatis dan hanya dapat kembali dibuka setelah sekitar satu hingga dua jam.


2. Rutinkan kegiatan produktif

Kecanduan media sosial bisa diatasi dengan merutinkan kegiatan sosial yang positif. Kalian bisa memanfaatkan waktu ini untuk menghabiskan waktu dengan keluarga, teman dan komunitas untuk melakukan kegiatan produktif atau hanya sekadar bersantai bersama tanpa melihat lini masa setiap menit. 

Tidak hanya itu, membuat gratitude journal secara berkala juga bisa menjadi pilihan karena apa yang kalian tuliskan dapat menjadi refleksi pribadi. Waktu ini bisa kalian manfaatkan untuk memahami karakteristik serta kebutuhan tiap manusia yang berbeda dan unik.


3. Jangan jadikan media sosial sebagai pengisi waktu luang

Langkah lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengubah fokus penggunaan media sosial bukan sebagai pengisi waktu luang karena media sosial tidak bisa disamakan dengan pengganti dunia nyata. Kalian bisa mengisi waktu memperdalam hobi yang sempat terlupa, membaca buku, mencoba gim baru atau menghabiskan waktu bersama kerabat

Selain itu, kita sebagai manusia juga perlu fokus terhadap keadaan saat ini dan yang ada di sekitar. Salah satu caranya adalah dengan menstimulasi panca indra dengan apa yang ada di sekitar.

Baca juga: 5 Cara Aman Berselancar di Media Sosial

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

Marina Bay Sands Singapura Siap Gelar Festival Musik, Ada Ellie Goulding hingga J Balvin

BERIKUTNYA

Kenali Sejarah Permainan Catur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: