Ksatriya Fahandro, Ksatriya Baru Lokapala dari Suku Nias. (Sumber: Studio Anantarupa)

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Fahandro, Ksatriya Baru Lokapala dari Suku Nias

21 June 2023   |   16:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gim multiplayer online battle arena (MOBA) Lokapala merilis ksatriya baru nih, Genhype. Kali ini, Anantarupa Studios selaku developer menghadirkan karakter yang terinspirasi dari budaya suku Nias. Dengan demikian, total ada 33 karakter dalam permainan yang diambil dari hasil riset sejarah asli Bumi Nusantara di Indonesia ini.

Lokapala menjadi gim MOBA esports pertama dari Indonesia dan dalam waktu dekat ini merambah Asia Tenggara. Pertama kali dirilis pada 2020, gim itu sudah diunduh lebih dari 3 juta kali. Lokapala juga memiliki pengguna aktif bulanan sekitar 300.000 orang.  

Untuk ksatriya baru asal Nias, Anantarupa Studios memberi nama Fahandro. Karakter ini merupakan ksatriya bertipe Marksman, yang cocok bagi pemain yang senang bermain dengan serangan dari jarak jauh. Seperti apa sosoknya? Yuk simak fakta menariknya berikut ini. 

Baca juga: Ini Keunikan Lokapala, Gim eSports Pertama di Asia Tenggara


1. Latar Belakang Fahandro 

Karakter Marksman ini berasal dari salah satu Hoho (syair yang berisi mitos, sejarah, sampai dengan hukum tradisional) yang ada di Nias, Sumatra Utara. Suku Nias memiliki keunikan dari segi sejarah, mitologi dan budayanya. 

Nias, merupakan sebuah pulau yang mayoritas penduduknya adalah masyarakat suku asli Nias (Ono Niha). Suku ini memiliki budaya dari zaman megalitik yang menurut penelitian peradaban ini sudah ada sejak 12.000 - 30.000 tahun silam. 
 

2. Skill Lompat Batu

Sepanjang peradaban megalitik tersebut, tercipta budaya tradisional seperti lompat batu (fahombo/lombo batu). Hal tersebut diyakini sebagai ritual yang dilakukan oleh seluruh laki-laki suku Nias. 

Apabila berhasil melompati batu setinggi dua meter, ini menandakan bahwa pria Nias sudah siap dan dapat bertanggung jawab untuk memimpin satu kelompok dan bertarung sebagai laki-laki dewasa.

Ya, ritual lompat batu diterapkan di dalam game Lokapala, yaitu pada animasi display dan skill kedua Fahandro yang dinamakan Fahomo Salito atau kemampuan melompat dan memberikan damage kepada lawan.
1
2


SEBELUMNYA

5 Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Bakmi Gang Kelinci Hingga Kopi Es Tak Kie

BERIKUTNYA

Sejarah Jakarta dalam Goresan Kanvas, Mengulik Lukisan Epik Pertempuran Sultan Agung dan J.P. Coen karya Seniman S. Sudjojono

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: