Ilustrasi bermain game (Sumber gambar: Freepik)

Review Undawn, Game Bertahan Hidup di Dunia Zombi

24 July 2023   |   18:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, imajinasi tentang zombi sudah ada bertahun-tahun dan telah direproduksi berkali-kali, baik dalam bentuk film dan game. Di dunia game, zombi telah muncul setidaknya sejak era 1980-an melalui gim Entombed, The Evil Dead, hingga Zombie Zombie.

Unsur mayat hidup selama ini selalu jadi sesuatu yang menarik sebagai tema sebuah game. Melalui karakter fiksi ini, gamers memang kerap dibuat merasakan ketegangan sekaligus keseruan di dalam satu waktu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Rilis Juli 2023, Ada Gylt dan Oxenfree 2: Lost Signals

Hingga kini, tema tersebut masih terus dieksplorasi. Salah satu yang terbaru adalah gim keluaran Garena berjudul Undawn. Tidak hanya menjual kengerian akibat zombi yang bisa memangsa manusia, Undawn menyajikan hal yang cukup berbeda.

Alih-alih membuatnya menjadi multiplayer online battle arena (MOBA) atau battle royale, Undawn justru hadir sebagai gim shooter survival open world. Para pemain akan merasakan berada di dunia tanpa batas yang sudah dikuasai oleh kelompok zombi.
 

Ilustrasi game Undawn (Sumber gambar: Tangkapan layar game Undawn)

Ilustrasi game Undawn (Sumber gambar: Tangkapan layar game Undawn)

Dunia berlatar belakang post-apocalyptic ini juga menawarkan grafis rasa gim AAA yang dikembangkan dengan Unreal Engine 4. Gim ini juga menyediakan ragam gameplay yang bisa disesuaikan dengan preferensi setiap gamers.

Saat Hypeabis.id memainkan gim ini dalam mode early accesUndawn memang menawarkan keseruan berbeda. Bagi yang ingin merasakan sensasi membunuh zombi, gamers bisa menjajal gim mode Player vs Environment (PvE). Namun, bagi yang ingin ada rasa kompetitif dan mengalahkan musuh manusia, gamers bisa mencoba game mode Player vs Player (PvP).

Dengan konsep open world, gim ini juga membuat gamers bebas berkeliling ke seluruh sudut dunia dengan grafis yang realistis. Selain itu, gamers juga bisa merasakan perubahan antara siang dan malam dengan jelas, juga cuaca yang berubah-ubah tanpa diprediksi.

Meski bisa pergi ke mana pun, gamers tidak akan merasakan kosong. Sebab, gamers bisa bertemu banyak hal, seperti binatang liar, reruntuhan kota, padang basir, bahaya badai, dan tentu saja zombi yang siap menyergap sebagai karakter utama.

“Kami mengambil game open world survival shooter salah satunya karena dilihat dari segi interest gamers. Ini juga melengkapi portofolio gim kami,” ungkap Country Manager Garena Indonesia Hans Saleh.

Sebagai gim shooter survival open world, pilihan senjata yang diberikan cukup lengkap. Gamers juga diberikan keleluasaan untuk mendandani karakter sesuai dengan keinginan, bahkan ada fitur selfie to create yang memungkinkan pemain menggunakan foto mereka untuk membuat karakter.

Hal-hal seperti ini tentunya menambah keseruan sendiri. Gim ini juga cukup mudah dimainkan di awal karena tutorialnya cukup jelas. Namun, ada saatnya level permainan akan naik dan keasyikan pun bertambah.
 

Ilustrasi game Undawn (Sumber gambar: Tangkapan layar game Undawn)

Ilustrasi game Undawn (Sumber gambar: Tangkapan layar game Undawn)


Zombi Kian Dilirik

Pengamat Games dari Zilbest Yabes Elia mengatakan bahwa gairah permainan memasukkan unsur zombi makin banyak. Eksplorasi zombie di dalam permainan paling terasa pada gim jenis mobile. Selain Undawn, ada beberapa gim bertema zombi lain yang tak kalah seru dimainkan. Salah satu yang juga cukup naik daun adalah gim Survivor.io. Meski mengambil ceruk yang berbeda, Gim berjenis RPG ini akan menantang gamers untuk mengalahkan lebih dari 1.000 zombie di dalamnya.

Untuk melawan zombi, gamers dapat memilih berbagai keterampilan serta mengembangkan skill dalam beberapa tahapan yang ada di dalamnya. “Gim ini memiliki kendali yang sederhana, bahkan bisa dimainkan dengan satu jari tetapi tidak akan terasa pasif,” jelas Yabes.

Saking melejitnya gim ini, banyak developers lain yang mencoba mengkloning gim ini. Hal ini terjadi karena gim dengan tema seperti ini memang masih relate dengan banyak orang dan terasa mengasyikkan saat dimainkan.

Baca juga: Review Game Hello Goodboy, Kisah Fantasi Afterlife dengan Audio & Visual Ciamik
 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Yoga Bikin Sehat Bumil, Tapi Inget ya Bu Tetap Ada Tekniknya

BERIKUTNYA

Cantiknya Gaun Berbunga dalam Koleksi 'THE SEED', yang Menjadi Kilas Balik Karier Hian Tjen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: