Ragusa Es Italia jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ jeshoots)

5 Kuliner Legendaris di Jakarta, dari Bakmi Gang Kelinci Hingga Kopi Es Tak Kie

21 June 2023   |   18:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Gado-gado Cemara
Tempat legendaris lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype adalah Gado-gado Cemara yang kini berada di Jl. KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Tempat makan ini sudah ada sejak 1947 serta dimulai dari Jalan Cemara sampai akhirnya berpindah ke tempat yang sekarang. Pengelolanya berusaha menjaga keaslian cita rasa agar sama dengan yang dibuat oleh pendahulunya.
 
Gado-gado di tempat ini memiliki bumbu dari kacang tanah dengan sayuran yang direbus. Selain gado–gado, tempat makan ini juga menyediakan menu lainnya yang bisa dinikmati saat wisata kuliner.
 
4. Roti Tan Ek Tjoan
Kuliner lain yang legendaris di Jakarta adalah roti Tan Ek Tjoan. Roti ini disebut-sebut telah memikat banyak para pejabat di negeri ini, salah satunya adalah Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Toko roti ini memang sudah ada sejak 1921 di Bogor, Jawa Barat. Seiring perkembangannya, toko ini membuka cabang di Jakarta sekitar 1950-an. Tidak hanya itu, Tan Ek Tjoan juga memiliki pabrik di daerah Cikini, Jakarta.
 
Toko roti ini sampai sekarang disebut memiliki cita rasa yang sama lantaran masih mempertahankan resep lama yang sudah diturunkan dari para pendahulunya.
 
5. Kopi Es Tak Kie
Kuliner legendaris lainnya yang juga wajib dikunjungi adalah kedai Kopi Es Tak Kie yang sudah berdiri sejak 1927 silam. Dikutip dari laman kopiestakkie, kedai ini pertama kali didirikan oleh seorang perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong dan merupakan sebuah warung kopi yang berada di kawasan petak 9.
 
Sang pendiri memberikan nama Tak yang berarti orang bijaksana, sederhana, dan apa adanya. Kemudian, Kie yang berarti mudah diingat oleh banyak orang. Kedai yang berada di daerah Glodok, Jakarta Barat itu kini menjual berbagai hidangan lain yang wajib dicoba, selain kopinya.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Melawat ke Tokyo, Lab Teater Ciputat Kolabs dengan Grup Teater asal Jepang Theatre Company shelf

BERIKUTNYA

5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Fahandro, Ksatriya Baru Lokapala dari Suku Nias

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: