Anggur secara teknis merupakan buah beri yang masuk dalam keluarga Vitaceae (sumber gambar Unsplash/Maja Petric)

Jadi Lambang Kesuburan, Cek 7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

31 May 2023   |   16:02 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Anggur merupakan buah yang menjadi makanan favorit semua orang. Memiliki  manis hingga asam, buah bernama Latin Vitis Vinifera L ini bahkan telah menjadi salah satu buah yang diolah menjadi berbagai produk turunan, seperti kismis, selai, hingga wine.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), produksi anggur di dunia juga  mencapai 26,25 juta metrik ton pada 2021/2022. Hal ini tak urung membuat buah yang melambangkan kesuburan ini menjadi salah satu produk hasil bumi terpenting selain pisang, gandum, jagung, dan beras.

Baca juga: Bisa Dimakan Langsung hingga Digoreng, Ini 6 Manfaat Pisang Raja yang Jarang Diketahui

Anggur secara teknis merupakan buah beri yang masuk dalam keluarga Vitaceae da telah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu di mesir kuno. Selain mengandung banyak polifenol yang baik untuk metabolisme tubuh, anggur juga memiliki senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. 

Nah, selain rasanya yang menyegarkan, salah satu aspek yang paling memikat dari anggur adalah banyaknya manfaat kesehatan dari buah ini. Dihimpun dari berbagai sumber resmi, berikut sederet manfaat mengonsumsi buah anggur yang perlu Genhype ketahui.


1. Menurunkan Risiko Kanker

Satu di antara sederet manfaat anggur adalah melindungi seseorang dari risiko kanker. Pasalnya, kandungan polifenol yang terdapat pada buah anggur dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, anggur juga mengandung resveratrol yang mampu menurunkan risiko tumor kelenjar getah bening, hati, payudara, dan kanker kulit. Anggur juga memiliki kandungan kuersetin tinggi yang dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker.


2. Melindungi dari Penyakit Jantung

Salah satu senyawa penting dalam anggur adalah flavonoid yang memberikan warna merah pada kulit anggur. Senyawa ini selain mengandung antioksidan juga berfungsi untuk melindungi risiko penyakit jantung jika dikonsumsi dengan tepat.

Sebab, menurut beberapa penelitian flavonoid disebut dapat mencegah munculnya gumpalan darah serta oksidasi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kulit anggur merah juga dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah setelah dikonsumsi selama 30 hari.


3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Dalam menjaga pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, ada jauh lebih banyak vitamin dan mineral yang berperan daripada alih-alih hanya kalsium semata. Kamu pun bisa menemukan semua kandungan tersebut di dalam anggur segerombol buah anggur matang yang layak dikonsumsi. 

Sebab, selain kalsium anggur juga memiliki banyak kandungan vitamin K dan mineral seperti magnesium, dan potasium. Oleh karena itu makan anggur secara berkala dapat membantu seseorang mempertahankan tulang yang kuat serta meminimalisir risiko osteoporosis.


4. Baik untuk Kesehatan Mata

Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi anggur merah secara rutin. Pasalnya buah ini memiliki senyawa antioksidan serta karotenoid yang disebut lutein dan zeaxanthin  yang dapat melindungi sel-sel halus di mata dari sinar UV.

Selain itu, Lutein dan zeaxanthin  juga sangat berguna karena dapat melindungi makula mata dari efek cahaya dan radiasi dari perangkat seperti ponsel dan tablet. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat mencega timbulnya glaukoma dan katarak.


5. Meningkatkan Kinerja Otak

Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengonsumsi anggur atau minum 230ml jus anggur ungu juga dapat meningkatkan waktu reaksi dan ketenangan. Hal ini menunjukkan bahwa anggur juga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan kecepatan pemrosesan kognitif. 

Studi pada tikus juga mendukung efek senyawa seperti resveratrol pada pembelajaran, memori, dan suasana hati. Namun, lebih banyak bukti perlu dikumpulkan sebelum manfaat tersebut dapat dikonfirmasi lebih lanjut bagi kinerja otak manusia.


6. Membantu Mengelola Gula Darah

Secara teknis, anggur termasuk makanan gula sedang yang menyediakan 15 gram karbohidrat per 100 buah anggur yang dikonsumsi tubuh. Karena zat tersebut adalah gula alami dan bukan gula buatan, maka saat anggur dimakan dalam bentuk utuh, kalian juga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, anggur juga memiliki indeks glikemik rendah, atau zat gula yang diukur dari seberapa cepat saat dikonsumsi dan meningkatkan kadar gula darah. Anggur juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga lebih lambat dicerna tubuh laiknya jenis buah lain seperti pisang atau mangga.


7. Menyehatkan Kulit

Salah satu manfaat anggur lainnya adalah membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit. Senyawa resveratrol di dalam buah anggur menurut beberapa penelitian juga  dapat mengurangi peradangan pada kulit, bahkan melindunginya dari paparan sinar ultraviolet, kerutan, dan melanoma. 

Senyawa resveratrol dalam buah ini bahkan dapat membantu merangsang produksi kolagen sehingga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Kandungan air yang tinggi dalam buah anggur juga dapat melembabkan kulit agar lebih sehat saat dikonsumsi dengan tepat. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tiket Jakarta E-Prix Masih Tersedia, Cek Cara Belinya

BERIKUTNYA

Ayla Jaya Suprana Ungkap Alasan Agnes Linggar Diberi Rekor MURI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: