Salah satu adegan film kembang Api (sumber gambar Falcon Pictures)

Sinopsis Film Kembang Api yang Dibintangi Donny Damara & Marsha Timothy

28 June 2023   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses menyapa penggemar di layar bioskop Indonesia, film Kembang Api besutan sutradara Herwin Novianto akhirnya mendarat di Netflix. Dibintangi Donny Damara hingga Marsha Timothy, film yang mengangkat isu kesehatan mental itu akan tayang pada Jumat, (30/6/2023).

Kembang Api diadaptasi dari film Jepang berjudul 3ft Ball & Souls (2017) karya sutradara Yoshio Kato. Film ini mengisahkan sekelompok orang yang saling tak mengenal harus menghadapi pilihan hidup serta trauma masing-masing, ketika percobaan bunuh diri mereka tak berjalan sesuai rencana.
 
 


Selain Donny Damara dan Marsha Timothy, film Kembang Api juga dimeriahkan oleh sederet bintang papan atas Tanah Air. Beberapa di antaranya termasuk Ringgo Agus Rahman, Hanggini, Vino G. Bastian, Imelda Therinne, dan Putri Patricia. Mereka nantinya akan menyajikan akting mumpuni yang menyorot soal isu kesehatan mental.

Baca juga: 8 Rekomendasi Film Keluarga di Netflix Juni 2023, Chris Hemsworth Siap Bertarung Lagi

Sinopsis film Kembang Api 
Film Kembag Api menceritakan mengenai empat sosok yang awalnya tidak saling mengenal tapi memiliki tujuan yang sama untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.

Mereka adalah Sukma (diperankan Marsha Timothy) seorang istri yang mengalami trauma akibat kehilangan anak sehingga membuatnya ingin mengakhiri hidup. 

Lalu ada Raga (Ringgo Agus Rahman) seorang pria yang mengalami masalah besar dalam hidup hingga titik nadir dan juga ingin mengakhiri hidup. Kemudian, Anggun (Hanggini) seorang siswi SMA yang kerap mengalami perundungan di sekolahnya.

Terakhir, Fahmi (Donny Damara) seorang lelaki paruh baya perakit bola kembang api yang memiliki masalah kesehatan mental. 

Keempat karakter utama tersebut diceritakan bertemu secara online dan berencana mengakhiri hidup dengan menggunakan ratusan kembang api yang disiapkan oleh Fahmi di suatu gudang.

Namun di tengah perjalanan tersebut justru muncul konflik yang membuat mereka kembali memikirkan ulang rencana yang telah dibuat. 

Salah satunya dari Sukma dan Raga yang menyadari bahwa hidup masih layak untuk dijalani. Kendati begitu, Anggun menolak dan memaksa meledakan kembang api di dalam gudang.

Lantaran percobaan bunuh diri yang tak berjalan sesuai rencana itulah akhirnya mereka menyadari ada sesuatu yang digariskan dalam hidup mereka dan yang justru berasal dari 'senjata' yang akan mereka gunakan untuk bunuh diri.

Karena menyadari ada sesuatu yang tidak beres inilah, Anggun, Raga, Sukma dan Fahmi lalu mencoba untuk mencari tahu mengapa bola raksasa tersebut tidak bisa membuat mereka mengakhiri hidup.

Lantas, apakah mereka berhasil mengakhiri hidup atau justru membatalkan keinginannya untuk terus menjalani hidup yang nyatanya layak untuk dilanjutkan?

Selain membahas isu kesehatan mental, film Kembang Api juga banyak mengungkit berbagai persoalan seperti trauma, putus asa, dan depresi yang mewakili perasaan banyak orang.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Indonesia Hasil Adaptasi Novel Populer

Sebagai film motivasi, tayangan yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini juga layak ditonton karena ada banyak pelajaran penting yang bisa diambil dari kisah di dalamnya.
 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kiat Mengolah Daging Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

BERIKUTNYA

Waspadai 5 Faktor ini Bikin Orang Terjebak Pinjol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: