Para pemain Timnas Argentina saat berlatih di Stadion GBK. (Sumber gambar: Afa Seleccion/Twitter)

Formasi Skuad Argentina vs Indonesia, Lionel Scaloni Jawab Pengganti Posisi Messi

19 June 2023   |   08:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Absennya Lionel Messi dalam laga FIFA Matchday melawan Indonesia, dipastikan tidak akan membuat timnas Argentina lemah. Pelatih Tim Tango Lionel Scaloni menegaskan bahwa tim asuhannya akan bermain maksimal dalam pertandingan persahabatan ini.

Dalam konferensi pers kemarin, Scaloni mengungkapkan kembali alasannya meliburkan Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi pada pertandingan melawan Indonesia. Menurutnya mereka bertiga perlu beristirahat setelah menjalani rangkaian pertandingan, terutama Piala Dunia pada akhir tahun lau. 

Meskipun Tim Tango tidak diperkuat dengan tiga bintang itu, Scaloni memastikan performa Timnas Argentina tetap tangguh. “Yang paling penting, Argentina (kemampuan mereka) jauh di atas pemain mana pun. Dalam hal ini, Leo tidak ada, tapi yang lain ada dan saya harap orang-orang menikmati (pertandingannya)," tuturnya dikutip dari YC Sports, Senin (19/6/2023). 

Baca juga: Tiba di Jakarta, Cek Daftar Skuad Argentina VS Indonesia, Tanpa Messi, Di Maria, dan Otamendi


Pengganti Posisi Messi

Tim asuhan Lionel Scaloni akan memainkan laga melawan Indonesia hari ini tanpa kapten, momen yang belum pernah terjadi selama setahun ini. Sepanjang 175 penampilan Messi bersama Timnas Argentina, dia tercatat sebagai pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak. 

Namun, Messi beberapa kali absen dalam pertandingan. Pertama, melawan Hungaria pada 2005 dan terakhir terjadi pada Februari 2022. Saat itu, Scaloni tidak memanggil sang kapten untuk laga kualifikasi melawan Chile dan Kolombia.

Pada absen ganda itu, nomor punggung 10 dikenakan oleh Ángel Correa, Ángel Di María dan Lautaro Martínez yang bertanggung jawab memberikan tim nasional dua kemenangan tanpa Messi, dengan skor 2-1 melawan Chile dan 1-0 melawan Kolombia.

Sejak saat itu, Flea tidak melewatkan pertandingan lagi. Melihat rekor pertandingan yang melelahkan, akhirnya Scaloni memberinya libur pasca-menang melawan Australia di China pada akhir pekan lalu.

Ditanya siapa yang akan menggantikan Messi pada laga sore ini, Scaloni mengatakan posisi sang kapten dibiarkan kosong. “Tidak ada. Tidak ada yang bisa memainkan (posisi) Messi,” ucapnya yang belum memastikan formasi tim.

Akan tetapi, Scaloni menyampaikan beberapa pemain akan ditempatkan di lini depan. “Apakah Anda ingin tahu siapa dia? Saya tidak bisa memberi tahu Anda. Saya tidak bisa memberi tahu Anda siapa yang akan berada di tempat Messi, kami memberi dia 100 kilo batu (beban)," tegas Scaloni.

 

Pelatih Timnas Argentina Scaloni saat konferensi pers jelang laga FIFA Matchday di Jakarta. (Sumber gambar : Afa Seleccion/twitter)

Pelatih Timnas Argentina Scaloni saat konferensi pers jelang laga FIFA Matchday di Jakarta. (Sumber gambar : Afa Seleccion/twitter)

Di samping itu, sang pelatih mengatakan akan melakukan beberapa perubahan pada 11 pemain yang menjadi starter. Dia mengungkap akan membuat antara tujuh atau delapan perubahan dibandingkan formasi terakhir melawan Australia. 

“Level timnas tidak akan berubah dengan melakukan perubahan ini. Kami berharap bisa menghayati pertandingan melawan Indonesia dan apa artinya bermain dengan seragam ini," tutup Scaloni.

Scaloni diprediksi akan menurunkan pemain muda, Alejandro Garnacho dalam pertandingan melawan Tim Garuda nanti. Salah satu pemain muda La Scaloneta yang baru saja debut itu dianggap memiliki peluang masuk ke tim inti. 

Mengutip TYC Sports, Garnacho yang masih berusia 18 tahun, akan menggantikan Nicolas Gonzales di posisi sayap kiri. Namun, ada kemungkinan dia menggantikan posisi Fideo atau bisa saja dia berada di bangku cadangan lantaran Julian Alvarez pastinya akan turun ke lapangan. 

Di sisi lain, walau tanpa kehadiran Messi, Di Maria, dan Otamendi, kesebelasan Argentina yang datang ke Jakarta ini merupakan skuad juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Beberapa nama pemain yang patut dinanti, antara lain penjaga gawang Emiliano Martinez, gelandang Alexis Mac Allister, dan penyerang muda Julian Alvarez. 

Baca juga: Lionel Messi Unggah Pesan Menyentuh untuk Tim Tango Jelang Pertandingan Lawan Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Lionel Messi Unggah Pesan Menyentuh untuk Tim Tango Jelang Laga Lawan Indonesia

BERIKUTNYA

Cek 8 Tradisi Unik di Nusantara Menjelang Iduladha, Ada Mepe' Kasur & Toron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: