Playground of Mataram (Sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Bawakan Teater Musikal Bertajuk Playground of Mataram 2023

08 June 2023   |   13:34 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setelah 3 tahun sempat ditunda karena pandemi, kini Sekolah Cikal menghadirkan Playground of Mataram dengan mengangkat tema kerajaan Mataram Kuno. Playground of Mataram merupakan pagelaran seni dan budaya yang diselenggarakan sekolah Cikal Indonesia. Ajang ini menjadi sarana bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas, potensi, dan bakat.

Acara tersebut telah diselenggarakan pada 2-3 Juni 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta untuk berbagai kampus Cikal di Jakarta dan Tangerang Selatan. Pada waktu yang bersamaan juga diselenggarakan untuk Sekolah Cikal Bandung di Bandung dan Sekolah Cikal Surabaya digelar di Surabaya.

Tari Sandjojo, Kepala Sekolah Cikal, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Playground of Mataram menjadi kegiatan yang bertujuan untuk mengabadikan seluruh momen perjalanan dan proses belajar anak-anak. Para murid menampilkan segala hal yang telah mereka pelajari tentang sejarah dan kebudayaan Jawa Tengah. 

"Di pagelaran ini, seluruh murid Cikal dari jenjang Prasekolah hingga SMA termasuk di dalamnya anak-anak berkebutuhan khusus menunjukkan segala kreativitas, kolaborasi, kepedulian, komitmen, dan kemampuan berpikir kritis mereka dalam penampilan teater musikal dan festival kebudayaan.” tutur Tari.

Selama dua hari, murid-murid Sekolah Cikal dari berbagai kampus, baik itu Sekolah Cikal Lebak Bulus, Sekolah Cikal Amri Setu, Sekolah Cikal Serpong, Sekolah Cikal Bandung, dan Sekolah Cikal Surabaya menampilkan penampilan yang luar biasa atas kisah Pandawa Lima, Kisah Punakawan, Sultan Mangkujagad dan Petualangan Timun Emas.
 

Sekolah Cikal Lebak Bulus (Sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Lebak Bulus (Sumber Foto: Sekolah Cikal)


Sekolah Cikal Lebak Bulus, Jakarta Selatan menampilkan dua buah pertunjukan teater musikal yang erat dengan budaya dan sejarah Jawa Tengah yakni kisah Sultan Mangkujagad dan juga kisah Pandawa Lima.

Murid-murid Sekolah Cikal Lebak Bulus dari jenjang Prasekolah hingga SMA termasuk di dalamnya anak-anak berkebutuhan khusus dari Pendidikan Inklusi Cikal berhasil menampilkan pertunjukan tersebut dengan luar biasa. Acara berlangsung pada 2 Juni 2023 dalam 3 sesi dimulai dari pukul 08.00-21.00 WIB.
 

Sekolah Cikal Serpong (Sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Serpong (Sumber Foto: Sekolah Cikal)


Sementara Sekolah Cikal Serpong, Tangerang Selatan dari jenjang PAUD-SMA termasuk murid dengan kebutuhan khusus menampilkan teater musikal kisah Pandawa Lima pada 3 Juni 2023 dari pukul 08.30-17.00 WIB di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Terlihat dari kursi penonton, para orang tua dan audiens yang hadir tampak antusias menyaksikan pagelaran pertunjukan The Adventure of Askara Lima. Penampilan murid-murid Sekolah Cikal Serpong pun meraih pujian dan bahkan standing ovation dari aktor kenamaan Indonesia Reza Rahardian yang juga hadir menyaksikan Playground of Mataram 2023.
 

Sekolah Cikal Amri Setu (sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Amri Setu (sumber Foto: Sekolah Cikal)


Adapun Sekolah Cikal Amri Setu Jakarta Timur menggelar pertunjukan Crita Askara yang juga memotret kisah petualangan Askara Lima. Pagelaran teater musikal Crita Askara dibawakan oleh murid-murid jenjang SD-SMA Cikal Amri Setu Jakarta Timur pada Pada 3 Juni 2023 dan turut disaksikan oleh para alumni Cikal serta masyarakat umum.
 

Sekolah Cikal Surabaya (Sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Surabaya (Sumber Foto: Sekolah Cikal)


Playground of Mataram juga digelar oleh Sekolah Cikal Surabaya, Surabaya Barat pada 3 Juni 2023 dari siang hari hingga malam hari dengan tema Baswara. Penampilan dibawakan oleh anak-anak jenjang PAUD hingga SMA dalam bentuk teater musikal, festival, serta penampilan wayang oleh murid berkebutuhan khusus.
 

Sekolah Cikal Bandung (sumber Foto: Sekolah Cikal)

Sekolah Cikal Bandung (sumber Foto: Sekolah Cikal)


Baca juga: Begini Strategi Para Artpreneur Tingkatkan Bisnis Seni Pertunjukan & Konser

Terakhir, Sekolah Cikal Bandung juga turut menggelar Playground of Mataram yang mengangkat cerita The Adventures of Timun Emas. Pagelaran ini dibawakan oleh murid-murid jenjang PAUD hingga TK Cikal Bandung yang berhasil menampilkan kisah Timun Mas dengan penuh semangat.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

3 Resep Kuliner Tradisional Indonesia yang Rasanya Autentik

BERIKUTNYA

8 Rekomendasi Film Keluarga di Netflix Juni 2023, Chris Hemsworth Siap Bertarung Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: