ASEAN Para Games XII 2023 Kamboja. (Sumber gambar: Hypeabis.id)

ASEAN Para Games 2023: Atlet Para Bulutangkis Ini Tunjukkan Kekurangan Bukan Hambatan untuk Berprestasi

09 June 2023   |   18:45 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Ajang ASEAN Para Games 2023 menjadi bukti bahwa keterbatasan bukan hambatan untuk berprestasi. Sebaliknya, mereka yang memiliki kekurangan justru menjadikannya sebagai kelebihan. Inilah yang ditunjukkan oleh salah satu atlet para bulu tangkis Indonesia Supriadi. 

Dengan menggunakan kursi roda, dia mampu menorehkan prestasi dengan meraih medali emas dan perunggu di Kamboja. Medali emas terasa istimewa buat Supriadi. Sebab, untuk pertama kalinya dia meraih di pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara ini. 

Baca juga: Borong 3 Emas ASEAN Para Games 2023, Comeback Sempurna Ratu Parabadminton Leani Ratri Oktila

“Alhamdulilah dapat emas dan perunggu. Ini [emas] yang pertama di ASEAN Para Games. Waktu di [ASEAN Para Games] Solo saya mendapatkan perak dan perunggu,” katanya saat ditemui oleh Hypeabis.id usai penyerahan medali di Morodok Techo National Stadium Badminton Hall, Phnom Penh, Jumat (9/6/2023).
 

Atlet para bulutangkis Indonesia Supriyadi (Sumber gambar: Dika Irawan/Hypeabis.id)

Atlet para bulutangkis Indonesia Supriyadi (Sumber gambar: Dika Irawan/Hypeabis.id)

Dalam kesempatan itu, Supriadi juga mengisahkan awal mulanya terjun ke cabang olahraga ini. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, dia mengalami kecelakaan, sehingga membuat kakinya tidak berfungsi dengan normal. Tahu dirinya kekurangan, Supri tak lantas menyerah. Dia pun mencoba menekuni bulu tangkis untuk meraih mimpinya. 

“Saya kemudian ikut seleksi para badminton dan diundang untuk mengikuti pelatnas,” katanya. 

Atas capaiannya di Kamboja, kini dia lebih optimistis untuk membidik medali di Asian Para Games di Hangzhou, China, pada 22 Oktober hingga 28 Oktober mendatang. Secara spesifik dia belum menargetkan medali emas, tetapi dia menginginkan capaian lebih tinggi dari pesta olahraga difabel di Asia Tenggara. 

“Saya menjadi lebih bersemangat untuk latihan dan mengikuti program dari pelatih untuk mencapai prestasi di Asian Para Games,” katanya. Dia pun tak lupa mempersembahkan emas ini untuk keluarga dan masyarakat Indonesia, yang telah mendukungnya berkompetisi di perhelatan ini. 

Pada ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja, Supriadi meraih emas di tunggal putra, sedangkan medali perunggu didapatnya di ganda putra. Di ganda putra, dia berpasangan dengan Agung Widodo. 

Pada hari terakhir penyelenggaraan, Jumat (9/6/2023), tim para bulu tangkis Indonesia berhasil meraih 6 medali emas dan 8 medali perak. Dengan tambahan medali ini, tim para bulutangkis Indonesia telah mengumpulkan total 13 emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Sementara itu, secara menyeluruh, Kontingen Indonesia pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja berhasil mencapai posisi juara umum, melebihi target 121 medali emas yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Hingga Jumat (9/6/2023) pukul 17:52 waktu setempat, kontingen Indonesia telah mengumpulkan 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. Dengan prestasi ini, Indonesia menjadi pemuncak perolehan medali pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Baca juga: ASEAN Para Games 2023 Kamboja: Sabet Juara Umum, Tim Para Bulu Tangkis Indonesia Tatap Paralimpiade Paris

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Catat Tanggalnya, EXO Bakal Comeback 10 Juli 2023

BERIKUTNYA

Kemendikbudristek Jamin Kawal Proses Pemindahan Mahasiswa dari 23 PTS yang Ditutup

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: