EXO dalam agenda fan meeting di Jepang. (Sumber foto: SM Entertainment)

Catat Tanggalnya, EXO Bakal Comeback 10 Juli 2023

09 June 2023   |   19:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melewati pekan yang berat pasca tiga anggota EXO menuntut agensi atas perlakuan tidak adil, EXO-L kini dapat bernapas lega. SM Entertainment mengonfirmasi bahwa EXO akan merilis album penuh 10 Juli mendatang. Meski tanpa Kai, yang sedang menjalani wajib militer, penggemar sangat antusias menanti musik baru dari mereka.

Dikutip dari laman Soompi, informasi tentang comeback EXO disampaikan oleh SM Entertainment pada 9 Juni 2023 waktu setempat. Bersamaan dengan tanggal perilisan album, agensi juga menyebutkan bahwa Kai yang saat ini sedang menjalani wajib militer juga berpartisipasi dalam album tersebut.

Baca juga: Xiumin, Chen & Baekhyun EXO Putuskan Akhiri Kontrak dengan SM Entertainment

Meskipun begitu, SM Entertainment belum memberikan detail lebih lanjut tentang album tersebut meski mereka menyampaikan bahwa rencana perilisan album akan berjalan sesuai rencana. Album penuh EXO yang akan datang menjadi comeback pertama boy group itu dalam dua tahun sejak album spesial Don’t Fight The Feeling dirilis pada 2021.

Kembalinya EXO, superstar K-pop generasi ketiga, dipandang sebagai momen yang monumental. Hampir empat tahun lalu, pada 2019, mereka merilis album terakhir yang melibatkan oleh semua anggota grup. Sejak itu, kedelapan anggota grup secara beruntun menjalani wajib militer.

Dalam album spesial Don't Fight The Feeling EXO sempat memberikan tanda kepada penggemar tentang comeback grup sejak awal tahun. Namun, mereka dihadapi banyak pasang surut sejak saat itu.

Ini termasuk Kai yang secara tiba-tiba menjalani wajib militer, yang menghancurkan ekspektasi penggemar untuk melihat semua anggota bersama selama promosi, dan gugatan Xiumin, Baekhyun, dan Chen terhadap SM Entertainment.

Mengesampingkan sengketa hukum, SM Entertainment dan Baekhyun, Xiumin, dan Chen bekerja sama untuk mempersiapkan comeback EXO. Ketiga artis tersebut merilis pernyataan tambahan untuk meyakinkan penggemar bahwa, “Kami tidak akan pernah mengkhianati anggota [EXO] dan akan memprioritaskan EXO dalam situasi apa pun.”
 

EXO. (Sumber foto: SM Entertainment)

EXO. (Sumber foto: SM Entertainment)


Xiumin, Suho, Baekhyun, Chen, Chanyeol, D.O, dan Sehun juga terlihat bersama di Bandara Internasional Gimpo pada 8 Juni 2023. Mereka dilaporkan dalam perjalan untuk syuting reality show, EXO Ladder musim keempat.

Untuk diketahui, dalam berita Hypeabis.id sebelumnya, tiga anggota EXO dikabarkan mengakhiri kontrak eksklusif dengan agensi SM Entertainment yang menaungi mereka. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa ketiganya mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak sampai 17 tahun yang dinilai tidak masuk akal.

Sementara itu, kabar lainnya adalah agensi memiliki sejumlah utang pembayaran yang harus dilunasi kepada ketiga anggota tersebut. Dilansir dari Daum, tiga pentolan EXO ini sempat memperdebatkan kontrak eksklusif yang dinilai tidak adil dan menyayangkan agensi yang tidak bersikap transparan terkait pendapatan mereka selama aktif di dunia hiburan.

Ketiganya menunjuk kuasa hukum bernama Lee Jae-hak untuk mengeluarkan pernyataan resmi terkait masalah kontrak eksklusif ini. Lee Jae-hak menyebut bahwa beberapa langkah sudah ditempuh sebelum tiga anggota itu memutuskan untuk mengakhiri kontrak.

"Para artis [Xiumin, Chen, Baekhyun] sebelumnya mengirimkan sertifikasi konten ke SM sebanyak tujuh kali melalui perwakilan hukum mereka dari tanggal 21 Maret hingga saat ini, dan melalui ini, data penyelesaian yang transparan dan salinan dasar pelunasan,” ujarnya.

Lee Jae-hak menjelaskan, SM Entertainment memiliki kewajiban mematuhi seluruh aturan sesuai dengan kontrak eksklusif dan industri seni dan budaya populer, termasuk yang diatur dalam undang-undang.

Permasalahan lain yang membuatnya kian runyam adalah kesepakatan waktu kontrak eksklusif, yakni SM Entertainment terlihat ingin mengikat para artis melalui kontrak hingga 17 tahun. Keputusan ini dinilai berkaitan dengan ambisi SM Entertainment dalam menguasai artis-artisnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tawarkan Suasana Asri nan Sejuk, Cek Rekomendasi Guest House di Pamijahan Bogor

BERIKUTNYA

ASEAN Para Games 2023: Atlet Para Bulutangkis Ini Tunjukkan Kekurangan Bukan Hambatan untuk Berprestasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: