Yura Yunita (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Yura Yunita Gelar Konser Tutur Batin dalam Bentuk Anyar

08 May 2023   |   13:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah sukses merilis album Tutur Batin, penyanyi Yura Yunita kini siap menyuguhkan bentuk baru dari album tersebut dalam satu pertunjukan. Yura akan menggelar konser tunggal bertajuk Pertunjukan Tutur Batin pada 9 dan 16 Juni 2023 mendatang di dua kota yakni Surabaya dan Jakarta.

Konser Pertunjukan Tutur Batin pertama akan digelar di Jatim Expo, Surabaya, pada 9 Juni 2023, sementara pada 16 Juni 2023, konser tersebut akan dihelat di Tenis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam konser ini, sang solois akan menyuguhkan sebuah pertunjukan yang liris sekaligus magis. Sebelumnya, Yura sendiri telah menyanyikan seluruh lagu di album Tutur Batin dalam bentuk konser virtual melalui kanal YouTube miliknya. Konser tersebut mengusung konsep dekat dengan alam.

Baca juga: Yura Yunita Visualisasikan Makna Album Tutur Batin lewat Pertunjukan Virtual

Yura mengatakan ragam wujud dari konsep kembali ke alam yang hadir di konser virtual tersebut nantinya akan disajikan kembali olehnya dalam interpretasi terbaru di Pertunjukan Tutur Batin. Hal ini, katanya, akan menjadi bentuk pengalaman lain dalam mendengarkan lagu-lagu di dalam album ketiga secara langsung.

Penyanyi kelahiran Bandung itu juga menambahkan di konser tunggalnya ini, dia ingin kita saling mencurahkan isi batinnya dengan para pendengarnya. Meluapkan segala emosi, berdansa, menangis, lega dan berbahagia bersama.

Lewat pertunjukan musiknya, Yura ingin mengajak para pendengarnya untuk tetap bisa mencintai dan menghargai diri sendiri di tengah apapun masalah yang sedang dihadapi, sama seperti yang selama ini dia gaungkan dalam lagu-lagunya di album Tutur Batin.

"Semoga konser ini bisa jadi pengingat, walau hari-hari terasa berat, kita akan terus berjalan, terus berproses menjadi versi terbaik diri, dan bersama-sama merayakan ketidaksempurnaan kita semua di Pertunjukan Tutur Batin ini," ucap pelantun lagu Dunia Tipu-Tipu itu.
 


Sebanyak 20 lagu lebih akan Yura bawakan di Pertunjukan Tutur Batin. Meski konser ini merupakan perayaan dari album ketiganya, Yura memastikan akan tetap membawakan beberapa karya-karyanya terdahulu yang siap disajikan dengan spesial. Selain itu, dia juga turut menggaet Ari Renaldi sebagai direktur musik untuk Pertunjukan Tutur Batin.

Adapun, tiket konser Pertunjukan Tutur Batin bisa dibeli mulai hari ini, Senin (8/5/2023), pukul 20.00 WIB di Loket.com. Untuk konser di Surabaya, harga tiket dibanderol mulai dari Rp350.000 hingga Rp1,3 juta. Sementara untuk Jakarta berkisar antara Rp350.000 hingga Rp1,5 juta yang dijual dalam beberapa kategori tiket.

“Aku juga ingin menggaungkan bahwa kita sebagai manusia dan perempuan enggak perlu sempurna, tak perlu sempurna, dan mari kita merayakan ketidaksempurnaan kita bersama," imbuh Yura.

Sebagai informasi, album Tutur Batin dirilis pada Oktober 2021 lalu. Sejak dirilis, lagu-lagu dalam album tersebut telah diputar di Spotify lebih dari 236 juta kali.

Ada sebelas lagu yang masuk dalam album tersebut yang bercerita mewakili kejujuran serta curahan hati Yura sebagai perempuan yang sering merasa insecure dengan stereotip atau standar kecantikan yang dibuat oleh orang lain.

Tutur Batin menjadi karya yang spesial bagi Yura karena ketika menggarapnya, dirinya pun tengah berada dalam perjalanan untuk menerima & memaafkan trauma yang dialaminya di masa lalu. Pada akhirnya, keputusannya untuk membuka diri secara jujur dalam karya menjadi jalan baginya dalam melakukan penyembuhan batin. 

Baca juga: Refleksi Penerimaan Diri Yura Yunita Dicurahkan dalam Album Tutur Batin

Bila diibaratkan dengan lima tahapan dalam memproses kesedihan yang terdiri dari penolakan (denial), kemarahan (anger), tawar-menawar (bargaining), depresi (depression), dan penerimaan (acceptance), Tutur Batin adalah karya yang lahir ketika Yura ingin mencapai pada tahap penerimaan diri. 

“Ternyata proses menerima diri sendiri itu lebih ringan saat aku merayakan ketidaksempurnaanku. Dari situ aku  belajar, sejauh mana kau mencari, sampai ke ujung dunia pun, kalau hatimu masih tetap kosong, artinya yang kau cari adalah dirimu. Karena Jiwa yang terbaik ternyata sudah ada di dalam dirimu sendiri,” kata Yura. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Fristian Hadinata Berbagi Tip Meraih Gelar Doktor pada Usia Muda

BERIKUTNYA

Samsung Galaxy A24 Dirilis, Spek Lebih Oke Harga Rp3 Jutaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: