Kostum Superman (Foto: Instagram supermanonfilm)

David Corenswet Ditunjuk Jadi Superman, Yuk Intip Tantangan Aktor Sebelumnya

29 June 2023   |   07:00 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Warner Bros dan DC Studios memilih David Corenswet untuk memerankan Clark Kent (Superman), dan Rachel Brosnahan sebagai Lois Lane dalam film Superman: Legacy. Mengutip laporan Deadline, pemilihan kedua pemeran utama tersebut melalui pengujian dengan kostum lengkap di depan co-chair DC Peter Safran dan sutradara James Gunn.

Gunn rupanya ingin membawa penyegaran pada karakter Superman yang dalam 10 tahun terakhir ini melekat dengan sosok Henry Cavill. Sutradara kawakan ini sejak awal disebut tidak melibatkan Cavill dalam proyek barunya tersebut. Namun, Gunn membantah mengenai rumor pemecatan Cavill.

Baca juga: Gantikan Posisi Henry Cavill, Aktor David Corenswet Jadi Pemeran Utama Film Superman: Legacy

Karakter Superman yang diciptakan oleh penulis Jerry Siegel pada 1938 ini memang menjadi salah satu ikon pahlawan super paling terkenal di dunia komik. Sejak adaptasi film pertamanya dalam serial televisi berjudul Adventures of Superman (1952), telah banyak bergonta-ganti pemeran. 

Harus diakui, pergantian pemeran Superman ini memang membawa kesan yang lebih segar sehingga penonton menikmati cerita baru dengan lakon anyar. Apalagi Superman kali ini dikabarkan bakal hadir dengan cerita yang berbeda dari versi komiknya, hasil sentuhan Gunn.  

Nah dengan kabar pergatian pemeran Superman ini, menambah daftar panjang sosok aktor yang melekat dengan pahlawan super legendari ini. Yuk simak siapa pemeran Superman yang paling berkarakter sambil melihat tantangan yang akan dihadapi David Corenswet dalam memainkan karakter pahlawan super ini.


1. George Reeves (1952 dan 1958)

George Reeves adalah aktor Amerika yang memerankan Superman dalam serial televisi Adventures of Superman yang tayang antara 1952 dan 1958.  Penampilannya yang karismatik membuatnya menjadi karakter Superman yang paling ikonik dan tergolong sukses dalam peletakan tonggak waralaba film superhero ini sehingga menjadi serial populer pada masanya. 

Serial ini mengisahkan petualangan pahlawan super dengan kekuatan luar biasa, yang menjalani kehidupan ganda sebagai Clark Kent, seorang wartawan di Daily Planet. Terdiri dari 6 musim dengan total 104 episode berdurasi sekitar 30 menit/episode, serial ini ditayangkan secara mingguan, dan didistribusi ulang (reruns) di seluruh dunia.

Film yang disutradarai oleh Richard Donner ini mengisahkan tentang asal usul Superman dari planet Krypton, kedatangannya di Bumi, dan pertempurannya melawan musuhnya, Lex Luthor.

Dalam Adventures of Superman ini, George Reeves dipasangkan dengan Phyllis Coates sebagai Lois Lane pada musim pertama, dan Noel Neill dalam musim berikutnya. Perjalanan hidup Reeves terbilang pendek di mana kematiannya pada usia 45 akibat tertembak, menjadi kontroversi.


2. Christopher Reeve (1978-1987)

Christopher Reeve adalah aktor Amerika yang mencuat lewat perannya sebagai manusia super dalam Superman: The Movie (1978), Superman II (1980), "Superman III (1983), dan Superman IV: The Quest for Peace (1987). 

Reeve dianggap oleh penggemarnya sebagai wajah Superman paling ikonik. Pasalnya, aktor ini merupakan yang pertama memerankan Clark Kent si manusia super untuk layar lebar dan membawa kesuksesan besar bagi waralaba ini.

Pada Superman: The Movie yang disutradarai oleh Richard Donner, Reeve turut membawa film ini menjadi salah satu adaptasi komik paling terkenal dan dianggap sebagai film yang membuka jalan bagi genre film superhero modern. 

Tidak mudah bagi Reeve dalam melakoni sosok pahlawan super ini. Dia harus bekerja keras untuk latihan fisik agar menjadi kekar hingga menjalani program diet yang intensif. Dia berupaya menghadirkan citra fisik yang diharapkan dari karakter Superman hingga melakukan beberapa adegan berbahaya tanpa peran pengganti.

Salah satu aspek yang membedakan Christopher Reeve dalam peran Superman adalah dedikasinya untuk menghadirkan karakter tersebut sebagai simbol kebaikan, harapan, dan kepahlawanan. Reeve percaya bahwa karakter Superman mewakili kekuatan dan kebaikan yang ada di dalam diri setiap orang. 


3. Dean Cain (1993-1997)

Dean George Tanaka alias Dean Cain adalah aktor AS yang dikenal karena perannya sebagai Superman dalam serial televisi Lois & Clark: The New Adventures of Superman yang tayang antara 1993 dan 1997. Serial ini menekankan hubungan antara Superman (Clark Kent) dan Lois Lane.

Sebelum memasuki dunia akting, Dean Cain adalah atlet sepak bola berbakat. Saat menerima peran manusia super itu, banyak yang meragukannya karena Cain memiliki ciri fisik yang terlalu ramping sehingga dianggap tidak sesuai dengan citra fisik karakter Superman. 

Namun, penampilannya yang menawan dan kemampuan aktingnya yang kuat membuatnya sukses mendapat sambutan penonton. Beradu akting dengan Teri Hatcher yang memerankan Lois Lane, kedekatan mereka di dalam dan luar layar menjadi salah satu daya tarik serial ini. 

Keduanya mampu membangun chemistry yang kuat untuk membawakan kehidupan hubungan yng penuh dinamika antara Clark Kent si Superman dengan Lois Lane.


4. Brandon Routh (2006)

Brandon Routh merupakan aktor juga sukses memerankan Superman dalam film "Superman Returns" (2006) yang disutradarai oleh Bryan Singer. Meskipun film ini disebut kurang sukses, penampilan Routh sebagai Superman menjadi cerita unik tersendiri.

Brandon Routh yang awalnya tidak dikenal luas di industri hiburan AS, mampu menarik perhatian sutradara Bryan Singer setelah beberapa audisi dan tes layar. Dalam Superman Returns, Routh dituntut untuk menghadirkan citra klasik Superman yang telah diperankan oleh Christopher Reeve. 

Dia pun harus menjalani latihan fisik yang intensif untuk mendapatkan postur tubuh sesuai dengan karakter Superman yang ikonik. Bahkan, Routh melatih karakter vokal untuk memperkuat karakter yang diharapkan dari pahlawan super tersebut.

Hal itu menjadi tugas yang sangat berat dan penuh tekanan. Routh menyadari bahwa dirinya harus dapat memenuhi ekspektasi penggemar yang sudah melekat dengan karakter warisan dari aktor sebelumnya. Dia berupaya menghidupkan kembali karakter Superman yang sesuai ekspektasi penggemarnya, sekaligus memperkenalkan Superman kepada generasi yang lebih muda.


5. Henry Cavill (2013-2021)

Henry Cavill adalah aktor Inggris yang popularitasnya melesat setelah memerankan Superman dalam film Man of Steel (2013), Batman vs Superman: Dawn of Justice (2016), Justice League (2017), dan Zack Snyder's Justice League (2021). 

Cavill terbilang sukses memberikan interpretasi yang lebih serius dan kuat dari karakter Superman. Untuk memerankan manusia super ini, dia menjalani transformasi fisik yang signifikan lewat program latihan dan diet ketat. Cavill menghabiskan berjam-jam di gym setiap hari dan mengikuti program pelatihan khusus untuk mencapai bentuk tubuh yang atletis yang menjadi ciri khas Superman.

Dia juga melakukan penelitian mendalam tentang sejarah dan kepribadian Superman dalam komik-komik DC untuk memastikan bahwa dia bisa membawakan karakter tersebut dengan baik.  Cavill pun bekerja kerasnya untuk menciptakan interpretasi yang memadai dan mendalam dari karakter Superman, termasuk mengeksplorasi sisi emosional dan moral dari karakter tersebut hingga sukses diterima para penggemarnya.

Itulah daftar aktor yang melekat dengan sosok Superman selama ini. Apabila David Corenswet jadi menggeser Henry Cavill, ambisi Dunn dalam menghadirkan cerita baru dalam film ini tentu menjadi tantangan berat bagi Corenswet. Dia harus dapat memerankan karakter Superman yang benar-benar baru tanpa mengubah citra yang melekat pada pahlawan super ini. 

Setiap pemerannya memang memiliki penampilan yang ikonik dan berkontribusi dalam membawa karakternya menjadi lebih segar. Corenswet harus mampu memberikan interpretasi yang unik untuk memenuhi ambisi Dunn sekaligus ekspektasi para penggemar Superman di seluruh dunia.

Baca juga: Fakta Film Superman Legacy yang Jadi Pembuka Fase Gods and Monsters DC Universe

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Aktor David Corenswet jadi Pemeran Baru Superman: Legacy, Tugas Berat Menantinya

BERIKUTNYA

Jin Ki-joo dan Kim Dong-wook Bicara Tentang Karakternya di Drakor My Perfect Stranger

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: