World of Warship (Sumber gambar: World of Warship/Steam)

Keseruan World of Warship, Game Kapal Perang dengan Sentuhan Sejarah

27 June 2023   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tema yang diangkat World of Warship menjadi pembeda dibanding gim sejenis lainnya. Tidak hanya menjual keseruan gim kapal perang, World of Warship juga menawarkan pendekatan sejarah yang bisa membuat para gamer makin larut dalam permainannya.

World of Warship adalah gim kapal perang dari Wargaming. Dengan armada kapal perang ikonik dari berbagai negara, gim ini akan memberikan pengalaman peperangan laut yang mengasyikkan dan mendebarkan.

Joselito Jimenez selaku Regional Publishing Producer World of Warships mengatakan gim ini memiliki koleksi kapal-kapal besar dunia yang disesuaikan secara akurat dengan sejarah aslinya. Ada kapal-kapal dari Amerika Serikat hingga Jepang yang bisa ditemui di gim ini.

Dari seluruh lini kapal yang ada, saat ini terdapat tiga kapal dari Indonesia yang tersedia di gim ini, yakni Tier VII Pan-Asian destroyer, Gadjah Mada, Tier VIII Premium ship Pan-Asian destroyer, Siliwangi, dan Tier VIII Premium ship Pan-Asian cruiser, Irian. 

Baca juga: Daya Tarik Cursed Mansion, Game Horor Lokal yang Menembus Pasar Global
 

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

Saat gim ini dimainkan, pemilihan kapal memang punya peran penting di gim ini. Pemilihan jenis kapal akan sangat berpengaruh terhadap pola serangan dan strategi untuk mengalahkan lawan. Kapal-kapal dari seluruh dunia itu bisa dibagi ke dalam lima kategori.

Pertama adalah kapal tipe destroyer yang menawarkan kecepatan, daya jelajah, dan kemampuan bertahan maupun menyerang yang seimbang. Kedua adalah kapal tipe Cruisers yang mampu menghancurkan kapal Destroyer dan pesawat musuh. Ketiga adalah kapal tipe Battleships yang menawarkan persenjataan super lengkap dan bisa membidik serangan jarak jauh.

Keempat adalah kapal tipe Aircraft Carrier yang mampu menampung pesawat-pesawat tempur dan bisa digunakan untuk menghancurkan musuh dari atas. Kelima adalah kapal tipe Submarine yang menyajikan kemampuan manuver berbahaya, termasuk bisa menyelam agar tidak terlihat musuh.

Selain kapal, pemilihan komandan perang juga sangat berpengaruh. Sebab, masing-masing komandan akan memiliki kemampuan yang berbeda. Gamer mesti cerdik mengatur tipe kapal dan komandan agar strateginya berjalan mulus.
 

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

Sebagai game free to play, World of Warship mampu memberikan kualitas grafis yang memukau. Hamparan laut indah berwarna birunya terasa realistis dan sangat memanjakan mata para gamer. Pulau-pulau kecilnya juga menjadi aksen yang menarik, selain juga sebagai tempat bersembunyi dari hadapan musuh.

Sebagai gim perang, gamer juga akan menyaksikan banyak kapal yang terbakar saat terkena serangan, meledak, atau terbelah menjadi dua. Semua kehancuran tersebut akan diperlihatkan dengan dramatis dan tampak realistis.

Meski bisa dimainkan secara gratis, gamer juga bisa mencoba fitur-fitur khusus yang hanya ada di fasilitas premium berbayar. Akan tetapi, bukan berarti paket premium akan jadi lebih mudah memenangkan pertempuran. Sebab, keterampilan dan strategi tetap memiliki pengaruh besar di gim ini.

Dengan berbagai keseruan yang ditawarkan, Joselito menyebut sejauh ini World of Warship mendapat sambutan hangat di Indonesia. Ibu Pertiwi bahkan menjadi salah satu pasar besar bagi gim ini di Asia Tenggara.

“Jumlah gamer Indonesia yang memainkan gim ini menjadi yang kedua tertinggi di Asia Tenggara. Indonesia memang memiliki banyak gamer dalam beberapa tahun terakhir ini, baik gamer sebagai influencer maupun gamer umum,” Ucapnya dalam konferensi pers peluncuran kolaborasi World of Warships & Hololive.
 

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

World of Warship (Sumber gambar: instagram.com/worldofwarships)

Sementara itu, Pengamat Games dari Zilbest Yabes Elia mengatakan gim bertema kapal perang memang lagi banyak disukai. Terlebih, gim ini masuk ke kategori free to play sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja.

Dalam tipe gim seperti ini, grafis merupakan daya tarik utama para gamer. Gim yang mampu menyajikan grafis yang indah dan realistis akan membuat pertempuran terasa lebih menyenangkan. Selain itu, gameplay dari gim perang juga harus jelas dan meningkatkan adrenalin.

Namun, salah satu tantangan dalam gim perang laut yang menggunakan mesin alutsista adalah kendali permainan. Terkadang, temponya berjalan pelan dan membuat pertempuran berjalan lama. Meski lebih realistis, pilihan ini sering kali membuat pemain bosan. Akan tetapi, bagi gim perang yang bisa mempercepat tempo permainannya, tentu akan berjalan lebih seru bagi gamer.

Baca juga: Cek Keunikan Only Up!, Game Simple yang Tak Mudah Ditaklukkan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menikmati Nuansa Eropa di Kota Hujan dengan Liburan ke Devoyage Bogor

BERIKUTNYA

Selain Warung Mak Beng, Cek 4 Kuliner Legendaris di Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: