Ilustrasi mahasiswa (sumber gambar : pexels)

Simak Yuk, Kiat Bagi Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

20 July 2022   |   19:55 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian para fresh graduate atau lulusan baru perguruan tinggi, tentu merasakan adanya tantangan tersendiri saat sedang mencari pekerjaan. Apalagi fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, sedangkan banyak perusahaan mencari calon kandidat dengan pengalaman kerja dalam kurun waktu tertentu.

Associate Director HRBP & Performance Fuse, Sukmawati, mengatakan ada tiga hal yang menjadi penyebab gap (jarak) antara fresh graduate dengan pekerjaan yang diinginkan.  Pertama, fresh graduate belum punya pengalaman riil di dunia kerja. Memang mereka sudah berpengalaman di organisasi saat kuliah tetapi organisasi di dunia kerja akan berbeda dibanding dunia kampus.

Kedua, kompetisi ketat yang menuntut fresh graduate tak hanya bersaing dengan lulusan universitas dalam negeri, tetapi juga lulusan universitas luar negeri yang kembali ke Indonesia untuk bekerja. Ketiga, tentang skill atau keterampilan. "Banyak skill yang baru ditemukan di tempat kerja dan berbeda dari apa yang dipelajari ketika kuliah," ujarnya saat mengisi webinar bertajuk "Career Development 101: Breaking into the Tech Industry". 

Baca Juga : 10 Kata untuk Memotivasi Karyawan Agar Tambah Semangat Bekerja 

Meski demikian, sambungnya, bukan berarti pekerjaan yang diimpikan tidak bisa didapatkan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar para fresh graduate ini bisa segera mendapatkan pekerjaan
 

1. Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik

Hal ini menjadi sebuah keharusan. Saat ini, banyak situs dan aplikasi yang membantu para pencari kerja untuk mendesain curriculum vitae yang menarik. CV yang menarik adalah nilai tambah bagi pelamar kerja. Usahakan agar CV menggunakan bahasa Inggris agar bisa dibaca semua pihak.

"Ketika satu lowongan dibuka, email lamaran yang masuk bisa berjumlah ratusan. Yang pertama kali dibuka tentu saja CV, bagaimana isi CV bisa menggambarkan profil pelamar secara keseluruhan. CV yang menarik akan menentukan apakah perekrut akan memproses lebih lanjut atau tidak," ujarnya.
 

2. Aktif Melamar Pekerjaan

Banyak orang yang sedang mencari kerja, sedangkan lowongan pekerjaan yang tersedia terbatas. Semakin sering dan semakin banyak lowongan yang dilamar, kemungkinan profil seseorang dilihat oleh perekrut akan semakin besar. kehadiran platform penyedia informasi lowongan kerja juga bisa memudahkan para job seeker untuk mengirimkan lamarannya ke banyak perusahaan. 
 

3. Fokus dengan Kualifikasi Pekerjaan

Pelamar kerja sebaiknya fokus melihat kualifikasi serta syarat dari lowongan pekerjaan yang tersedia. Tak hanya itu, pelamar juga harus punya pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar.

"Saya sering melihat, fresh graduate terkadang tidak melihat kualifikasi pekerjaan yang diinginkan dengan baik. Misalnya, fresh graduate melamar pekerjaan yang sebenarnya diperuntukan untuk orang yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun atau level manajer. Ada kemungkinan besar CV tidak akan diproses," jelasnya.

Baca Juga : Lagi Cari Kerja? Yuk Pantau Lowongan di Industri Ini 
 

4. Memperluas Jaringan (Networking)

Mempunyai jaringan yang luas akan membantu seorang lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Semakin banyak bertemu orang, semakin luas relasi. "Maka, bisa jadi orang-orang itu yang akan membuka jalan kita untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi-posisi pekerjaan yang baru," ucapnya.
 

5. Bersiap Untuk Segala Hal 

Fresh graduate harus menerima segala hal yang mungkin terjadi, misalnya tentang penempatan kerja. Ketika dalam proses rekrutmen menyatakan siap untuk ditempatkan di luar kota, komitmen itu harus tetap dipegang saat kita diterima kerja. Dari sejumlah pengalaman yang terjadi, Sukmawati mencatat banyak pelamar kerja yang lantas batal menerima pekerjaan karena tidak siap ditempatkan di luar kota.
 

6. Berusaha dan Berdoa

Dunia kerja saat ini menuntut talenta yang bisa beradaptasi. Karena itu, Sukmawati mendorong fresh graduate agar selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri, misalnya dengan mengikuti dan memperdalam ilmu-ilmu baru lewat bootcamp, kursus ataupun webinar.

"Satu hal yang tak kalah penting adalah percaya dengan diri sendiri untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Pahami dan sayangi diri sendiri, ketahui kekuatan dan kelemahan diri. Kalau punya kekurangan, sebaiknya diperbaiki agar tidak stuck di titik itu," jelasnya.

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Koleksi Busana Muslim Ivan Gunawan Ini Cocok Buat Sehari-Hari

BERIKUTNYA

Keren! Weird Genius Bakal Tampil di Festival Musik EDM Tomorrowland 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: