Ayam Betutu (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Ayam Betutu hingga Nasi Tepeng, Cicipi 10 Makanan khas Bali yang Lezat Ini

19 July 2022   |   21:30 WIB

Keindahan alam Pulau Bali dengan pantainya yang eksotis telah lama mencuri perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang dikenal sebagai surga bagi para peselancar ini juga menawarkan keunikan kuliner khas yang tak tertandingi.

Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Bali juga memiliki ragam kuliner khas yang tentunya dapat memanjakan lidah. Berikut adalah 10 kuliner khas Bali yang wajib kalian cicipi dilansir dari laman Indonesia Travel.
 

1. Ayam Betutu

Betutu merupakan hidangan khas Bali berupa ayam atau bebek yang dikukus ataupun dipanggang dengan tambahan rempah-rempah yang kaya akan citarasa khas Betutu. Hidangan pedas dan penuh rempah ini sangat populer di Bali dan Lombok.

Baca jugaCicip 5 Lauk untuk Megibung, Tradisi Makan Bersama dari Karangasem Bali

Campuran rempah-rempah Betutu terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, cabai, terasi, dan kacang, yang semuanya ditumbuk halus dengan menggunakan ulekan. Bumbu halus tersebut kemudian ditumis dan dioleskan pada ayam atau bebek yang akan dimasak. Adapun, bumbu Betutu beserta cara memasaknya dapat berbeda-beda berdasarkan wilayah yang ada di Bali.
 

2. Sate Lilit

Sate Lilit merupakan variasi sate dalam khazanah kuliner Bali. Sate Lilit biasanya dibuat dari daging babi cincang, ikan, ayam, ataupun sapi yang kemudian dicampur dengan kelapa parut, santan kental, perasan lemon, bawang merah, dan lada.

Daging cincang yang telah dibumbui kemudian dililit pada bambu, tebu, ataupun sereh (serai), kemudian dipanggang diatas arang. Istilah ‘lilit’ sendiri berarti ‘membungkus’, yang sesuai dengan metode pembuatannya yakni melilit daging daripada menusuknya.
 

Sate Lilit (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Sate Lilit (Sumber gambar: Indonesia Kaya)


3. Babi Guling

Babi Guling atau Babi Panggang di Bali pada umumnya disajikan dengan lawar dan nasi putih. Hidangan ini merupakan salah satu hidangan paling populer di Bali. Babi diisi dengan ramuan bumbu pedas yang  terdiri dari kunyit, biji ketumbar, serai, lada hitam, dan bawang putih, sebelum kemudian dipanggang secara tradisional. Babi Guling dapat ditemukan di warung-warung tempat penduduk setempat pada makan siang ataupun malam.


4. Lawar

Lawar merupakan hidangan yang terbuat dari campuran sayuran, kelapa, dan daging cincang yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah yang kaya rasa. Lawar pada umumnya dapat ditemukan baik di restoran-restoran maupun warung-warung makan di Bali. Terlepas dari campuran sayurannya yang beragam, Lawar bukan merupakan makanan vegetarian. Sebab, Lawar juga sering dicampur dengan daging cincang ataupun darah.


5. Rujak Bulung

Rujak Bulung yang terbuat dari rumput laut merupakan salah satu hidangan favorit masyarakat Bali. Menemukan Rujak Bulung bukanlah hal yang sulit di Bali, karena makanan ini dapat ditemukan dengan mudah di kios-kios yang menjual santapan lokal khas Bali. Selain karena rasanya yang menggugah selera, masyarakat Bali pada umumnya mengkonsumsi hidangan ini saat mereka merasakan mual, karena khasiat rujak ini dipercaya dapat menyingkirkan rasa yang tidak nyaman semacam itu.
1
2


SEBELUMNYA

Taeil, Kun & YangYang NCT Bernostalgia dalam Single Rain Day

BERIKUTNYA

JBL Rilis 5 Produk Terbaru TWL, Intip Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: