Ilustrasi warga membersihkan lautan sampah plastik di bibir pantai Kedonganan, Badung, Bali. (sumber gambar Hypeabis.id/ Dicky PH. Bisinglasi)

Sejarah Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia & Cara Merayakannya

03 July 2023   |   10:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 3 Juli masyarakat dunia selalu memperingati Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia. Peringatan tahunan tersebut merupakan kampanye global agar masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Hal itu dilakukan demi keberlangsungan bumi yang lebih baik.  

Sudah menjadi rahasia umum jika plastik merupakan salah satu sumber sampah yang paling banyak ditemukan di bumi. Seiring maraknya penggunaan kantong plastik sekali pakai tanpa disadari memang telah membuat jumlah sampah ini meningkat karena sulit terurai.

Baca juga: Ada di Udara, Manusia Hirup Mikroplastik Seukuran Kartu Kredit Setiap Minggu

Hal inilah yang membuat pegiat lingkungan prihatin terhadap kondisi yang akan berdampak buruk bagi bumi. Oleh karenanya masyarakat global mengkampanyekan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia tiap tahunnya agar kesadaran masyarakat terhadap penggunaan plastik sekali pakai terus berkurang.


Sejarah Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau Plastic Bag Free Day bermula saat semakin masifnya penggunaan kantong plastik sekali pakai. Plastik merupakan salah satu sumber daya yang murah dan melimpah untuk berbagai keperluan termasuk mengemas barang.

Mengutip laman National Today, polietilen yang menjadi bahan pokok pembuatan plastik pertama kali ditemukan secara tidak sengaja pada 1993 di Inggris. Polietilen awalnya hanyalah bahan sintetis yang digunakan secara rahasia oleh militer Inggris selama Perang Dunia II.

Namun, pada 1965, tas belanja polietilen dipatenkan oleh perusahaan Swedia Celloplast. Kantong plastik pun dengan cepat mulai menggantikan fungsi kain dan plastik di Eropa, karena bahannya yang mudah didapat dan murah. Tak hanya itu, kantong plastik juga mulai diperkenalkan secara luas ke Amerika Serikat pada 1979.

Setelah menguasai 80 persen pasar tas di Eropa dan Amerika, perusahaan plastik mulai gencar memasarkan produknya, karena dianggap lebih unggul dari kertas dan tas pakai ulang. Kendati begitu keadaan ini tak urung juga menimbulkan berbagai masalah lain yang baru disadari manusia beberapa tahun kemudian.

Syahdan, Charles Moore seorang peneliti sekaligus pelaut menemukan Great Pacific Garbage Patch atau tempat tumpukan sampah plastik terbesar dari beberapa pusaran di lautan dunia yang mengancam kehidupan laut pada 1997. Saat itu dia menemukan fakta bahwa plastik dapat membunuh penyu karena mereka mengira membrannya yang tipis dianggap sebagai ubur-ubur, lalu memakannya.

Para pegiat lingkungan akhirnya mengkampanyekan untuk menyetop penggunaan plastik sekali pakai. Bangladesh kemudian menjadi kota pertama di dunia yang menerapkan larangan mengenai penggunaan kantong plastik tipis pada 2002. Pasalnya kantong-kantong yang dibuang sembarangan  itu telah menyumbat sistem drainase dan mengakibatkan banjir.

Langkah tersebut akhirnya diikuti oleh negara-negara lain, seperti Rwanda, China, Australia, Italia, dan Afrika Selatan. Akhirnya, tanggal 3 Juli ditetapkan sebagai Hari Bebas Plastik Sedunia yang dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah plastik di dunia dan menyadarkan masyarakat mengenai bahaya plastik bagi manusia, hewan, dan juga lingkungan.

Adapun, peringatan tersebut dimulai sejak 2016 dengan adanya Gerakan Bebas dari Plastik dan diikuti oleh setidaknya sekitar 1.500 organisasi berbeda di seluruh dunia. Namun, hingga saat ini plastik tetap menjadi masalah penting bagi bumi karena partikel mikroplastik bahkan sudah terhirup oleh manusia saat sedang bernapas.


Cara Merayakan Hari Bebas kantong Plastik Sedunia

1. Berhenti menggunakan kantong plastik
Cara terbaik untuk merayakan Hari Bebas kantong Plastik Sedunia
adalah selama satu hari saja saat berbelanja di kelontong hingga taman, hingga restoran, pastikan untuk tidak menggunakan dan tidak meminta kantong plastik.

2. Kurangi, gunakan kembali, dan daur ulang
Cara lain untuk merayakan hari bebas kantong plastik adalah dengan mendaur ulang barang-barang di sekitar kalian. Bahkan jika kamu memiliki beberapa kantong plastik, jangan membuangnya. Sebab kalian dapat menggunakannya sebagai kantong sampah tambahan atau sebagai alternatif untuk membungkus belanja harian.

3. Tidak membuang sampah sembarangan
Selain dua cara di atas, kegiatan lain yang paling mudah dilakukan untuk memperingati Hari Bebas kantong Plastik Sedunia adalh dengan tidak membuang sampah sembarangan. Meski terdengar sepele tapi jika kesadaran tersebut dilakukan semua pihak tentunya lingkungan kalian bakal lebih terjaga keasriannya.

Baca juga: Cara Unik Libatkan Rumah Ibadah untuk Daur Ulang Sampah Plastik

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jaehyun NCT Debut Jadi Aktor Film, Karakternya Bikin Merinding

BERIKUTNYA

Mengenal Buck Moon, Fenomena Astronomi Langka & Efeknya Terhadap Bumi yang Terjadi Malam Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: