Sumber Gambar (Foto college.lclark.edu)

3 Genre Dance Modern Terpopuler di Youtube, Reels dan TikTok

27 June 2023   |   21:44 WIB

Dunia seni tari berkembang pesat dengan berbagai genre dan inovasi jenis musik dan tarian yang semakin luas. Saat ini kita dapat menikmati berbagai tayangan jenis tarian dan musik yang beragam. Namun tahukah kamu jenis tarian dengan gerakan dan musik yang berbeda memiliki genre maupun jenis nama yang berbeda. 

Ragam genre ini, mungkin beberapa gerakannya sering kalian tonton dan temui lewat berbagai platform media sosial. Misalnya pada Tiktok atau Youtube di mana menawarkan konten berupa tarian dan ekpresi bahasa tubuh yang asyik dinikmati, dipadu dengan jenis gerakan musik yang menarik.

Baca juga: Penikmat Seni Merapat! DKJ Fest 2023 Digelar di TIM, Ada Pameran Arsip & Pertunjukan Tari

Berbagai jenis gerakan yang ditampilkan memiliki kombinasi dan ragam yang berbeda pula. Yuk, kenali beberapa jenis dance yang sedang populer saat ini.


1. Afro Dance (Dancehall)

Dancehall adalah genre musik populer Jamaika yang berasal dari akhir 1970-an. Awalnya, dancehall adalah versi reggae yang lebih jarang daripada gaya, yang mendominasi sebagian besar era 1970-an. 

Tarian Afrika adalah seni pertunjukan yang sangat terjalin ke dalam struktur sosial Afrika dan umumnya melibatkan aspek musik dan teater serta gerakan tubuh yang ritmis. 

Dalam masyarakat Afrika, tarian melayani keragaman tujuan sosial yang kompleks. Dalam tradisi tari pribumi, setiap pertunjukan biasanya memiliki tujuan utama dan juga sejumlah tujuan tambahan yang dapat mengungkapkan atau mencerminkan nilai-nilai komunal dan hubungan sosial masyarakat. 

Oleh karena itu, untuk membedakan antara ragam gaya tarian, perlu ditetapkan tujuan dari setiap tarian yang dibawakan. Semakin signifikan konsep yang diungkapkan dalam sebuah tarian, semakin besar apresiasi penonton dan semakin mendesak tuntutan mereka akan pertunjukan yang terampil dan gerakan yang sesuai dengan tujuannya. 

Tari diapresiasi sebagai acara sosial tetapi sekaligus dinikmati sebagai aktivitas tersendiri, menghibur dan memberi kesenangan sebagai ekspresi kehidupan komunal.


2. Hip Hop Dance

Menari hip-hop mengacu pada serangkaian tarian jalanan yang berkembang dalam kaitannya dengan musik dan budaya hip-hop. Tarian hip-hop sudah ada sejak awal 1970-an di New York dan California, berkembang dari Funk dan perkembangan breakbeat.

Gaya utama tarian hip-hop meliputi Breaking, Locking, dan Popping, dengan gaya turunan yang muncul darinya, termasuk Memphis Jookin', Turfing, Jerkin', dan Krumping. Semuanya sering dipopulerkan dan dijadikan arus utama setelah ditampilkan dalam video musik.

Saat ini, hip-hop dipertunjukkan di ruang terbuka, di studio tari, dan ajang kompetisi. Tidak seperti banyak gaya tari kompetitif, hip-hop sering berimprovisasi dengan kru tari menantang satu sama lain untuk menari pertempuran (Battle Dance).

Hip Hop Dance adalah salah satu jenis gaya gerakan yang ditandai dengan pantulan dan kecepatan gerak yang berubah-ubah, dieloborasikan dengan musik hip-hop. Hal ini memiliki akar sejarah dan sosial yang dalam budaya Afrika-Amerika, muncul di komunitas kulit hitam yang tinggal di New York pada era 1970-an.

Meskipun sering disebut sebagai gaya tarian tunggal, tarian hip-hop adalah bagian dari keseluruhan budayanya, termasuk Deejaying, Graffiti, Pembawa Acara, dan Breaking.


3. Contemporary Dance

Pada perkembangan pertengahan abad ke-20, tari kontemporer kini menjadi salah satu bentuk tari paling populer dan teknik yang dipelajari dan dipertunjukkan secara profesional, terutama di AS dan Eropa. Mengadopsi gaya percampuran dari tari klasik, modern, dan jazz, tari kontemporer telah berevolusi untuk menggabungkan banyak karakteristik dari bentuk tarian yang lebih luas.

Dikenal karena penekanannya pada torso dan gerak kaki yang kuat, kontrak dan pelepasan, jatuh dan pemulihan, dan kerja lantai, ciri itu sering dikenal karena perubahan kecepatan dan ritme yang tidak dapat diprediksi dan tidak teratur selama pertunjukan.

Baca juga: Nuansa Romantis Tari Tango

Saat ini, tiga jenis aliran genre tersebut adalah jenis utama yang paling banyak ditampilkan dalam berbagai media. Tentu kalian pasti pernah mendengar dan menlihat konten tarian seperti ini yang banyak ditemukan pada platform seperti Tiktok, Youtube hingga Reels Instagram.  

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Tip Praktis Mengolah Daging Supaya Tidak Alot

BERIKUTNYA

Pernikahan Dini Memunculkan Fenomena Missing Women, Simak Penjelasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: