Media sosial TikTok (Sumber: Pixabay)

Teuku Daffa sampai dr Pras, Cerita Seru Para Kreator Lokal Berbagi Inspirasi Lewat Tiktok

07 June 2023   |   15:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Inspirasi bisa datang dari mana saja ya Genhype, termasuk dari berbagai konten yang diunggah oleh para kreator melalui media sosial miliknya. Nah, salah satu platform sosial yang cukup banyak digunakan saat ini untuk saling terhubung, mengekspresikan diri, memberi inspirasi, menciptakan tren, belajar, dan menghibur adalah TikTok.

Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations TikTok Indonesia mengatakan tidak jarang, sejumlah konten yang diunggah oleh para kreator tersebut dapat memberikan dampak positif bagi komunitas dan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang sosial dan ekonomi.

“Berkat kreativitas tanpa batas dan partisipasi aktif dari para kreator, semua orang bisa merasakan manfaat langsung dari konten unggahan mereka. Bersama para kreator, TikTok berharap untuk terus menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers. 

Baca juga: Mau Buat Konten Menarik di TikTok? Ikuti Saran dari Kreator Ini

Untuk lebih lengkapnya, berikut kisah sejumlah konten kreator TikTok yang aktif membagikan inspirasi bagi masyarakat luas.


1. Teuku Daffa 

@daffaspeaks Emang bisa ngerjain banyak kegiatan dalam 1 hari???! Bisa dong! Coba tonton tips aku ini!????? #selfdevelopment #success ? Playdate Slow Trap (Remix) - HRSDN

Teuku Daffa, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Daffa, merupakan seorang kreator muda yang rajin berbagi tip praktis seputar public speaking di TikTok. Melalui akun pribadinya, @daffaspeaks, Daffa ingin membantu masyarakat melawan rasa takut yang ada ketika harus berbicara di depan umum dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Pemegang sertifikat Public Speaker dari BNSP RI ini aktif membagikan skill yang dimilikinya sejak pandemi di TikTok.
Sebagai seorang yang dulunya pemalu, Daffa merasa bahwa public speaking merupakan sebuah skill dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang.

Dia juga berpendapat bahwa kemampuan public speaking seseorang perlu dipupuk sedari dini agar semua orang, khususnya generasi muda, tidak hanya pintar dari segi kompetensi, tapi juga merasa percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya. 

Selain berbagi teori dasar seputar berbicara di depan umum melalui video singkat, Daffa juga membuat tantangan reguler yang ia namakan 'PubSpeak challenge'. Melalui fitur 'Duet' di TikTok, Daffa mengajak komunitas TikTok untuk melakukan praktik langsung setelah mempelajari kiat dan teori public speaking yang ia bagikan.

Berkat usaha Daffa, kini banyak anak muda Indonesia yang mampu mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum. Beberapa dari followers Daffa juga merasa semakin percaya diri saat berbicara di depan umum, bahkan mendapat pujian dari sang dosen! Konten edukasi milik Daffa ini berhasil memikat hati para komunitas di TikTok, mendapatkan lebih dari 523 ribu followers dengan 5,9 juta likes. 
 

2. Dini Nurul Islami 

@dininrli Tws Gaming Ecle G2 tampilan keren suara mega bass sudah tahan air dari ecle kualitas terbagus cuman 100rbuan dari @ECLE Indonesia #twsecleg2 #ecleg2 #headsetecle #ecletws #headsetgamingecle #airpodspro #airpodspro4 #headsetpro4 #earphonepr4 #eclemiracle #womenelectronicfest #tiktokwef #eclestore #belanjaditiktok #elivesditiktok #novemberelives #headphonelucu #earphonelucu #tws #headsetbluetooth #twsbluetooth #twslucu #twsgaming #headsetlucu #headsetviral #beliditiktokaja #affilatepartner #airpods #twsdigital #eraphone #headsetviral #headsetbluetoothmurah #headsetbluetoothviral #headsetbluetoothtws #twsgaming #headsetlucu #headsetmurah #headsetmurahtiktok #ipods #elektronik #aksesorishp #aksesoris #produkviral #barangunik #barangmanfaat #beliditiktok #viral #fyp #viralditiktok???? #masukfyp #masukberanda #kekinian #terbaru #headsetwaterproof #headsetgamer #headsetbass #headsetfullbass #headsetbagus #headsetbagusmurah ? Very cute melody by marimba tone(39813) - Mitsu Sound

Dini Nurul Islami atau yang biasa disapa Dini merupakan seorang kreator affiliate di TikTok. Setelah mendapat restu dari sang suami, Dini pertama kali mengawali perjalanannya sebagai kreator pada tahun 2021.

Melalui akunnya, @dininrli, Dini mulai menggunggah konten dan mengadakan sesi live streaming untuk menawarkan kue kering jualannya. Namun, perjalanan Dini tidak mulus karena video unggahan maupun sesi siaran langsung yang dia adakan tidak berhasil menarik perhatian komunitas TikTok.

Tidak patah semangat, Dini terus konsisten mengunggah konten yang lebih kreatif dan interaktif. Kerja keras Dini pun berbuah manis hingga membuatnya kewalahan menangani banyaknya pesanan yang masuk setiap harinya. 

Melalui interaksi sehari-hari dengan para pengikutnya yang mayoritas berasal dari kategori ibu, Dini menyadari ada banyak ibu di luar sana yang mengalami kesulitan dalam memahami produk teknologi. Dini pun mulai merambah kategori teknologi dan bergabung dalam program affiliate di TikTok Shop untuk mengulas dan berjualan produk teknologi, khususnya yang dapat membantu kegiatan para ibu di rumah. 

Berkat jerih payahnya, Dini berhasil menjadi salah satu kreator affiliate teratas untuk kategori produk teknologi di TikTok Shop. Selain membantu masyarakat Indonesia menemukan produk teknologi dengan harga terbaik, dia juga tidak segan untuk berbagi kisah suksesnya kepada para kreator affiliate melalui ajang seperti TikTok Shop Electronics Bootcamp. 

Sebagai seorang kreator teknologi, Dini terus membuktikan bahwa seorang perempuan juga bisa menyampaikan penjelasan dan ulasan produk teknologi, yang biasanya identik dengan kreator pria. Berkat penjelasan yang mudah dipahami, video dan sesi livestream-nya berhasil membantu komunitas TikTok menemukan produk teknologi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dini juga membuktikan bahwa profesi kreator affiliate tidak bisa dipandang sebelah mata karena berkat pekerjaannya ini, Dini bisa membantu perekonomian keluarga, membeli mobil, hingga mengirim kedua orang tuanya untuk menjalankan ibadah haji. 
 

3. dr. Pras 

@this.is.pras menjelang hpl, lakukan latihan ini ya #fyp #drpras #hamil ? Cintanya Aku . by TiaraArsy . - Tishad
Sebagai seorang praktisi medis yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, dr. Pras menyadari pentingnya peranan dokter untuk melawan disinformasi dan misinformasi seputar kesehatan umum. Melihat banyaknya informasi keliru seputar Covid-19 yang berseliweran di platform digital 3 tahun lalu, dia merasa mengemban tanggung jawab untuk meluruskan informasi yang ada.

Melihat adanya peluang untuk melakukan interaksi dua arah di TikTok LIVE, melalui akun TikTok-nya @this.is.pras, dr. Pras membahas informasi dan fakta terkini mengenai Covid-19. Berkat respons positif yang diberikan komunitas TikTok, dr. Pras pun mulai konsisten melakukan livestreaming hingga saat ini. 

Setelah pandemi corona berakhir, dr. Pras terus berbagi ilmu dan informasi seputar masalah kesehatan secara real-time di TikTok. Selama sesi live berlangsung, dr. Pras juga membuka konsultasi gratis, di mana para audiens dapat bertanya tentang masalah kesehatan, penyakit, bahkan keluhan yang dirasakan oleh penonton.

Pras juga aktif membuat video singkat untuk menyampaikan informasi yang relevan dan praktis seputar kesehatan. Misalnya, tip untuk mengatasi kaki kram pada saat tidur.

Apabila sebelumnya masyarakat dan komunitas TikTok merasa kesulitan dalam mencari sumber informasi yang dapat dipercaya mengenai kesehatan umum, berkat upaya dr. Pras, banyak orang dapat mengakses informasi seputar kesehatan dengan mudah dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Baca juga: 7 Ciri Khas Teknik Sinematografi ala Sutradara Wes Anderson yang Viral di TikTok

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Penjualan Tiket Dibuka Lagi, Cek Daftar Lineup Fase 1 Joyland Festival Jakarta 2023

BERIKUTNYA

Yuri Girls' Generation Umumkan Agenda Fan Meeting Tour Chapter 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: