Cover album Mengudara (Sumber gambar: Idgitaf Music)

4 Fakta Menarik Album Mengudara, Kisah Pendewasaan Diri Solois Idgitaf

04 August 2023   |   13:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Begitu memasuki usia 20-an, seseorang akan mulai belajar untuk menjadi dewasa. Tak jarang, dalam prosesnya, mereka harus menghadapi sejumlah tantangan dan dinamika yang menguji egonya. Begitu pula yang dialami oleh Idgitaf. Penyanyi muda itu menuangkan proses pendewasaan dirinya dalam album bertajuk Mengudara.
 
Ini merupakan album panjang perdana Idgitaf setelah merilis mini album Semoga Sembuh pada 2022. Secara garis besar, lagu-lagu dalam album ini merupakan ungakapan sang solois menuju proses pendewasaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fakta menarik dari album Mengudara.

Baca juga: Solois Idgitaf Merilis Single Kehilangan, Jadi Lagu Penutup Menuju Album Perdana
 

1. Materi Lanjutan dari Album Sebelumnya

Materi album Mengudara yang terdiri dari 9 trek ini merupakan lanjutan dari cerita yang diusung dalam mini album Semoga Sembuh (2022). Setelah berbicara soal luka, trauma, hingga ketakutan, dalam
album ini, penyanyi pemilik nama lengkap Brigitta Sriulina Beru Meliala itu berusaha memberikan semacam resolusi untuk setiap konflik yang dialaminya. 
 
Seperti judulnya, mini album Semoga Sembuh merupakan manifestasi penyanyi yang akrab disapa Gita itu dalam bermusik dan menjalani fase-fase kehidupannya.
 
Tema besar yang disuguhkan dalam album ini berupa tahapan penyembuhan luka untuk bangkit dari kesedihan. Album Semoga Sembuh sendiri berisi lima lagu yakni Berlagak Bahagia, Sekuat Sesakit, Takut, Kasur Tidur, dan Semoga Sembuh.
 

Idgitaf (Sumber gambar: Idgitaf Music)

Idgitaf (Sumber gambar: Idgitaf Music)

2. Angkat Tema tentang Melepaskan

Sementara dalam Mengudara, secara garis besar tema album ini berbicara tentang melepaskan. Misalnya lagu Mengudara yang menjadi single utama album ini berkisah bagaimana cara merelakan
seseorang yang dicintai pergi dan menerimanya kembali.
 
“Bentuk cinta paling besarnya itu adalah saat kita mendoakan mereka karena di saat itu, bisa jadi kita enggak berada di ruang dan waktu yang sama dengan mereka. Tapi karena kita cinta, kita mendoakan mereka. Itu bentuk cinta yang sungguh selfless menurut aku,” kata Gita soal lagunya. 
 
Hadir pula lagu-lagu seperti Mulai yang disebut sebagai mantra album, Lepaskan yang mengungkapkan rasa berserah, Sepenuhnya yang merupakan sebuah lagu cinta klise, Akan Ku Kenang yang menjadi ungkapan segala hal yang manis untuk dikenang, dan single Selesai yang berbicara soal kehidupan. 
 

3. Digarap Selama Setahun

Gita mengatakan proses pengerjaan album Mengudara secara keseluruhan sudah dimulai sejak perilisan single SatuSatu pada Juni 2022. Gita menjadikan album ini sebagai pembuktian bagi dirinya sebagai solois yang tidak ingin menunda keproduktifan dalam bermusik.
 
“Aku ingin punya bukti sah sebagai musisi. Tentunya, ada dukungan kalau aku sebagai orang yang baru di industri ini punya banyak narasi dalam bentuk utuh, panjang, yang ingin aku bagikan dan perdengarkan ke orang-orang," ungkap penyanyi berusia 22 tahun itu.
 
Adapun, dalam menggarap album ini, Gita dibantu oleh timnya yang terdiri dari Ibnu Dian (Matter Halo), Wisnu Ikhsantama W., serta band pengiring yang kerap menemani Gita manggung, The Brads, yang beranggotakan Michael Rodovan, Austin Ong, Ricco, Samuel, dan Matthew.
 

Ketika berbicara mengenai nilai kepuasan hasil dari penggarapan album, Gita menilai setiap apapun karya musik yang sudah dia keluarkan sudah bukan miliknya lagi. Namun, Gita menganggap perjalanan bermusik yang sudah menjadi pilihan hidupnya selama ini layaknya sebagai 'taman belajar'.
 
“Setiap musisi punya tidak kepuasan akan album. Aku sudah mengerjakan secara maksimal yang bisa aku lakukan. Leave room for improvement. Aku masih punya banyak waktu di industri ini, masih punya banyak kesempatan. Mungkin aku akan perbaiki di album selanjutnya, di rilisan selanjutnya, hopefully,” imbuh Gita.
 

4. Cara Unik Promosi Album

Untuk menyambut perilisan album barunya itu, Gita terlihat mengunggah karya comic strip melalui akun media sosial Instagram pribadinya sejak awal Juli 2023. Dia mengajak ilustrator untuk bekerja sama membuat komik lantaran ingin mempromosikan album dengan cara yang berbeda dalam menerjemahkan setiap lagunya. 
 
Di samping itu, untuk merayakan album Mengudara, dia juga telah mengadakan acara live session yang membawakan lagu-lagu dalam album secara perdana di hadapan para penggemar setianya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Musisi yang Merilis Album dengan Format Vinyl, Ada Nadine Amizah & Mocca

BERIKUTNYA

Panduan Memilih Susu yang Tepat untuk Para Penikmat Kopi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: