Ragusa Es Italia jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ jeshoots)

5 Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Bakmi Gang Kelinci Hingga Kopi Es Tak Kie

21 June 2023   |   18:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta sebagai kota dengan masyarakatnya yang majemuk turut memberi warna dalam tradisi kulinernya. Ada banyak sajian nusantara hingga internasional dapat dinikmati di setiap sudut Ibu Kota, tetapi hanya beberapa kuliner yang menjadi sajian khas dan wajib dicoba saat berkunjung ke tanah Betawi ini. 
 
Saat ini, sejumlah tempat makan legendaris masih berdiri di ibu Kota dan tetap menyajikan kuliner yang sama sejak dibuka puluhan tahun silam. Tidak sedikit pelanggan usia lanjut yang menilai bahwa rasa makanan yang dijual tidak mengalami perbedaan.

Baca juga: 5 Kuliner Jogja yang Autentik dan Bikin Kangen Para Traveller

Hal itu lantaran pengelola sajian legendaris tersebut masih menjaga keautentikan resep yang diwariskan secara turun-temurun. Saat ini, kuliner legendaris itu juga menjadi daya tarik bagi generasi muda, terutama para pencari pengalaman sajian kuliner yang berbeda dan klasik.

Berikut rekomendasi tempat makan atau camilan legendaris yang wajib masuk daftar wisata kulineran bagi para traveller yang ingin menghabiskan waktu libur sekolah dan Iduladha sembari merayakan HUT Jakarta 2023.
 
1. Ragusa Es Italia
Tempat kuliner legendaris pertama yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner di Jakarta adalah es krim dari kedai Ragusa Es Italia yang sampai saat ini masih beroperasi. Kedai es krim ini berdiri sebelum Indonesia merdeka, yakni 1932. Keberadaannya sampai sekarang membuat Ragusa menjadi penjual es krim tertua di Jakarta.
 
Dikutip dari laman jakarta-tourism, kedai ini didirikan oleh Ragusa bersaudara dari Italia yang pernah tinggal di Indonesia, yakni Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa. Keduanya datang ke Batavia pada sekitar 1930-an untuk belajar menjahit.
 
Setelah lulus, mereka pergi ke Bandung dan bertemu seorang wanita Eropa pemilik peternakan sapi dan memberikan banyak susu. Pemberian itu dimanfaatkannya sebagai bahan membuat es krim Italia dan disukai oleh banyak orang.
 
Toko es krim Ragusa pertama berlokasi di Jalan Pos atau sekarang bernama Jalan Naripan, Bandung. Di Jakarta, toko es krim Ragusa berada di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Selain rasa es krim yang sangat nikmat dengan beragam rasa dan varian, suasana tempo dahulu kedai ini juga membuat pengalaman menikmati es krim menjadi tidak mudah untuk dilupakan.
 
2. Bakmi Gang Kelinci
Bagi Genhype pencinta sajian mie, bakmi gang kelinci menjadi salah satu destinasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Jakarta. Terletak di sekitar Pasar Baru, tempat makan ini sudah ada sejak 1957.
 
Dikutip dari laman resmi Bakmi Gang Kelinci, tempat makan ini telah mengalami berbagai perubahan dan dimulai dari sebuah gang bernama Gang Kelinci yang ada di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat.
 
Di tempat ini, Genhype dapat merasakan mie dengan cita rasa yang masih sama dengan tempo dahulu lantaran masih mempertahankan keaslian resep yang sudah ada dalam beberapa dasawarsa.
 
 
1
2


SEBELUMNYA

Melawat ke Tokyo, Lab Teater Ciputat Kolabs dengan Grup Teater asal Jepang Theatre Company shelf

BERIKUTNYA

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Fahandro, Ksatriya Baru Lokapala dari Suku Nias

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: