Aneka jam tangan (dok. ashton-blakey-antiques.com)

Yuk Kenali Karakter Kamu dari Jam Tangan yang Dipakai

02 September 2021   |   21:22 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype percaya enggak jika sebuah jam tangan memiliki pesan emosional yang lebih tinggi dari fungsinya semata. Karena itulah jam tangan mempunyai kaitan yang erat dengan kepribadian sang pemakai. Dengan mengenali karakter jam tangan, bisa membantu kamu untuk lebih optimal menemukan jam tangan yang tepat dan bermakna.

Hal ini karena usia pemakaian sebuah jam tangan yang cocok biasanya dipakai bertahun-tahun hingga berbagai generasi.

Agar tidak penasaran, berikut beberapa jenis jam tangan yang bisa disesuaikan dengan kepribadian kamu seperti disampaikan oleh CEO Radatime, Hendra Kesuma

1. Jam Tangan Baterai
Kelebihan utama jam tangan baterai adalah kepraktisan. Waktu yang akurat dan terus hidup hingga baterai habis. Perawatan juga mudah dan lebih terjangkau harganya. Untuk menandakan jam tangan baterai, bisa diidentifikasi dari mengamati loncatan jarum detik yaitu 1 loncatan untuk setiap detik.

“Beberapa tipe jam tangan baterai saat ini juga memiliki teknologi “sweep”, yaitu jarum detik yang terus berjalan seperti jam tangan otomatis atau mekanis,” ujarnya. 

2. Jam tangan analog dan digital
 

jam digital (dok. cnet.com)

Jam digital (dok. cnet.com)

 
Secara garis besar, jam tangan terbagi atas 3 tampilan, yaitu analog, digital dan analog-digital. Cara untuk membedakannya sangat mudah, jika tampilan jam tangan tidak tersedia tampilan digit angka pada layar LCD (seperti angka pada kalkulator), maka jam tersebut adalah analog.

Jam tangan yang menampilkan digit angka pada layar LCD dan juga memiliki jarum jam disebut analog-digital, sedangkan jam yang hanya memiliki LCD untuk menampilkan informasi waktu (tanpa jarum jam) adalah jam digital.

Dari sisi karakter, penyuka jam tangan digital umumnya adalah orang yang mementingkan informasi yang detil, akurat serta memiliki cara berpikir yang praktis.  Adapun penyuka jam tangan analog-digital ialah seseorang yang cenderung membutuhkan segala sesuatunya lengkap dan mudah merasa tidak nyaman jika ada hal yang penting bagi dirinya tidak utuh atau bolong-bolong.

3. Chronograph Vs. Multifunction
 

jam tangan chronograph

Jam tangan chronograph (dok. Radatime)


Suka mengembangkan ide, kreatif, out of the box, imajinatif, sportif adalah karakter yang melekat pada jam tangan dengan fitur Chronograph atau Multifunction.

Berdasarkan survey internal, mayoritas pemakai jam tangan Chronograph bahkan tidak mengetahui cara memakai fungsi stopwatch. Oleh sebab itu, bisa diasumsi bahwa jam tangan adalah sebuah produk yang berkaitan erat dengan psikologis sang pemakai dibandingkan dengan fungsinya.

Jam tangan Chronograph dan Multifunction terlihat hampir sama, tetapi memiliki perbedaan yang dominan. Persamaannya adalah keduanya memiliki tambahan jarum jam kecil.
 
 
1
2


SEBELUMNYA

Penyalin Cahaya, Menyuarakan Darurat Kekerasan & Pelecehan Seksual

BERIKUTNYA

Ikuti 8 Langkah Sebelum Membeli Produk Skincare

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: