Lombok (Sumber Foto: Kemenparekraf)

3 Rekomendasi Wisata Indonesia yang Cocok Dikunjungi saat Libur Iduladha

28 June 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha menjadi momentum untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Pemerintah telah mengumumkan secara resmi bahwa libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2023 dimulai pada 28, 29, dan 30 Juni 2023. Kemudian disusul dengan liburan panjang sekolah.

Maksimalkan waktu liburanmu bersama keluarga dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata favorit di Indonesia. Negara kita memiliki tempat-tempat menarik yang tak kalah dengan luar negeri. Selain itu ditambah dengan kulinernya yang beragam dan memiliki cita rasa lezat yang menggugah selera. Yuk, simak rekomendasi wisata Indonesia yang cocok dikunjungi saat libur Iduladha.

Baca juga: Cek 7 Wisata Anti Mainstream Yogyakarta, Ada Pantai Tersembunyi hingga Desa Wisata


1. Padang

Padang memiliki sejumlah objek wisata menarik, mulai dari Pantai Nirwana, Pantai Pasumpahan, Air Terjun Sarasah, Bukit Nobita, Museum Adityawarman, dan Trans Studio Mini Padang yang memiliki banyak wahana seperti Bumper, Mini Train, Venture, hingga roller coaster raksasa. Untuk menginap dengan budget di bawah Rp800.000 per malam kamu bisa bermalam di Hotel Truntum Padang atau Grand Basko Hotel.

Tak ketinggalan kulinernya yang lezat seperti nasi kapau dan gulai itiak. Sejumlah rekomendasi restoran wajib dikunjungi di kota Padang adalah Nasi Kapau Uni Lis di Bukittinggi, Ikan Bakar Djoni, Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai, Pauh Piaman, Es Durian Ganti Nan Lamo, dan masih banyak lagi.


2. Lombok

Lombok merupakan lokasi yang tepat untuk melakukan slow travelling, dimana wisatawan dapat menikmati liburan secara santai, tenang, dan nyaman. Sejumlah ppsi slow travelling yang direkomendasikan adalah mengunjungi destinasi alam seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Narmada, serta pantai-pantai yang masih cukup alami.

Anak- anak yang ingin mempelajari ekosistem alam bisa diajak ke Lombok Wildlife Park yang memiliki 45 spesies dan 195 jenis hewan unik. Jika ingin mengeksplorasi keindahan alam Lombok dan melihat langsung budaya lokalnya bisa mengikuti tur Desa Wisata Mandalika dengan rute Desa Sukarara, Desa Sade, Pantai Kuta, Bukit Merese, dan Pantai Tanjung Aan.

Kuliner khas Lombok yang wajib dicoba ada Warung Rembiga Utama, Sate Bulayak Suramadi, Ayam Taliwang Irama, atau Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang menjadi favorit para turis. Apabila ingin menginap di hotel, bisa bermalam di Nativo Lombok Hotel yang berjarak 5 menit berjalan kaki dari pantai Kuta Lombok, dan memiliki kolam renang outdoor, atau Sima Hotel Kuta Lombok yang berjarak 1,3 km dari Pantai Kuta Mandalika.


3. Pontianak

Objek wisata populer di Pontianak ada Tugu Khatulistiwa dan Taman Khatulistiwa yang jadi simbol geografis posisi kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Lokasinya berada di pusat kota Pontianak yang bisa ditempuh dengan durasi sekitar 25 menit berkendara dari Bandar Udara Internasional Supadio.

Di pusat kota Pontianak, wisatawan dapat mengeksplorasi berbagai spot menarik seperti Pantai Pasir Panjang, Kapuas River Cruise, Katedral Santo Yosef, dan Pasar Tengah Pontianak. Jangan lupa mencicipu makanan khas Pontianak mulai dari Es Krim Petrus, Abang Kepiting Restaurant, Pondok Kakap, Kwetiau Apollo, dan Bakmie Kepiting Atie.

Keunikan lainnya dari Pontianak adalah warisan budaya tak benda seperti Tenun Corak Insang yang dulu dikenakan oleh bangsawan Istana Kadriah, Arakan Pengantin sebagai prosesi hantaran atau ikatan tali kasih mempelai, tradisi makan bersama dengan cara duduk lesehan atau sebutannya Saprahan Melayu Pontianak yang diakui oleh Kemendikbud di tahun 2017, serta kuliner Pacri Nanas, Sayur Keladi, dan Ikan Asam Pedas yang diakui oleh Kemendikbud RI.

Baca juga: Jelang Libur Sekolah dan Iduladha, Potensi Sektor Wisata Indonesia di Era Endemi Meningkat

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Buat Pengingat Genhype, Ini Niat & 7 Sunah Sebelum Salat Iduladha

BERIKUTNYA

Cek Harga Tiket Masuk Cisarua Green World Adventure, Wisata Edukasi Seru di Bogor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: