Pelatih Argentina, Lionel Scaloni (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

Komentar Scaloni Usai Laga Indonesia vs Argentina: Pertandingan yang Cukup Sulit

20 June 2023   |   06:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Skuad Indonesia takluk di tangan timnas Argentina dalam laga FIFA Matchday, Senin (19/6/2023). Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) menjadi saksi bisu serunya pertandingan kedua tim yang berakhir dengan skor 0-2 atas kemenangan La Seleccion. Bermain dengan tim rotasi tak menggugurkan kehebatan tim pemenang piala dunia. 

Sebanyak 26 tembakan keras melayang di atas rumput hijau GBK. Sekitar 21 di antaranya didominasi oleh Tim Tango, sementara 5 tembakan dilayangkan tim Garuda. Pertandingan berjalan intens sejak awal, di mana peluang-peluang kecil mulai diciptakan Asnawi Mangkualam dkk. Skuad Merah Putih berhasil melesakkan dua kali tembakan ke arah gawang yang sangat berarti. 

Namun kemampuan Alejandro Garnacho dkk tak bisa dibohongi. Sebanyak 7 kali tembakan ke arah gawang dilakukan Argentina dengan penguasaan bola mencapai 74 persen. Indonesia juga terbanting secara angka operan dengan total 270 kali, berbanding jauh dengan 755 operan yang dikukuhkan Argentina.

Baca juga: Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Argentina, Tetap Tampil Luar Biasa!

Akan tetapi, akurasi operan Indonesia patut diacungi jempol. Anak asuh Shin Tae-yong juga bermain serius dan tetap menjaga kontak langsung untuk meminimalisir pelanggaran. Hanya ditemui satu perbedaan total pelanggaran, di mana Alvarez diganjar kartu kuning sekali oleh wasit.

Duel di laga persahabatan ini berjalan tanpa sekalipun offside. Indonesia sudah menunjukkan dominasi bertahan setelah keluar dengan formasi 5-3-2. Bahar, Ridho, Jordi, Elkan, dan Pattynama berjajar di lini belakang untuk menghalau serangan Argentina. Sementara Tim Tango lebih memilih untuk bermain dengan formasi biasa yakni 4-3-3 mengandalkan Gonzalez, Alvarez, dan Buonanotte sebagai penyerang.

Skor 0-0 baru pecah di menit ke-38 saat Leandro Paredes menjebol gawang Ernando Ari Sutaryadi dengan tendangan jauh. Pemain bernomor punggung 5 itu langsung memecah ketegangan stadion, mengingat pertandingan babak pertama hampir habis tanpa gol. Memasuki babak kedua, Romero melesat dari posisi bek ke depan untuk mengoyak gawang Indonesia di menit ke-55.


Komentar Lionel Scaloni Usai Laga

Lionel Scaloni (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

Lionel Scaloni (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

Dalam konferensi pers usai pertandingan Indonesia vs Argentina, Lionel Scaloni menjawab sederet pertanyaan yang dilemparkan wartawan. Salah satunya adalah tentang kepuasan Scaloni dengan skor akhir 0-2 ini. Maklum saja, skor melawan Indonesia ini sama dengan hasil kemenangan mereka di pertandingan terakhir saat membekuk skuad Australia di China.

“Saya cukup puas dengan performa tim dan skor,” kata Lionel Scaloni dalam keterangan pers. Scaloni juga sempat melontarkan pujian untuk skuad Indonesia. Peracik strategi Argentina itu mengakui sempat merasa kesulitan melihat situasi laga melawan Indonesia ini.

“Pertandingan yang tadi cukup sulit. Kami juga tidak memainkan beberapa pemain inti,” katanya. Sebagaimana diketahui, Argentina memang menurunkan tim rotasi untuk melawan Indonesia di laga ini. Berbeda saat kontra lawan Australia di mana Scaloni menurunkan jajaran pemain utama di timnas Argentina.

“Karena semuanya bermain kompak maka kita menuai hasil yang bagus. Tidak ada satu pun pemain yang spesial dibanding yang lain,” imbuh Lionel Scaloni.

Sang pengantar juara Piala Dunia 2022 ini mengaku bangga bisa bermain di Indonesia. Dia juga melontarkan pujian atas performa timnas Indonesia yang dinilainya cukup baik. Terakhir, Scaloni mengapresiasi para pendukung yang sudah hadir di Stadion Utama GBK untuk menyaksikan Indonesia vs Argentina secara langsung.

Baca juga: Pertandingan Argentina vs Indonesia, Jan Ethes Jadi Player Escort Kiper Emiliano Martinez

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Asus Rakit ExpertBook P1 di Batam, Produksi 100 Unit Per Hari

BERIKUTNYA

5 Momen Seru Indonesia vs Argentina, Asnawi Banjir Pujian Usai 'Kantongi' Garnacho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: