Lionel Messi. (Sumber foto: Instagram/leomessi)

Jadi Daya Tarik FIFA Matchday, Intip Profil Lionel Messi

05 June 2023   |   21:49 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Lionel Messi adalah pemain sepak bola dari tim nasional Argentina yang menjadi daya tarik dalam pertandingan FIFA Matchday saat Tim Tango bertandang ke Jakarta, Indonesia, Senin (19/6/2023), nanti. Kemampuannya dalam mengolah bola membuat sang bintang begitu disukai oleh banyak pencinta olahraga ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, pemilik nama lengkap Lionel Andres Messi itu mengawali karier sebagai pemain sepak bola sejak usia dini melalui klub Grandoli FC dari 1992 sampai 1995. Dari Grandoli, pria kelahiran 1987 itu berpindah ke Newell's Old Boys dan bermain pada 1995-2000.

Baca juga: Cek Profil Timnas Indonesia yang Siap Menjamu Argentina dalam Laga FIFA Matchday

Sebagian besar kehidupan sepak bola sang bintang dihabiskannya di FC Barcelona. Messi pindah ke Barcelona, Spanyol dari tempat tinggalnya pada 2000 atau saat usianya masih 13 tahun.

Dia memulai kariernya setelah bergabung dengan tim FC Barcelona muda atau under 14. Penampilan gemilangnya membuat sang bintang melakukan debut secara tidak resmi ketika berusia 16 tahun dalam laga persahabatan melawan FC Porto yang berada di bawah asuhan Jose Mourinho.

Tiga tahun berselang, Messi bergabung dengan Barcelona C. Satu tahun kemudian pindah ke Barcelona B. Pada 2004 atau ketika berusia 17 tahun, dia memulai debutnya di tim inti FC Barcelona.

Messi menjadi pemain dan pencetak gol termuda di La Liga Spanyol pada musim 2004 – 2005. Tinggi badan yang tidak seperti pemain Eropa pada umumnya tidak alasan ketika berhadapan dengan pemain lainnya di lapangan hijau.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Leo Messi (@leomessi)


Kemampuannya menggocek bola dan lawan membuat banyak orang terkagum-kagum pada saat itu. Berpasangan dengan legenda asal Brasil, yakni Ronaldinho, Messi dengan kemampuan yang dimilikinya terus berkembang dan menjadi bintang.

Duet keduanya di atas lapangan menjadi momok bagi para pemain belakang lawan dan juga penjaga gawang. Kecemerlangan Messi membuat FC Barcelona berhasil meraih sejumlah piala. Salah satunya adalah Piala Champions.

Messi melewatkan waktu 17 tahun di FC Barcelona, hingga akhirnya pesepak bola yang juga sering disebut dengan nama panggilan La Pulga ini memutuskan untuk pindah ke Liga Prancis dan bergabung dengan PSG pada musim 2021 – 2022. Bersama PSG, dia membantu klub tersebut meraih juara Liga Prancis dan Piala Super Prancis.

Tidak hanya itu, pria yang kini dikabarkan mendapatkan tawaran dari klub Al-HIlal juga membawa pulang sejumlah penghargaan pribadi. Sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepak bola, Messi tercatat telah meraih tujuh Ballon d’Or, penghargaan Best FIFA Men’s Player, dan pengakuan tertinggi lainnya.

Tidak hanya itu, dia juga membantu tim nasional Argentina meraih sejumlah piala seperti Piala Dunia U-20, Olimpiade, Finalissima, Copa America, dan Piala Dunia.

Kini, Messi tidak lagi muda. Usianya telah menginjak 35 tahun. Meski demikian, kemampuannya dalam menggiring bola dan melesatkannya ke dalam gawang masih diperhitungkan oleh lawan-lawannya. Kehadirannya di atas lapangan Gelora Bung Karno ditunggu-tunggu oleh para pencinta sepak bola di dalam negeri.

Pemain yang kerap dikaitkan sebagai saingan Cristiano Ronaldo dari Portugal itu diyakini mampu memberikan penampilan yang akan membuat para penonton FIFA Matchday pada 19 Juni 2023 nanti terkagum.

Baca juga: Resmi, Lionel Messi Dipastikan Ikut Laga Argentina vs Indonesia di GBK Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Keuntungan Motor Listrik, Cek Dulu Yuk Sebelum Beli

BERIKUTNYA

Begini Cara Jitu Mengatasi Nyeri Punggung dan Pinggang yang Jadi Keluhan Anak Kantoran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: