Ilustrasi anak yang mengalami batuk dan pilek. (Sumber gambar : Freepik)

Ini 8 Cara Mencegah Batuk & Pilek Pada Anak

08 June 2023   |   23:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penanganan Batuk & Pilek pada Anak


Batuk dan pilek dengan gejala ringan biasanya hanya membutuhkan terapi pengobatan yang bersifat meredakan gejala dan suportif saja. Cynthis menyarankan agar anak mendapatkan istirahat penuh di rumah saat mengalami batuk dan pilek agar tubuhnya dapat melawan virus maupun zat berbahaya lainnya dengan baik.

Sebaiknya anak tidak berinteraksi dengan orang yang sedang sakit untuk mencegah terjadinya perburukan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah bagi anak yang mengalami batuk dan pilek.
 

1. Cukupi cairan

Cairan yang cukup dapat mempercepat proses penyembuhan batuk pada anak. Dengan minum air yang cukup, saluran napas menjadi tidak kering dan lendir menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan
 

2. Berikan madu

Madu memiliki kandungan antibakteri sehingga mampu melawan infeksi penyebab batuk. Kata Chyntia, cukup berikan satu sendok makan saja untuk anak-anak dengan usia di atas 1 tahun
 

3. Berikan makanan dan minuman hangat

Konsumsi makanan dan minuman yang hangat dan berkuah dapat membantu melegakan gejala yang timbul. Sebaiknya jangan menyajikan gorengan ya, Bunda.


4. Istirahat cukup

Chyntia menegaskan, tidur yang cukup meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan mikroorganisme, terutama virus dan bakteri. Tidur juga mempercepat pemulihan dan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.
 

5. Posisi tidur yang nyaman

Berikanlah bantal ekstra di bagian kepala anak agar saluran udara menjadi lebih terbuka sehingga lendir dapat berkurang. Hindari posisi tidur telentang karena akan membuat lendir menumpuk di tenggorokan dan mengganggu pernapasan anak. “Atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin tetapi juga tidak terlalu pengap untuk memudahkan pernapasannya,” saran Cynthia.
 

6. Gunakan humidifier

Humidifier atau alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara mampu mencegah saluran udara menjadi kering.
 

7. Mandi dengan air hangat

Selain untuk menjaga kebersihan, mandi juga dapat membuat tubuh anak lebih nyaman sehingga tidurnya lebih lelap. Selain itu, menghirup uap air hangat juga dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat
 

8. Jangan langsung memberikan antibiotik 

Pemakaian antibiotik tanpa resep justru berisiko menyebabkan resistensi bakteri pada tubuh anak terhadap antibiotik tersebut. Segeralah bawa anak berkonsultasi dengan dokter spesialis anak jika kondisi batuk pileknya tidak kunjung membaik atau menunjukkan gejala yang semakin berat setelah 1--2 minggu.

Baca juga: Penyebab Anak Susah Makan dan Sering GTM, Begini Kiat-kiat Mengatasinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
1
2


SEBELUMNYA

3 Dokumentasi Terkait Indonesia Masuk dalam Memory of The World Register

BERIKUTNYA

Waduh, Pajanan Rokok Bisa Jadi Penyebab Anak stunting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: