Ilustrasi kamping di alam terbuka. (Sumber gambar : Freepik/Loveischiangrai)

7 Ide Masakan Lezat Saat Kamping

08 August 2022   |   22:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Camping atau berkemah menjadi salah satu alternatif liburan yang menyegarkan. Walaupun saat ini muncul tren glamping, camping masih menjadi favorit bagi para pecinta alam dan menyukai tantangan, terutama para pendaki gunung atau penjelajah pulau.

Ciri khas kamping yakni tidur di tenda yang didirikan di alam terbuka, meminimalisir penggunaan perangkat elektronik, dan tentu api unggun sebagai media penerangan, menghangatkan tubuh, hingga pengganti kompor untuk memasak. 

Bicara soal masakan untuk kamping, butuh kreativitas untuk mengolah bahan makanan yang biasanya seragam dan seadanya untuk mengurangi beban di tas punggung. Namun sebaiknya jangan membawa mi saja ya, kamu tetap membutuhkan bahan makanan yang bernutrisi agar tubuh tetap fit selama berkemah.

Nah, berikut ini ide masakan praktis namun juga kreatif untuk kamping.
 

1. Omelet sosis

Masakan ini terbilang praktis setelah mi instan. Cukup sediakan telur dan sosis. Bumbunya pun terbilang sederhana yakni garam dan penyedap rasa. Namun jika ingin lebih menggoyang lidah, kamu bisa menambahkan daun bawang, bawang merah, bawang putih, cabai, atau paprika. Kamu bisa menggorengnya di atas api unggun menggunakan nesting atau trangia. 
 

2. Roti lapis

Tidak jauh berbeda. Cukup sediakan roti dan telur. Kamu bisa memanggang roti kemudian tambahkan telur yang sudah digoreng. Taburi sedikit dengan garam atau merica. Kamu juga bisa menambahkan keju lapis atau sosis panggang di dalamnya.


3. Pancake

Cukup sediakan adonan pancake di rumah sebelum kamu pergi kamping. Tuangkan adonan secukupnya ke plastik zipper dan bekukan di freezer. Sesaat mau berangkat, masukkan plastik adonan tersebut ke nesting agar tidak mudah mencair.

Jadi pada saat kamping, kamu cukup mencairkan adonan dan panggang di atas nesting yang sebelumnya dibaluri mentega. Setelah matang, kamu bisa menambah topping berupa madu atau buah-buahan seperti pisang.


4. Kentang api unggun

Potong kecil-kecil kentang. Taruh di alumunium foil bersama dengan mozarella atau keju parmesan. Tambahkan daun seledri yang sudah diiris, garam, dan lada bubuk. Bungkus semua bahan dan panggang di atas api unggun sampai matang. 


5. Mac & cheese api unggun

Rebus makaroni kering menggunakan nesting atau cooking set. Angkat dan tiriskan. Panaskan mentega di nesting, tumis bawang bombai hingga harum. Tambahkan sosis dan aduk rata. Tuang tepung terigu secukupnya, aduk hingga merata. Tuang susu cair sedikit demi sedikit. Bumbui dengan garam dan merica. Masukkan taburan keju mozarella lalu aduk rata.

Tambahkan pasta makaroni, aduk rata dan angkat. Kamu bisa menambahkan taburan parsley untuk menambah kelezatan.


6. Paket udang panggang

Siapa bilang makanan kamping tidak bisa lezat dan mewah. Coba deh sediakan jagung, kentang, sosis, dan udang. Bersihkan semua bahan, potong menjadi beberap bagian kemudian taruh di atas kertas alumunium foil. Jangan lupa tambahkan garam, merica bubuk, sedikit penyedap rasa. Bungkus dan panggang di atas api unggun hingga matang. 


7. Sayur sop 

Cukup beli paket sayur sop. Bersihkan dan potong-potong sayur, kemudian rebus. Saat ini banyak bumbu siap saji untuk sayur sop yang dijual di pasaran dan harganya sangat murah. Tambahkan baso dan sosis sebagai pelengkap. Masak sampai matang, sayur sop bukan hanya bergizi namun juga menghangatkan badan di udara yang mungkin dingin. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Mobil Dinas Presiden RI yang Canggih pada Masanya

BERIKUTNYA

Suami yang Menilai Istrinya Boros Ternyata Bisa Picu Masalah 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: