Yura Yunita (Sumber gambar: Yura Yunita Official Instagram)

Siap Digelar di 2 Kota, Intip 4 Fakta Menarik Konser Tutur Batin Yura Yunita

07 June 2023   |   11:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah sukses merilis album Tutur Batin, penyanyi Yura Yunita kini siap menyuguhkan bentuk baru dari album tersebut dalam satu pertunjukan. Yura akan menggelar konser tunggal bertajuk Pertunjukan Tutur Batin pada 9 dan 16 Juni 2023 mendatang di dua kota yakni Surabaya dan Jakarta.

Konser Pertunjukan Tutur Batin pertama akan digelar di Jatim Expo, Surabaya, pada 9 Juni 2023, sementara pada 16 Juni 2023, konser tersebut akan dihelat di Tenis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca juga: Yura Yunita Gelar Konser Tutur Batin dalam Bentuk Anyar

Sebelumnya, Yura sendiri telah menyanyikan seluruh lagu di album Tutur Batin dalam bentuk konser virtual melalui kanal YouTube miliknya. Konser tersebut mengusung konsep dekat dengan alam. Namun, dalam konsernya kali ini, sang solois akan menyuguhkan sebuah pertunjukan yang liris sekaligus magis. Sebelum menonton konsernya, simak beberapa fakta menarik dari konser Pertunjukan Tutur Batin berikut ini.
 

1. Konser yang Hangat & Personal

Berbeda dengan penampilan-penampilan Yura sebelumnya di berbagai konser dan festival, dalam konser tunggalnya ini, dia akan menyuguhkan pertunjukan yang emosional dan koneksi yang mendalam, dengan musiknya yang personal, peka, dan mampu menyentuh relung hati pendengar, seakan pengalamannya adalah pengalaman mereka begitupun sebaliknya.

Yura mengatakan dalam konsernya nanti, dia ingin mengajak penonton untuk sama-sama saling mencurahkan isi batin. Meluapkan segala emosi, berdansa, menangis, lega dan berbahagia bersama. Penyanyi kelahiran Bandung ini berharap dia bisa saling menguatkan dengan penonton yang hadir di konsernya di tengah segala apapun masalah yang sedang dihadapi.

"Semoga konser ini bisa jadi pengingat, walau hari-hari terasa berat, kita akan terus berjalan, merawat, bertumbuh, terus berproses menjadi versi terbaik diri, dan bersama-sama merayakan ketidaksempurnaan kita semua di Pertunjukan Tutur Batin ini," katanya.
 

Ari Renaldi (kiri), Yura Yunita (tengah), dan Donne Maula (kanan)

Ari Renaldi (kiri), Yura Yunita (tengah), dan Donne Maula (kanan)-Sumber gambar: Merakit

2. Angkat Unsur Tradisional

Aransemen musik konser Pertunjukan Tutur Batin akan disiapkan oleh Ari Renaldi selaku direktur musik dan produser Yura. Diiringi grup vokal Insideout, Ari akan menginterpretasikan nyawa konser ini ke dalam bentuk tarian dan musisi-musisi tradisional. Selain itu, akan hadir juga koreografi dari DSoul Dance Company yang akan mencampur elemen tradisional dan modern, layaknya musik kontemporer Yura yang terasa tak lekang waktu.

Aspek tradisional ini juga akan muncul di segala sisi, mulai dari lagu berbahasa daerah yang akan dibawakan Yura hingga busananya di atas panggung nanti yang akan dirancang oleh desainer ternama asal Bandung, Ayung Berinda, yang identik menggunakan kain tradisional di setiap karyanya.

"Jadi perpaduan unsur budaya modern dan tradisional akan jadi sangat menarik untuk disaksikan nanti,” kata Donne Maula selaku Creative Director Pertunjukan Tutur Batin.
 

3. Suarakan Pesan Mendalam

Hal utama yang ingin Yura bawakan dari album Tutur Batin ke konser tunggal ini adalah imperfeksi di hidup dan diri tiap manusia. Yura mengungkapkan ingin menjadikan Pertunjukan Tutur Batin sebagai pengingat bahwa ketidaksempurnaan dapat menjadi hal yang baik bahkan indah.

Imperfeksi ini justru menjadi pesan terkuat Yura, dimana dia kerap menyuarakan bagaimana keberagaman wujud diri kita sebagai manusia adalah bentuk keindahan yang tidak perlu diseragamkan. Kesederhanaan inilah yang membuat Yura dekat dengan para pendengarnya.

“Aku juga ingin menggaungkan bahwa kita sebagai manusia dan perempuan tidak perlu sempurna, dan mari kita merayakan ketidaksempurnaan kita bersama,” ucap pelantun lagu Berawal Dari Tatap itu.

Baca juga: Refleksi Penerimaan Diri Yura Yunita Dicurahkan dalam Album Tutur Batin

Keindahan tersebut lah yang muncul di konser virtual ini sebelumnya, dengan pemandangan alam dan ragawi yang menjadi satu. Konsep ini pun akan kembali disajikan kepada penonton langsung kini di atas panggung.

Terlebih, perayaan ketidaksempurnaan ini akan lebih terasa dengan penayangan visual video-video kiriman para penggemar Yura yang menunjukkan imperfeksi mereka di media sosial. Dengan ini, pesan Yura akhirnya menjadi bentuk komunikasi dua arah antara dirinya dan pendengarnya.
 


4. Bawakan Lebih dari 20 Lagu

Dalam konsernya nanti, Yura akan membawakan sebanyak 20 lagu lebih dihadapan para penggemarnya. Meski tajuknya adalah perayaan dari album ketiga, sang solois akan tetap membawakan beberapa materi terdahulu yang menjadi hit andalannya.

Sebagai informasi, album Tutur Batin dirilis pada Oktober 2021 lalu. Sejak dirilis, lagu-lagu dalam album tersebut telah diputar di Spotify lebih dari 250 juta kali. Rilisan Yura ini pun bahkan memasuki tangga lagu berbagai negara seperti Malaysia dan Filipina.

Ada 11 lagu yang masuk dalam album tersebut yang bercerita mewakili kejujuran serta curahan hati Yura sebagai perempuan yang sering merasa insecure dengan stereotipe atau standar kecantikan yang dibuat oleh orang lain.

Tutur Batin menjadi karya yang spesial bagi Yura karena ketika menggarapnya, dirinya pun tengah berada dalam perjalanan untuk menerima & memaafkan trauma yang dialaminya di masa lalu. Pada akhirnya, keputusannya untuk membuka diri secara jujur dalam karya menjadi jalan baginya dalam melakukan penyembuhan batin.

Adapun, tiket konser Pertunjukan Tutur Batin bisa dibeli melalui situs Loket.com. Untuk konser di Surabaya, harga tiket dibanderol mulai dari Rp350.000 hingga Rp1,3 juta. Sementara untuk Jakarta berkisar antara Rp350.000 hingga Rp1,5 juta yang dijual dalam beberapa kategori tiket.

Baca juga: Yura Yunita Visualisasikan Makna Album Tutur Batin lewat Pertunjukan Virtual

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Asyik, Zerobaseone Siap Debut Juli 2023 Setelah Rilis Teaser Youth In The Shade

BERIKUTNYA

Resmi Dijual Hari Ini, Begini Cara Beli Tiket Indonesia vs Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: