Kota Tua Jakarta yang saat ini masih sering menjadi tempat tujuan berwisata saat akhir pekan di Jakarta (sumber gambar Hypeabis.id/Abdurachman)

HUT ke-496 Jakarta, Cek Transformasi 6 Tempat Nongkrong Jakarta, Ada Cikini hingga Tanamur

22 June 2023   |   20:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai kota terpadat di Indonesia, Jakarta telah mengalami perjalanan panjang hingga usianya yang menginjak ke-496. Sejarah terbentuknya kota ini pun tentunya dilingkupi berbagai kenangan dari generasi sebelumnya yang memiliki nostalgia saat mereka masih muda.

Bagi warga Jakarta generasi 90-an tentu tidak asing dengan tempat nongkrong seperti Blok M, Tanamur, atau Cikini. Ya, tempat-tempat hangouts tersebut sempat hits dan selalu menjadi kawasan yang ramai dikunjungi anak-anak muda pada masanya.

Beberapa lokasi nongkrong seperti kafe dan restoran itu saat ini memang sudah tergerus oleh zaman sehingga tempat tersebut hanya tinggal sejarah. Namun, ada beberapa juga yang tetap eksis hingga saat ini, bahkan masih menjadi andalan anak muda sekarang untuk berkumpul.

Dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut transformasi deretan 6 tempat nongkrong hits era 90-an di Jakarta yang bisa dijadikan tujuan berkumpul dengan teman sebaya di akhir pekan.
 

1. Kawasan Cikini

Dikenal sebagai salah satu kawasan pusat kesenian di Jakarta, sejak dulu Cikini memang telah menjadi spot menarik bagi anak muda. Dulunya di kawasan ini terdapat kebun binatang yang dimiliki oleh Raden Saleh. Namun, saat ini kebun binatang tersebut sudah dipindahkan ke Ragunan, Jakarta Selatan pada 1964.

Tak hanya itu, di tempat ini juga terdapat Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Kampus IKJ yang sering menjadi tempat perhelatan seni. Bahkan, sepanjang Jalan Cikini juga banyak kafe-kafe legendaris dan restoran seperti Gado-Gado Bon-Bin yang masih eksis hingga sekarang.
 

2. Kawasan Blok M

Blok M dari dulu memang sudah menjadi spot yang menarik  bagi generasi muda untuk nongkrong dari dekade 70-90an. Pasalnya, banyak lokasi menarik seperti bioskop, pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong seperti Bulungan, yang menjadi markas Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ). 

Namun, seiring bertambahnya zaman, saat ini kawasan Blok M  telah berkembang menjadi tempat nongkrong anak gaul dari Jakarta dan sekitarnya. Beberapa di antaranya seperti M Blok Space, Titik Temu Cafe, Kopi Oey Melawai, dan masih banyak lagi.


Baca juga: Potensi Jakarta Sebagai Kota Kreatif dan Kota Budaya dalam Momentum HUT Ke-496


3. Taman Ria Senayan

Generasi 90-an tentu juga tidak asing dengan Taman Ria Senayan. Sebab tempat nongkrong yang sudah eksis sejak era 70-an selalu dikunjungi warga Jakarta saat berakhir pekan. Lewat  pemandangan area terbuka hijau dulunya mereka akan bermain di telaga buatan untuk mengendarai sepeda air dan perahu motor.

Seiring waktu, Taman Ria pun sempat dirombak menjadi amusement park yang memiliki beberapa wahana sehingga menjadi tempat hits lagi untuk liburan dan nongkrong anak muda Jakarta. Namun sayangnya tempat ini akhirnya harus ditutup pada 2015 untuk dijadikan pusat perbelanjaan modern bernama Senayan Park atau Spark.
 
1
2


SEBELUMNYA

Perhatikan 3 Faktor Ini Agar Renovasi Rumah Sesuai Ekspektasi

BERIKUTNYA

Segini Harga iPhone Pro Max Juni 2023 yang Sudah Tidak Dipasarkan Lagi di Digimap dan iBox

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: