Dunia Baru Kru Bajak Laut Topi Jerami (Sumber Gambar: DEIVISCC on devianart.com)

Gaya Kepemimpinan Ala Monkey D. Luffy dalam Serial Anime One Piece

23 July 2022   |   20:31 WIB

Like
Kepemimpinan adalah suatu proses interaksi yang mempengaruhi orang lain antara pemimpin dan pengikutnya. Dalam hal ini seorang pemimpin harus memfokuskan tujuan mereka untuk dapat menyelesaikan masalah bersama.  Kepemimpinan pun dapat ditemukan di segala aspek baik itu dalam suatu organisasi, lembaga, hingga negara.

Sejatinya kepemimpinan itu ada atas dasar bisa mempengaruhi, menggerakkan khalayak, dan berdasarkan kegigihannya dalam menggerakkan massa mencapai suatu tujuan bersama.

Dalam hal ini, gaya kepemimpinan yang bisa kita temui dapat diambil dari cara kerja kepeminan dalam sebuah kelompok bajak laut. Sekelompok bajak laut tentunya memiliki kapten untuk memimpin kru bajak lautnya. Tentunya bagi seorang kapten dialah yang akan menentukan tujuan yang akan dicapai bersama.

Baca juga: Ekstrakurikuler & Kepemimpinan Jadi Kunci Penting Lolos Seleksi Kampus Luar Negeri

Seorang pemimpin bajak laut di sini sebut saja kapten, harus bisa memimpin krunya dalam setiap pelayaran. Kru yang bertugas tentunya dapat mengikuti arahan dari seorang kapten dalam memberikan tugas kepada krunya. Namun ada satu contoh kepemimpinan yang dapat kita ambil di sini dari seorang kapten bajak laut yaitu pada tokoh Monkey D. Luffy di serial anime One Piece .

Bagi penggemar One Piece tentunya tidak asing lagi dengan tokoh yang satu ini, siapa lagi kalau bukan the baka senchoo yaitu Monkey D. Luffy. Dia merupakan kapten dari kelompok bajak laut topi jerami yang dikenal dengan aksi kekonyolan dan tingkah lucunya dengan para kru bajak lautnya juga.

Luffy ini merupakan tokoh utama pada serial anime One Piece karya Eichiro Oda seorang mangaka terkenal. One Piece sendiri dikenal dengan cerita pertualangannya Luffy bersama kru bajak lautnya dalam mengarungi lautan untuk mencari harta karun terbesar yaitu One Piece.

Dari sosok Luffy, kita ketahui bahwa dia merupakan seorang kapten dari kru bajak lautnya, selain sifatnya yang konyol dan juga lucu, ia juga memiliki karakter yang dapat menjadi acuan bagi kita dalam menjadi pemimpin.

Berikut ini lima karakter dari tokoh serial anime One Piece yaitu Monkey D. Luffy.

1. Optimistis dan pantang menyerah.

Perhatikan bagaimana cara dia bekerja keras dan berlatih dalam kegigihannya untuk mencapai keiingan yang besar dalam sejarah dunia di serial anime One Piece.
 

2. Beripikir positif.

Luffy selalu memiliki pikiran yang positif, tidak pernah sekalipun ia berpikir yang buruk karna dia paham akan jika pikiran yang buruk akan membawa keburukan juga baginya.
 

3. Solidaritas yang tinggi.

Bagi para penggemar One Piece tentu tahu betapa baiknya sosok Luffy yang dikenal memiliki solidaritas yang tinggi dalam membantu dan menolong orang-orang yang kesusahan.
 

4. Dapat mempengaruhi orang lain.

Dalam mewujudkan impiannya, ia mampu mempengaruhi orang lain. Tentunya bukan hanya seorang Luffy saja yang bisa mempengaruhi orang lain, tetapi para krunya juga bisa mempengaruhi orang lain dalam mewujudkan impian bersama.

Baca juga: 5 Hal Kepemimpinan dari Lucille Ball dalam Film 'Being the Ricardos'

Mempengaruhi orang lain tidak cuma mengajak untuk mengikutinya, melainkan membuka jalan yang benar bagi orang yang ia pengaruhi. Dalam hal ini seperti membuat orang lain percaya akan kemampuannya bahwa ia benar-benar memiliki tekad yang kuat.


5. Tekad yang kuat.

Tekad yang kuat di sini dilihat dari ambisinya untuk mewujudkan impian yaitu menjadi seorang raja bajak laut. Dalam prinsip kepemimpinannya dengan tekad yang kuat ini, menjadikannya tidak mudah terbawa arus dan tetap teguh dalam meraih impian tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Karakter James Bond Bakal Diperankan oleh Perempuan? Begini Kata Ana de Armas

BERIKUTNYA

Art:1 Newmuseum Gaet 6 Perupa Perempuan dalam Pameran Infinite Illusions

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: