Bahasa Tubuh (Sumber Foto: Freepik)

Pahami 5 Makna Bahasa Tubuh Pasanganmu saat Kencan Pertama

12 June 2023   |   21:59 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Segala pemikiran dan isi hati, belum tentu bisa diungkapkan secara lisan dan hanya terlihat lewat gerak-gerik bahasa tubuh. Situasi inilah yang terkadang sulit sekali untuk menebak maksud dan tujuan pasanganmu, terutama saat kencan pertama. Akhirnya terjadilah kesalahpahaman yang bisa merenggangkan hubungan.

Adrianne Carter, seorang pakar bahasa tubuh, memaparkan bahwa saat pertama kali berkencan, banyak dari kita yang langsung percaya dengan kesan pertama pasangannya. Padahal belum tentu, sikap yang ditunjukan oleh pasangan kita belum tentu mencerminkan jati dirinya yang asli.

"Seseorang cenderung menunjukkan diri mereka yang sebenarnya, ketika kamu mengenal mereka dengan lebih baik,” kata Adrianne. 

Baca juga: Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik & Menarik di Aplikasi Kencan Online

Wanita yang dijuluki 'The Face Whisperer' tersebut telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam menerjemahkan bahasa tubuh dan emosi seseorang melalui ekspresi wajahnya secara objektif. Ini didasarkan dari penelitian dan pengamatannya terhadap sejumlah foto dan video banyak orang.

Membungkuk, memainkan cuping telinga, sampai menyilangkan kaki termasuk ke dalam bahasa tubuh seseorang. Adrianne menganalisis hal tersebut dan menyebutkan 5 bahasa tubuh dalam berkencan yang bisa kamu amati. Yuk, simak penjelasannya!


1. The Smooth Operator

‘The Smooth Operator’ adalah seseorang yang ingin selalu membuka pilihan mereka dalam menjalin hubungan. Bahasa tubuh yang ditunjukkan biasanya merapikan rambutnya, mengarahkan kaki ke arah lain, tapi bukan ke arahmu, dan tampak selalu menyeringai atau tersenyum yang dibuat-buat. 

Karakter ini memiliki cara jalan yang khas, yakni berjalan dengan percaya diri atau angkuh. Semua hal yang dilakukannya sangat strategis dan mereka tipe orang yang sangat lancar dalam berbicara. 


2. The Real Deal 

'The Real Deal’ paham betul harus melakukan dan mengatakan apa saja karena perkataan dan tindakan mereka selalu sejalan. Bahasa tubuh yang ditunjukan yakni, senyuman yang tulus, postur yang santai seperti lengan atau tangan yang terbuka, sesekali menyentuh lengan atasnya atau lutut.

Posisi duduknya condong ke arah pasangannya. Ada intensitas kontak mata secukupnya untuk memberikan sinyal bahwa dia benar-benar tertarik. Mereka juga akan menanyakan pertanyaan yang tepat, mendengarkan jawabannya, dan menjawab pertanyaanmu juga. 

Saat mengangkat alisnya, artinya dia tertarik denganmu dan topik obrolan kalian. Dia juga terbuka untuk kemungkinan kencan-kencan selanjutnya. Saat pertemuan pertama dia akan mencoba menemukan kesamaan denganmu, dan terang-terangan mengungkapkan apa yang mereka cari dalam hubungan ini. 


3. ‘The Cryptic’ 

The Cryptic’ atau ‘Si Misterius’ bisa terlihat tidak ramah dan tidak fokus saat kencan pertama. Apalagi posturnya kaku dan selalu membuat jarak atau batasan yang sangat jelas. Biasanya dia sesekali akan mengangkat dagu atau menjauhkan badan.  

Orang dengan kepribadian ini biasanya sering datang terlambat, memainkan HP mereka dan jarang membangun percakapan selama berkencan. Mereka hadir secara fisik, namun memperlihatkan perilaku yang menandakan bahwa mereka tidak tertarik.   

"Seseorang mungkin berperilaku seperti ini karena mereka sejujurnya tidak tertarik denganmu, tapi bisa jadi itu adalah cara mereka untuk ‘jual mahal’," kata Adrianne.


4. The Eager BeaverGrafter’ 

‘The Grafter’ sangat touchy dan akan menunjukan ketertarikan mereka secara jelas, dengan duduk tegak atau condong ke arah pasangan kencannya, sambil menatap secara intens. Mereka menunjukan antusiasme secara jelas melalui postur tubuhnya.

Karakter ini akan melakukan banyak upaya dalam berkencan dan mungkin akan terlihat terlalu bersemangat, terlalu cepat, saat mencoba memenangkan hati pasangannya. Namun, Adrianne memaparkan orang dengan tipe kepribadian ini punya data tarik tersendiri saat kencan pertama.

"Mereka bisa membangun arah percakapan dengan banyak bertanya, dan ingin sekali membuat pasangan date-nya senang," kata Adrianne.


5. ‘The Overthinker’ 

‘Si Pemikir’ atau ‘The Overthinker’ adalah seseorang yang kurang yakin dengan diri sendiri dan selalu ragu-ragu dalam berkencan. Mereka biasanya gelisah, ini ditunjukkan dengan gestur melipat tangan, tertawa canggung, atau wajahnya berubah kemerahan.

Mereka juga cenderung menghindari tatapan mata, sering menggigiti kuku atau bibirnya. Karakter seperti ini akan terlihat malu-malu atau tercengang saat ditanyakan hal yang mereka tidak tahu jawabannya. Atau sebaliknya, mereka bisa menjadi hiperaktif dan mengoceh tidak jelas.

Baca juga: Kiat Kencan Pertama 12 Shio, Biar Makin Lengket dengan Gebetan

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ‘Si Pemikir’ tidak tertarik denganmu, namun belum tentu. Mereka hanya tipe orang yang pemalu dan ingin pasangannya lebih aktif darinya.

"Cara mengatasi rasa gugup tersebut bisa dengan mengungkapkan perasaan gugup itu kepada pasangan kencanmu," kata Adrianne.  

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Simak Tip & Trik Memasak Ayam Woku yang Menggugah Selera

BERIKUTNYA

Merawat Warisan Bapak Antropolog Indonesia Lewat Pameran 100 Tahun Koentjaraningrat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: