Lionel Messi. (Sumber gambar: afaseleccion)

Profil & Rekam Jejak Lionel Messi, Bintang Barca yang Pindah ke Inter Miami

08 June 2023   |   12:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Nama Lionel Messi sedang menjadi perbincangan hangat netizen usai bintang sepak bola itu memilih untuk meneruskan karier di Klub Inter Miami. Ya, alih-alih memilih merapat ke Al-Hilal atau Barcelona yang membesarkan namanya, La Pulga justru ingin keluar dari hiruk pikuk sepak bola Eropa.

Bukan tanpa alasan Messi memilih merumput di Inter Miami. Pasalnya mantan penyerang Blaugranes  itu ingin menikmati hidup bersama keluarga dan keluar dari sorotan publik sepak bola Eropa. Selain itu, dia tak ingin pemain di klub di Barcelona dikorbankan dengan kehadirannya saat dia kembali ke Camp Nou.

Baca juga: Resmi, Lionel Messi Dipastikan Ikut Laga Argentina vs Indonesia di GBK Jakarta

Tak hanya itu, tawaran dari tawaran dari klub Liga Arab Saudi, Al Hilal tak digubris oleh sang bintang. Laman Forbes menyebutkan, Al Hilal pada Mei lalu  sebenarnya telah meningkatkan tawaran gaji untuk Messi menjadi US$500 juta atau sekitar Rp7,4 triliun per tahun, tapi Messi telah tegak lurus dengan hatinya.

"Saya berada dalam momen di mana ingin sedikit keluar dari fokus dan memikirkan lebih banyak tentang keluarga. Saya menghabiskan dua tahun di tingkat keluarga yang sangat buruk sehingga sangat tidak menikmatinya," papar Messi dalam wawancara dengan media olahraga Barcelona Mundo Deportivo dan Sport.

Keputusan Messi untuk melanjutkan kariernya di benua Amerika bersama tim Major League Soccer (MLS) tentu bukanlah hal yang mudah. Sebab, dia dan keluarganya sebelumnya sempat berencana kembali ke Barcelona, tapi La Pulga akhirnya memilih berlabuh di klub yang dimiliki oleh David Beckham itu yang saat ini tengah siap berlaga di Copa America.


Kiprah Messi

Dirangkum dari berbagai sumber, Lionel Andres Messi mengawali karier sebagai pemain sepak bola sejak usia dini dalam sebuah klub bernama Grandoli FC dari 1992 sampai 1995. Setelahnya, pria kelahiran 1987 itu sempat berpindah ke Newell's Old Boys dan bermain membela klub tersebut pada 1995-2000.

Dari sinilah kemudian kariernya melejit hingga dia pindah ke FC Barcelona saat berusia 13 tahun dan menjadi salah satu pemain termuda di klub tersebut. Karena kepiawaiannya menggocek bola, sang bintang pun secara tidak resmi melakukan debut dalam laga persahabatan melawan FC Porto pada 2003.

Barulah satu tahun kemudian dia menjadi tim inti FC Barcelona saat berusia 17 tahun.  Kiprahnya pun semakin moncer saat berhasil menjadi pencetak gol termuda di La Liga Spanyol pada musim 2004–2005. Bahkan, dengan tinggi badan yang tidak seperti pemain Eropa pada umumnya tidak menjadikannya minder di atas lapangan.

Messi melewatkan waktu 17 tahun di FC Barcelona atau sama dengan usianya saat menjadi pemain inti klub tersebut. Salah satu aksi terbaiknya adalah saat berpasangan dengan legenda asal Brasil, yakni Ronaldinho, dengan kemampuan yang dimilikinya pun terus dikenal sebagai salah satu mega bintang saat merumput di lapangan hijau.

Akhirnya, pada 2021 Messi memutuskan untuk pindah ke Liga Prancis dan bergabung dengan Paris Saint Germain (PSG). Bersama klub ini dia pun berhasil meraih juara Liga Prancis dan Piala Super Prancis. Bahkan sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepak bola, Messi juga tercatat meraih tujuh Ballon d’Or, dan penghargaan Best FIFA Men’s Player. 


Titik Baru Karier di Luar Eropa

Keputusan Messi untuk membela Inter Miami tak ayal membuat dirinya memulai karier baru sebagai pemain sepak bola yang kini akan berlaga di luar Eropa. Bergabungnya The Goat ini ke klub yang baru berdiri pada 2018 itu pun dipastikan akan membuat Inter Miami semakin moncer di Copa America.

Ya, klub yang baru memulai musim perdananya pada 2020 itu memang semakin banyak dilirik pemain sepak bola dunia. Beberapa di antaranya adalah Joseph Martinez, Leonardo Campana, Robbie Robinson, Jake La Cava, Nicolas Stefanelli, dan masih banyak lagi yang akan ikut bermain di lini depan bersama Messi.

Klub asuhan Javier Morales ini kendati tergolong baru, tapi digadang bakal menjadi salah satu klub terbesar di Amerika. Adapun, klub ini didirikan oleh mantan bintang Manchester United (MU)
dan Real Madrid David Beckham serta Jorge Mas dan Jose Mas, dua orang triliuner asal AS sekaligus pemilik perusahaan konstruksi MasTec.

Dikutip dari BBC, kesepakatan antara Messi dan Miami juga mencakup kolaborasi dari merek-merek seperti Adidas dan Apple. Kemantapan hati sang mega bintang untuk memulai awal baru di luar Eropa pun sudah diwujudkan dengan menyewa sebuah rumah di daerah Miami sebagai tempat tinggalnya selama beberapa musim saat berlaga dan mewakili klub tersebut.


Editor: Indyah Sutrningrum
 

SEBELUMNYA

Cegah Diabetes, Begini Cara Kurangi Konsumsi Gula Harian

BERIKUTNYA

Raup Cuan dari Rumah, Intip Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Ini Jadi Afiliator

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: