JIPFest akan dilaksanakan di lima lokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. (Sumber gambar: JIPFest)

Weekend Ini Kunjungi Jakarta International Photo Festival, Bisa Sambil Joging!

10 September 2022   |   06:54 WIB

Gelaran festival fotografi berskala intenasional Jakarta International Photo Festival (JIPFest) kembali dilaksanakan di area Blok M, Jakarta Selatan pada 9-25 September 2022. Menghadirkan 15 program fotografi termasuk pameran foto, diskusi, lokakarya, layar tancap foto, hingga tur street photography yang dapat dinikmati secara gratis.

Tak hanya itu, lewat acara yang sudah tiga kali digelar di Indonesia sejak 2019 ini juga merupakan wadah bagi para fotografer untuk saling bertukar gagasan dan mengenalkan karyanya kepada publik.

Mengusung tema Revival, gelaran ini juga ingin menyoroti bagaimana manusia harus semangat untuk kembali bangkit berdiri dari keterpurukan setelah beberapa waktu dihajar oleh pandemi Covid-19 dengan membuat perubahan-perubahan. 

Baca juga: JIPFest Digelar September 2022, Undang Fotografer dari Berbagai Negara

Berlangsung selama 17 hari, gelaran JIPFest akan dilaksanakan di lima lokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, yakni di Taman Langsat, GOR Teater Bulungan, Kala di Kalijaga, Kala Karya, serta Soup N Film.

Asep Topan, salah satu kurator JIPFest mengatakan tema ini diambil juga dapat digunakan sebagai momentum dalam konteks perjalanan sejarah manusia pasca pandemi, kendati demikian mereka juga akan tetap mengangkat isu-isu yang juga aktual.

"Jadi dalam pameran itu kalau kita lihat diskursusnya, paradigma revival itu dekat dengan persoalan religius. Nah salah satu yang kami pinjam gesture artistiknya, dari lokasi-lokasi tempat pameran adalah sebagai tempat ziarah," papar Asep saat ditemui Hypeabis.id, Jumat, (9/9/2022) di Jakarta.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by JIPFest (@jipfest)


Sebagai kurator, Asep mengungkap pendekatan ruang tidak menjadi parameter utama dalam menampilkan tema karena lingkupnya yang besar. Tapi tim kuratorial tetap melakukan penyesuaian kontekstual berdasarakan tempat atau ruangan untuk memacak karya.

"Misalkan untuk karya-karya di Taman langsat itu kami memilih karya-karya yang secara konsep ramah terhadap anak, karena di sana sering dijadikan tempat berkumpul keluarga beserta anaknya," imbuh Asep.


Menikmati JIPFest Sambil Lari Pagi di Akhir Pekan

Dengan tersebarnya lokasi pameran JIPFest di beberapa titik, kalian juga dapat menikmati pameran ini sambil lari pagi di akhir pekan juga, Genhype. Tentu, aktivitas ini selain menyehatkan juga sesuai dengan tema yang diusung.

Direktur Festival JIPFest, Cristian Rahadiansyah pun memberi tip cara menikmati pameran ini agar lebih maksimal. Dia menyarankan setelah menikmati pameran kalian juga dapat menikmati jajanan yang berada di sekitar kawasan tersebut.

"Selain lebih sehat, [dengan lari pagi] ini juga akan nyaman, bagi yang ingin menikmati, kalian  bisa memulai dari Taman Langsat, ke Teater Bulungan, ke Kala Karya, jalan ke Kalijaga, lalu ke Soup n Film dan diakhiri dengan jajan-jajan seru," papar Cristian.

Nah, itulah tip untuk menikmati pameran JIPfest yang sudah mulai dibuka per 9 September, Genhype. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan uang yang cukup untuk jajan-jajan serunya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Ratusan Koleksi Kartu Pokémon dipamerkan di Mall Ciputra Cibubur

BERIKUTNYA

Afrojack hingga Weird Genius, Cek Daftar Lengkap Lineup Festival Musik EDM Ultra Beach Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: