Laptop gaming Lenovo LOQ (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Spesifikasi & Harga Lenovo LOQ, Seri Baru Laptop Gaming Kelas Mid Range

07 June 2023   |   17:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dibalut dengan warna hitam yang gagah, laptop Lenovo LOQ resmi diperkenalkan di pasar Indonesia dalam acara Lenovo Innovate 23 di Jakarta, Rabu (7/6/2023). Lenovo LOQ merupakan seri terbaru yang makin memperlengkap seri laptop gaming dari perusahaan asal China itu.

LOQ bisa dibilang sebagai adik dari Legion, seri laptop dari Lenovo yang sudah lebih dahulu populer. Secara spesifikasi, LOQ masih di bawah Legion. Seri LOQ memang diperuntukan bagi mereka yang baru pertama kali ingin meraba dunia laptop gaming.

Dengan harga yang jauh lebih murah dari Legion, seri LOQ akan menjadi laptop gaming yang lebih terjangkau. Product Manager Gaming & Premium Lenovo Indonesia, Hendry Lim, mengatakan LOQ adalah versi mid-range dari Legion.

Menurut Hendry, saat ini bermain gim tidak hanya bisa dinikmati di PC gaming kelas atas. Melalui Lenovo LOQ, pihaknya ingin memberikan alternatif baru bagi para gamer untuk memulai langkah pertama dalam perjalanan gaming mereka. 

Baca juga: Intip Spesifikasi Jajaran Laptop Terbaru Lenovo, Yoga Book 9i sampai Yoga Pro 7i
 

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo Indonesia)

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo Indonesia)

Saat ini ada beberapa seri LOQ yang bisa dipilih, seperti Lenovo LOQ 15IRH8 yang berbasis Intel dan laptop Lenovo LOQ 15APH8 yang berbasis AMD. Terinspirasi dari jajaran gaming premium Lenovo Legion, lini Lenovo LOQ yang baru ini mencakup lebih dari sekadar fitur desain seperti lekukan I/O di bagian belakang laptop dan huruf O yang sama pada logo kedua merek tersebut.

"Kedua sub-merek ini saling melengkapi dalam melayani komunitas gaming secara lebih luas, termasuk gamer pemula yang baru memulai jalur gaming," jelas Hendry dalam Lenovo Innovate 23 di Jakarta, Rabu (7/6/2023)

Pengguna akan menikmati banyak pilihan dengan portofolio gaming Lenovo LOQ, baik dari segi prosesor (hingga CPU Intel Core Generasi ke-13 atau AMD Ryzen 7000 Series atau grafis (NVIDIA GeForce RTX 4060).

Laptop gaming ini sudah memiliki fitur sakelar MUX yang memungkinkan GPU terintegrasi untuk dilewati melalui NVIDIA Advanced Optimus selama sesi permainan berlangsung. dengan cara ini, kartu grafis NVIDIA dapat berinteraksi secara langsung dengan layar dan menghasilkan frame per detik yang lebih tinggi.

Laptop ini pun diklaim akan membuat gim berjalan lebih lancar dan terlihat lebih cepat. Namun, saat tidak bermain gim, fitur MUX Switch tersebut akan membantu laptop mengoptimalkan masa pakai baterai secara lebih baik.

Salah satu masalah pada laptop gaming adalah suhu panas. Namun, Lenovo LOQ sudah dilengkapi dengan sistem pendingin yang kuat lewat adanya empat pipa panas, kipas berkecepatan tinggi 85mm 12V ganda, dan saluran masuk dan keluar udara yang ekstra besar.

Lenovo LOQ 15APH8 menggunakan layar VRR hingga 15 inci 350 nit 16:9 WQHD 165Hz yang telah didukung oleh NVIDIA G-SYNC. Teknologi ini akan membawa pengalaman bermain gim yang lebih menghanyutkan. Sebab, gamer akan dimanjakan dengan warna-warna cerah, kontras yang tajam, dan kecepatan refresh yang cepat yang membuat setiap gerakan dan aksi terasa mulus.
 

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo Indonesia)

Lenovo LOQ (Sumber gambar: Lenovo Indonesia)

Chip Lenovo LA Ai juga sudah tertanam di laptop khusus gim ini. Teknologi tersebut sama dengan apa yang ditemukan di laptop Lenovo Legion. Ada pula Lebono AI Engine plus yang membantu laptop menyesuaikan watt dan kinerja termal secara dinamis serta mengoptimalkan frame rate dalam gim.

Lenovo LOQ tersedia dengan RAM DDR5 hingga 16GB 5600MHz dan mendukung penyimpanan 8GB hingga 512GB SSD. Tak perlu khawatir, laptop ini masih punya dua slot untuk RAM dan dua slot PCIe untuk RAM yang dapat diperluas penyimpanannya.

Laptop Lenovo LOQ 15 inci memiliki baterai 60Whr dengan ketahanan baterai hingga 6 jam dengan dukungan Super Rapid Charge. Semua laptop memiliki port USB-C yang mendukung pengisian daya 140W untuk menambah portabilitas saat bepergian.

Laptop Lenovo LOQ memiliki keyboard gaming khas Lenovo berukuran penuh dengan fitur numpad, key travel 1,5 mm, teknologi anti-ghosting 100 persen untuk aktuasi cepat dan kontrol presisi, serta lampu latar RGB 4 zona opsional. Laptop ini dijual dengan harga mulai dari Rp18.499.000 hingga Rp20.499.000. 

Baca juga: Spesifikasi Acer Nitro ANX, Laptop Berperforma Tinggi yang Cocok untuk Multitasking Berat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Profil Putri Ariani, Penyanyi Disabilitas yang Raih Golden Buzzer di America's Got Talent

BERIKUTNYA

57% Anak Muda Senang Beli Makanan di Luar, Ini Menu Favorit Mereka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: