Ikan goreng menu andalan Warung Mak Beng Sanur, Bali. (Sumber foto: Grab)

Warung Mak Beng Sanur Dinobatkan Sebagai Restoran Legendaris Ketiga Dunia Versi Taste Atlas

27 June 2023   |   20:01 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Baru-baru ini, panduan online untuk rekomendasi kuliner internasional, Taste Atlas, merilis 150 restoran legendaris di seluruh dunia. Salah satu yang masuk ke peringkat ketiga dunia adalah Warung Mak Beng yang berlokasi di Sanur, Bali.

Warung makan ini telah mencapai status legendaris berkat hidangan uniknya ikan goreng yang disajikan dengan saus sambal yang kaya dan pedas.

Sejak didirikan pada tahun 1941, komitmen tanpa kompromi Mak Beng terhadap produk lokal yang segar dan resep keluarga yang dijaga ketat telah memberikan cita rasa khas yang melampaui tren. ?Keaslian resep Mak Beng yang tidak banyak neko-neko, dipasangkan dengan kehangatan lokal tepi pantainya, menawarkan wawasan yang kaya akan masakan tradisional Bali.

Baca juga: Ayam Betutu hingga Nasi Tepeng, Cicipi 10 Makanan khas Bali yang Lezat Ini

Warung yang berlokasi di Jalan Hang Tuah No.45, Sanur, Denpasar, itu didirkan oleh Ni Ketut Tjuki empat tahun sebelum Indonesia meraih kemerdekaan. Saat ini Warung Mak Beng dikelola oleh generasi ketiga atau cucu dari Ni Ketut Tjuki. Meski demikian, para penerusnya tetap menjaga resep otentisitas resep sehingga tak heran jika pelanggan setia mereka terus datang.

Jika menilik sejumlah ulasan di TripAdvisor, banyak wisatawan memuji rasa dan kualitas makanan yang disajikan di warung ini. Bukan hal mudah untuk menjaga konsistensi kedua hal tersebut apalagi jika proses memasak dan pengelolaan restoran telah berpindah tangan. Meski demikian, keturunan Ni Ketut Tjuki berhasil menjaga nilai jual itu hingga Warung Mak Beng dianggap sebagai restoran legendaris dunia.
 

Daftar 150 restoran legendaris dunia. (Sumber: Taste Atlas)

Daftar 150 restoran legendaris dunia. (Sumber: Taste Atlas)

Salah satu rahasia di balik kesuksesan Warung Mak Beng ternyata berada pada penggunaan produk segar yang didapatkan dari nelayan lokal. Ikan-ikan yang mereka sajikan juga berasal dari perairan Bali dan sekitarnya, mungkin ini juga yang membuat menu andalan kedua mereka, sup ikan, begitu disukai dan mencerminkan kuliner Pulau Dewata.

Genhype tahu tidak? Warung Mak Beng ternyata hanya menyajikan tiga makanan saja, loh. Sejak warung makan ini berdiri, mereka pelanggan hanya bisa menikmati ikan goreng dengan sambal terasi, sup kepala ikan, dan nasi putih. Meski sederhana, makanan inilah yang berhasil membuat banyak orang jatuh cinta.

Sambal yang jadi ciri khas Warung Mak Beng tidak lain adalah sambal terasi. Perpaduan pedas dan gurih membuat orang keringatan, tapi tangan seperti tidak bisa berhenti untuk menyuapkan nasi ke mulut.

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Bakmi Gang Kelinci Hingga Kopi Es Tak Kie

Sementara itu, untuk menu ikan goreng dan sup ikan, warung ini menyediakan pilihan ikan laut segar seperti cakalang, kakap, dan tenggiri. Tekstur dagingnya yang padat cocok dihidangkan dengan cara digoreng atau direbus, apalagi kulit ketiga ikan ini dikenal mengeluarkan rasa gurih yang berbeda.

Satu porsi paket nasi, sup ikan dan ikan goreng dihargai sekitar Rp55.000. Jangan khawatir soal porsi karena Warung Mak Beng dikenal royal ketika menyajikan makanan. Bagaimana Genhype? Berminat untuk langsung coba?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita Vonzy dan Angie Waktu Pertama Kali Mabar Undawn: Game Rasa Film

BERIKUTNYA

Panduan Menyusun Menu Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: