Idgitaf (Sumber gambar: Idgitaf Music)

Solois Idgitaf Merilis Single Kehilangan, Jadi Lagu Penutup Menuju Album Perdana

10 June 2023   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Solois perempuan muda Idgitaf kembali manyapa penggemarnya dengan merilis single baru berjudul Kehilangan. Lagu ini merupakan karya barunya setelah merilis single Dermaga tiga bulan lalu, sekaligus menjadi karya penutup menuju perilisan album penuh perdananya.

Seperti judulnya, lagu Kehilangan merupakan ungkapan rasa ego penyanyi yang akrab disapa Gita itu yang sedang merasakan takut kehilangan. Dalam karya ini, Gita bercerita bahwa setiap orang bisa membayangkan bahwa suatu saat kesedihan akan menghampiri hidup mereka. Namun, ketika kenyataan itu benar-benar terjadi, manusia kerap tidak siap terutama saat mengalami kehilangan.

Baca juga: Jebolan Indonesian Idol Samuel Cipta Luncurkan Single Kutunggu Kau di Jalan Pulang

Setelah mengawali perjalanan album perdana dengan single Satu-Satu dan Dermaga, Gita menyuguhkan latar belakang cerita yang berbeda di single barunya kali ini. Meski terdengar murung, dia mengatakan ide pembuatan lagu Kehilangan justru bukan berawal dari kesedihan, melainkan muncul karena perasaan bahagianya saat dia berkesempatan manggung di Bali. 

“Waktu itu aku lagi sama band di atas panggung dan kita lagi joget. Pas lagi nyanyi, tiba-tiba aku merasa kayak ada titik realisasi. Gila, aku sayang banget sama bandku. Seru banget sama mereka. Chemistry kita sudah luar biasa banget,” ungkap penyanyi yang identik dengan rambut berwarnanya itu.

Sepulang dari konser tersebut, dia pun langsung mendapatkan inspirasi lirik yang menjadi reffrain lagu Kehilangan. Tak seperti judulnya yang sendu, lagu ini justru mengusung musik bernuansa upbeat demi menunjukkan warna musik Gita yang baru. Dengan kata lain, lagu ini tercipta justru untuk merayakan keegoisan diri yang disampaikan dengan irama menyenangkan.
 

Artwork single Kehilangan (Sumber gambar: Idgitaf Music)

Artwork single Kehilangan (Sumber gambar: Idgitaf Music)

Kendati bicara tentang kehilangan, Gita mengaku bahwa dia sendiri belum pernah merasakan secara mendalam rasanya kehilangan baik dalam bentuk fisik, barang maupun waktu. Bahkan, diakuinya bahwa dia bukan sosok yang perasa. 

"Mungkin karena aku sudah paham kalau itu [kehilangan] sudah pasti akan terjadi dan aku merasa aku tuh enggak ada penyesalan sama semua yang hilang. Misalnya, waktu yang hilang karena aku sibuk ngapain. Aku merasa hari ini ya sudah sepantasnya aku jalani dan terjadilah,” ucap penyanyi berusia 22 tahun itu.

Dalam menggarap lagunya ini, Gita juga dibantu oleh beberapa musisi seperti Wisnu Ikhsantama W.,Rama Harto, dan Muhammad Luthfi Adianto yang bertindak sebagai produser. Adapun, selain lagu, dia juga merilis video klip single Kehilangan yang digarap oleh Studio Antelope dengan mengusung konsep photobox.

Menariknya, Gita juga mengatak banyak orang untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan video klip tersebut. "Orang-orang berfoto di situ. Walaupun banyak orang yang datang dan pergi di hidup tapi mereka tertangkap dengan foto dan memori kita yang tersisa. Kalau enggak dari otak, fisiknya, atau bentuknya foto,” katanya.

Setelah perilisan single baru, Gita pun memutuskan untuk fokus mempersiapkan peluncuran album penuh perdana bertepatan dengan usia ke-3 tahun perjalanan karier bermusiknya. Nantinya, album ini bakal menampilkan tiga single yang sudah rilis yakni Satu-Satu, Dermaga, dan Kehilangan.
 


Profil Idgitaf

Brigitta Sriulina Beru Meliala atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Idgitaf merupakan penyanyi kelahiran 26 Desember 2000. Namanya dikenal sejak dia memarodikan video Odading Mang Oleh di TikTok.

Pada 2020, dia merilis single perdananya yang berjudul Hal Indah Butuh Waktu untuk Datang #Solekmu yang liriknya ditulis sendiri dan diproduseri oleh gitaris HIVI!, yakni Ezra Mandira dan Founder Jakarta Movement of Inspiration Nurul Susantono.

Pada 12 Februari 2021, Idgitaf merilis sebuah lagu berjudul Terpikat Senyummu yang berkolaborasi dengan aplikasi TikTok. Lagu ciptaannya itu pertama kali diunggah ketika berduet dengan Fran Vasili. Lagu ini pun menjadi lagu orisinal pertama di aplikasi TikTok dalam negara Indonesia serta menjadi album lagu tema dari film pendek vertikal pertama Indonesia di Tiktok dengan judul X & Y.

Pada 2 Juli 2021, Idgitaf kembali merilis sebuah lagu berjudul Berlagak Bahagia. Dia menciptakan lagu ini pada 2018 di masa dirinya merasa bahwa dunia tidak seperti yang dibayangkannya. Lagu yang diproduseri oleh gitaris HIVI!, Ezra Mandira ini menunjukkan keseriusannya untuk terjun di industri musik Tanah Air.

Awal 2022, dia merilis album mini perdananya bertajuk Semoga Sembuh yang berisikan lima lagu yakni Berlagak Bahagia, Sekuat Sesakit, Takut, Kasur Tidur, dan Semoga Sembuh (menampilkan Ezra Mandira).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Yuk Cek Koleksi Pameran Refresh di Art:1 New Museum, Ada Koleksi Lukisan Maestro Lho!

BERIKUTNYA

Produser Beri Bocoran Proyek Spider-Man Live Action Versi Miles Morales

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: