Menonton film bersama menjadi ide liburan seru. (Sumber gambar: Tirachardz/Freepik)

5 Ide Liburan Sekolah di Rumah, Dijamin Seru & Bikin Si Kecil Bahagia

01 July 2023   |   14:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menikmati momen libur sekolah tidak melulu harus jalan-jalan ke tempat wisata atau pergi ke luar kota. Buat ayah bunda yang anggarannya terbatas, kalian tetap bisa menciptakan momen berkualitas dan menyenangkan dengan si kecil dengan cara yang sederhana.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Genhype lakukan walau hanya di rumah saja. Sedikit kreativitas, ayah atau bunda bisa menyulap rumah menjadi tempat yang asyik buat staycation lengkap dengan makanan lezat, dan suasana piknik.

Baca juga: 7 Ide Kegiatan Seru Orang Tua dan Anak Untuk Mengisi Liburan Sekolah

Seperti apa liburan asyik di rumah saja? Simak tips dari Hypeabis.id berikut yang bisa jadi referensi ayah dan bunda menciptakan momen berkualitas keluarga di libur sekolah.


1. Piknik di Halaman

Tidak perlu jauh-jauh ke area publik atau pantai, cukup siapkan kain lebar atau tikar, gelar di halaman depan atau belakang rumah. Mengadakan piknik walaupun di halaman rumah akan menjadi ide kegiatan liburan sekolah yang seru bagi anak. 

Untuk menciptakan suasana piknik sungguhan, siapkan makanan khas piknik seperti sandwich, burger, onigiri, kimbap, atau kentang goreng. Jangan lupa buah-buahan segar seperti strawberry, jeruk, mangga, maupun pisang. 

Siapkan juga minuman dingin untuk pelepas dahaga. Kalian bisa menaruh makanan atau minuman tersebut di kotak makan kemudian dimasukkan ke keranjang piknik terlebih dahulu untuk menampilkan kesan piknik secara nyata. 

Tidak ketinggalan board game yang dapat dimainkan bersama-sama atau buku bacaan. Singkirkan perangkat elektronik seperti handphone dan nikmati waktu berkualitas kalian dengan si kecil.


2. Nonton Film

Ciptakan bioskop kecil di rumah kalian. Redupkan lampu, tutup semua jendela dengan tirai di ruang tamu, dan pasang proyektor mengarah ke dinding polos, atau cukup dengan televisi yang ada di rumah.

Waktunya memutar film-film bertema keluarga terbaru atau animasi live action baik lokal maupun mancanegara yang dapat dipilih oleh orang tua dan anak. Kegiatan menonton film saat ini bisa dilakukan oleh orang tua dan anak di rumah dengan memanfaatkan platform over the top (OTT). 

Untuk membuat suasana semakin seru, siapkan popcorn dengan minuman bersoda yang khas seperti menonton film di bioskop. Namun untuk si kecil, berikan susu atau minuman manis saja ya.
 

3. Berkebun

Terdengar tak biasa, namun berkebun adalah ide kegiatan liburan sekolah seru yang bisa dilakukan. Anak akan belajar bagaimana proses sayur dan buah kesukaannya didapatkan.

Tidak perlu kebun yang luas, kegiatan ini dapat dilakukan di halaman rumah atau di sekitar rumah. Selain membuat halaman rumah menjadi indah, kegiatan ini juga dapat mengenalkan anak tentang pengetahuan terkait umbuhan, tanggung jawab dan kesabaran, dan pentingnya menjaga lingkungan.

Kalian bisa memanfaatkan paket kit tanaman yang dijual melalui online atau mudah didapatkan di penjual tanaman. Manfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastik atau pipa untuk membuat tanaman hidroponik. Si kecil jadi punya pengetahuan reduce, reuse, recycle deh.


4. Kerajinan Tangan

Bermain sambil belajar penting dilakukan di masa pertumbuhan anak. Agar tidak bosan liburan hanya di rumah saja, ajak si kecil untuk membuat kerajinan tangan.

Ayah atau bunda bisa membeli kit kerajinan tangan atau menyiapkan bahan-bahannya sendiri. Sebagai contoh, siapkan benang dan jarum untuk merajut, cat dan canvas untuk melukis, atau tanah liat untuk membuat vas maupun gelas. 

Ada banyak kreasi kerajinan tangan yang bisa dicoba bareng si kecil dengan memanfaatkan barang-barang sekitar. Contohnya, membuat boneka dari sarung tangan rajut atau kotak pensil dari kardus bekas. Yuk, bangkitkan kreativitas untuk anak.


5. Berkemah

Jika kalian punya halaman rumah yang luas, berkemah menjadi kegiatan seru momen bersama keluarga di hari libur. Layaknya camping sungguhan, dirikan tendah di halaman rumah kamu untuk kamu menginap menikmati suasana malam dan alam sekitar. 

Hidupkan suasana dengan menyiapkan api unggun dan jangan lupa untuk barbekyu. Siapkan marshmellow atau potongan daging dan sayur yang siap dipanggang. Nikmati malam yang akrab dengan berbincang-bincang di sekitar api unggun hingga mengantuk dan tidur di dalam tenda. 

Baca juga: 5 Tempat Seru di Jakarta Buat Mengisi Liburan Sekolah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar 5 Negara Teraman untuk Solo Traveler 2023, Ada Islandia & Swiss

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Drakor Tayang Juli 2023, Ada Shadow Detective hingga D.P Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: