Pesta minum teh, Alice in Wonderland (Sumber: Utexas Edu)

Bukan Cuma Anime, Ini Dongeng & Film Barat dengan Konsep Isekai

27 June 2023   |   11:36 WIB

Selama ini konsep Isekai, identik dengan karya manga, film, dan anime dari budaya populer Jepang. Secara harfiah, Isekai memiliki arti dunia lain, tapi secara semantis Isekai memiliki makna dunia yang tidak biasa. Isekai merupakan subgenre dari konsep fantasi. 

Dalam Isekai, karakter dan tokoh utama dalam cerita akan mengalami transisi perpindahan dari dunia nyata ke dunia lain. Asal-usul konsep Isekai berasal dari literatur Jepang kuno pada cerita legenda Urashima Tarou. Dalam cerita tersebut, nelayan yang bernama Urashima Tarou dibawa ke dunia kerajaan bawah laut setelah dia menyelamatkan seekor penyu.

Selain cerita rakyat, anime, dan manga Jepang, konsep Isekai juga ditemukan dan digunakan pada cerita, dongeng, dan film dari Barat. Berikut cerita dongeng dan film barat, yang menggunakan konsep Isekai. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Anime Isekai Terbaik, Re:Zero hingga Mushoku Tensei


1. Alice in Wonderland

Disney Alice in Wonderland (Sumber: Flicks.com.au)

Disney Alice in Wonderland (Sumber: Flicks.com.au)

Alice in wonderland merupakan dongeng anak-anak yang pertama kali ditulis dengan judul Alice’s Adventures in Wonderland pada 1865 oleh literatur asal Inggris, Lewis Carroll.

Alice in Wonderland mengisahkan seorang gadis bernama Alice yang terjatuh ke dalam lubang kelinci ketika ia berlari mengejar seekor kelinci putih. Setelah ia terjatuh ke dalam lubang tersebut, di bawah permukaan lubang ia menemukan pintu yang membawa dia ke dunia yang aneh dan penuh keajaiban.
 

Alice in Wonderland live action 2010 (Sumber: parentpreviews.com)

Alice in Wonderland live action 2010 (Sumber: parentpreviews.com)

Cerita Alice in Wonderland telah banyak diadaptasi menjadi sebuah film salah satunya film kartun produksi Walt Disney Picture yang dirilis 1951, dan versi live action nya pada 2010, yang disutradarai Tim Burton. Lalu pada 2016, Disney mengembangkan cerita Alice melalui produksi film Alice Through the Looking Glass, yang disutradarai oleh James Bobin.

Film tersebut adalah lanjutan dari cerita live action Alice in Wonderland keluaran 2010. Meskipun Disney mengembangkan cerita tersebut, pada film Alice Through the Looking Glass ini, unsur Isekai di dalamnya tetap eksis. 
 

2. The Wizard of Oz

The Wizard of Oz (Sumber: markrobinsonwrites.com)

The Wizard of Oz (Sumber: markrobinsonwrites.com)

Film The Wizard of Oz merupakan adaptasi dari buku novel cerita anak-anak, yang berjudul The Wonderful Wizard of Oz terbitan 1900 karya penulis Amerika Serikat L. Frank Baum. Film ini dirilis pada 1939 dan disutradarai oleh Victor Fleming. Baik dari film dan novel, dongeng ini menceritakan tentang Dorothy yang suatu hari mengalami bencana angin tornado.

Kencangnya angin tersebut membuat Dorothy terbawa oleh pusaran angin, sampai terdampar di negeri yang bernama Oz. Negeri Oz bukanlah negeri biasa. Ketika sampai di sana Dorothy disambut oleh manusia-manusia kerdil dan peri baik bernama Glinda.

Selain itu, Dorothy juga mendapatkan teman baru yang merupakan manusia besi, orang-orangan sawah, dan singa yang dapat berbicara. Selain Glinda peri baik, Dorothy juga menemui peri jahat dari barat. Selama di negeri Oz, Dorothy sangat ingin kembali pulang, begitu pula dengan teman baru yang dia temui, mereka juga memiliki keinginan masing-masing dan ingin sekali mendapatkannya.

Untuk itu, peri baik Glinda menyuruh Dorothy agar menemui penyihir hebat di kota Zamrud. Penyihir itu bisa mengabulkan permintaan Dorothy dan teman-temannya. Namun, perjalanan ke kota Zamrud dan menemui penyihir Oz tidaklah mudah, banyak sekali tantangan-tantangan yang harus mereka lewati. Dari sinilah petualangan Dorothy di negeri Oz dimulai. 
 

3. Tomorrowland

Tomorrowland 2015 (Sumber: Disney.id)

Tomorrowland 2015 (Sumber: Disney.id)

Film ini dengan genre sci-fi ini merupakan garapan dari Walt Disney Pictures, yang disutradarai oleh Brad Bird. Film ini diproduksi dan dirilis pada 2015. Tomorrowland menceritakan tentang hubungan dunia nyata dan dimensi futuristik. Kisah ini berawal pada era 1950-an, saat itu Frank yang masih kecil bertemu dengan cyborg dengan wujud seorang gadis.

Cyborg itu bernama Athena. Athena saat itu membawa Frank ke negeri Tomorrowland yang lebih modern dan canggih melalui wahana kapal di pekan raya. Lalu pada masa modern, gadis remaja bernama Casey tidak sengaja menemukan cincin, yang ketika dia pakai langsung membawanya ke negeri Tomorrowland yang jauh lebih modern dan canggih dibandingkan dengan era dunianya saat ini.

Mengetahui hal tersebut, Athena langsung menghampiri Casey. Casey saat itu juga mendapatkan informasi bahwa cincin itu sebelumnya pernah digunakan oleh seorang pria bernama Frank. Lalu Frank dan Casey bertemu dan berkumpul dengan Athena, teman lama frank. Ketika mereka bertiga berkumpul dan pergi ke negeri Tomorrowland, di sinilah misi dan petualangan mereka dimulai.

Baca juga: 10 Film Anime Paling Laris Sepanjang Masa: One Piece Hingga Howl's Moving Castle

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

CAN's Gallery Hadirkan Karya Terbaru Rendy Raka Pramudya dalam Pameran Imagining Noumena

BERIKUTNYA

Jadi Kisah Penutup Semesta NKCTHI, Film Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti Segera Tayang di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: