Suasana Mekkah. (Sumber gambar : Izzudin Helmi Adnan/Unsplash)

Buat Pengingat Genhype, Ini Niat & 7 Sunah Sebelum Salat Iduladha

28 June 2023   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah berlangsung Kamis (29/6/2023). Dikenal sebagai Lebaran Haji, umat muslim akan menjalani ibadah berupa salat sebagai simbol penghormatan, rasa syukur, dan refleksi atas ketekunan dan kesabaran Nabi Ibrahim serta ketaatan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah.

Seperti Idulfitri, salat Iduladha biasanya dilaksanakan mulai dari naiknya matahari sekitar pukul 06.00 sampai 08.00 pagi. Berikut niat salah Iduladha:

Niat Untuk Imam

Ushalli sunnatan li‘idiladha rakataini imaman lillahi ta’alaa.
Artinya : Aku niat salat sunah Iduladha dua rakaat sebagai imam karena Allah SWT.

Baca juga: Lokasi Salat Iduladha Muhammadiyah di DKI Jakarta & Bekasi

Niat Untuk Makmum

Ushalli sunnatan li ‘idiladha rakataini makmuuman lillahi ta’ala.
Artinya : Aku niat salat sunah Idul adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah SWT.

Setelah salat, biasanya akan dilakukan penyembelihan hewan kurban baik di halaman musalah, masjid, tanah lapang, hingga mandiri di rumah. Buat umat muslim, ada sejumlah sunah sebelum salat Iduladha yang perlu kamu tahu. Berikut rinciannya yang dirangkum Hypeabis.id.

Sunah Sebelum Salat Iduladha

1. Takbir Sejak Matahari Terbenam


Mengumandangkan takbir bisa dilakukan di masjid, mushala, dan rumah pada malam hari raya. Waktunya mulai dari matahari terbenam sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada Hari Raya Iduladha. Berlanjut sampai  13 Dzulhijjah atau hari tasyriq.  

2. Mandi

Selum berangkat ke masjid, kamu dianjurkan untuk membersihkan diri alias mandi. Hal ini boleh dilakukan mulai dari pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh. 

Penyuluh Agama Ustadz Nur Aziz menyampaikan dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mandi pada saat Idulfitri dan Iduladha.

Mengutip NU Online, tujuan mandi adalah membersihkan anggota badan dari bau yang tidak sedap dan membuat badan menjadi segar bugar. Mandi sebelum waktu berangkat ke masjid adalah yang paling baik.

Mandi sunah untuk kaum muslimin, laki-laki maupun perempuan, baik yang akan akan berangkat melaksanakan salat Id maupun bagi perempuan yang sedang udzur syar’i sehingga tidak bisa melaksanakan salat id.

Baca juga: Cek Ketentuan Hingga Akses Masuk Salat Iduladha di Masjid Istiqlal
 
1
2


SEBELUMNYA

Gantikan Posisi Henry Cavill, Aktor David Corenswet Jadi Pemeran Utama Film Superman: Legacy

BERIKUTNYA

3 Rekomendasi Wisata Indonesia yang Cocok Dikunjungi saat Libur Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: