Suasana Pekan Raya Jakarta di malam hari (Sumber gambar: jakartafair.co.id)

Maraknya Pencopetan di PRJ, Lakukan Cara ini Agar Tidak Kecopetan

01 July 2023   |   06:30 WIB

Like
Sejak pertama kali dibuka tanggal 14 Juni 2023 lalu, Pekan Raya Jakarta (PRJ) tidak pernah sepi dari pengunjung. Sejak dahulu hingga sekarang, Pekan Raya Jakarta dikenal dengan keramaiannya yang luar biasa. Bahkan ada beberapa warga dari luar kota yang datang jauh-jauh ke Jakarta, demi menghadiri pekan raya ini.

Banyaknya barang dengan potongan harga yang tinggi, harga grosir barang yang terjangkau, serta gerai makanan dan minuman yang variatif, menjadi pemicu tingginya antusiasme masyarakat terutama warga DKI Jakarta untuk berkunjung.

Namun dari keramaian tersebut, tidak jarang rawannya aksi pencopetan terjadi. Di dalam keramaian besar, biasanya copet melakukan aksi pencurian tidak sendiri, melainkan dengan berkelompok. Dalam satu kelompok ini, mereka akan berpencar ke sudut-sudut tempat tertentu, untuk melakukan aksinya tersebut.  Baru-baru ini, sedang ramai di media sosial TikTok tentang maraknya pencopet di PRJ.

Baca juga: Kembali Dihelat Tahun Ini, Yuk Simak Sejarah Pekan Raya Jakarta

Pemilik akun @inungbale, enam hari yang lalu mengunggah video tentang kejadian yang dia lihat ketika mengunjungi PRJ. Dalam video yang diunggahnya, ia mengatakan ada sepasang suami istri yang diduga pencopet, sedang tertangkap basah, karena membawa ponsel-ponsel hasil copetan dalam jumlah yang banyak, di tas jinjing mereka.
@inungbale Jumat malem (23 Juni 2023) ke PRJ lagi mampir ke booth @Teman Kanzler taunyaa malah ada pencopet. Buat teman-teman yang ke PRJ usahakan pake tas yang bisa di kedepan badan in yaaa, jangan lupa juga barang bawaannya dijagaa #pencopetan #PRJ #pekanrayajakarta ? original sound - Inungbale
 
Dalam video tersebut terlihat salah satu pengunjung yang sangat marah akibat mengetahui ponselnya telah dicuri, setelah menemukannya di tas pencopet tersebut. Dalam video itu, juga dijelaskan bahwa tidak satu dan dua orang saja yang ponselnya dicuri, namun banyak sekali orang yang ponselnya telah dicuri oleh pasangan pencopet tersebut.

Bahkan tak sedikit netizen yang berkomentar di video itu, bahwa ponsel dan dompet mereka juga baru saja hilang dan dicopet, saat mereka datang ke PRJ. Aksi dari pasangan pencopet itupun akhirnya viral, dan banyak sekali akun yang juga mengunggah kejadian saat mereka ketahuan mencopet. 

Bahkan platform dan akun media masa turut menyoroti aksi pencopetan sepasang suami istri tersebut. Oleh sebab itu, ketika akan mengunjungi tempat yang ramai seperti PRJ, kita harus selalu waspada dalam menjaga barang bawaan kita, terutama yang penting dan berharga.

Berikut cara-cara yang harus kalian lakukan untuk menjaga barang bawaan anda agar tidak kecopetan saat di PRJ. 


1. Posisi tas berada di depan

Saat kalian membawa tas, jangan ditaruh di bagian belakang badan. Posisi tas harus ditaruh di bagian badan depan kita. Hal ini harus dilakukan, agar tas yang kita bawa tidak lepas dari pengawasan kita.


2. Tidak menaruh barang bawaan di kantong celana

Hindari menaruh barang, terutama barang elektronik di kantong atau saku celana. Selain barang akan mudah diraih pencuri, terkadang barang yang ditaruh dikantong celana berpotensi akan lepas dari pengawasan si pemilik. Sebab barang yang ditaruh di kantong, keberadaannya tidak begitu dirasakan. Sehingga ketika barang tersebut diambil, pemilik akan merasa biasa saja dan tanpa disadari kalau barang miliknya telah dicuri, Oleh sebab itu, sebaiknya semua barang bawaan harus ditaruh di dalam tas.


3. Gunakan tas yang berbahan tebal dan tertutup

Hindari menggunakan tas yang mudah terbuka, dan berbahan tipis. Tas yang mudah terbuka, akan memudahkan pencopet untuk mengambil barang di dalamnya. Sedangkan tas yang berbahan tipis akan memudahkan pencopet untuk menyayat atau merobek tas kalian.


4. Tidak menggunakan tas yang bentuknya mencolok

Ketika menggunakan tas, hindari yang bentuknya mencolok, atau bentuk yang menunjukkan secara kontras bahwa tas itu branded dan mahal. Sebab jika kita gunakan, pencopet akan berasumsi bahwa tas itu berisikan barang-barang mahal dan duit yang banyak, sehingga kalian bisa jadi sasaran empuk. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan tas yang berbentuk wajar dan tidak mencolok.

Cara-cara di atas, tidak hanya berlaku ketika kalian pergi ke PRJ saja. Kalian juga bisa melakukannya ketika hendak berpergian ke tempat lain, agar barang bawaan kalian tetap terjaga dengan aman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Kuliner Tradisional Nusantara, dari Rendang hingga Sayur Lodeh

BERIKUTNYA

Inspirasi Make Up Look ala Hanum Mega, Mulai dari Gaya Bold sampai Natural

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: