Perawatan gigi ( Sumber gambar : unsplash/Mufid Majnun )

9 Bahan Dapur Ini Dipercaya Dapat Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

06 June 2023   |   08:58 WIB

Sakit gigi seringkali menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman dan memerlukan bantuan dokter spesialis untuk menyembuhkannya. Namun, dalam keadaan darurat dan belum sempat ke dokter karena berbagai alasan teknis, ada beberapa cara alami untuk mengurangi dan meredakan sementara rasa sakit agar tidak mengganggu kenyamanan tubuh saat menjalani rutinitas.

Banyak sekali berbagai bahan alami yang dapat dipakai untuk membantu meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Sebagian besar bahan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di dapur, yang khasiatnya dipercaya dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sakit gigi. 
 
Baca juga: Begini Cara Meredam Sakit Gigi dengan Teknik Pemijatan Akupresur, Cek Nih!

Berikut ini bahan alami untuk meredakan nyeri pada gigi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lemon 
Lemon merupakan buah yang kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan menggunakan air perasan lemon dioleskan pada bagian gigi yang terasa sakit. Bisa juga dicampurkan perasan buah ini dengan sedikit air, lalu menggunakan kapas untuk dioleskan sambil sedikit ditekan-tekan pada bagian gigi yang sakit.

2. Air Garam
Berkumur dengan air garam bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi karena garam mengandung antibakteri dan juga antiperadangan alami. Dengan berkumur air garam, membuat rongga mulut terbebas dari bakteri dan juga peradangan pun berkurang.

Caranya pun mudah, tuangkan air putih hangat ke dalam gelas dan larutkan garam setengah sendok teh. Lalu kumur-kumur dengan air garam tersebut, dan arahkan pada bagian gigi yang sakit selama beberapa saat lalu muntahkan. Ulangi beberapa kali sampai air garam dalam gelas habis. 

3. Daun Jambu 
Daun jambu biji dapat meredakan rasa nyeri pada gigi akibat infeksi bakteri. Daun jambu biji mangandung flavononid yang memiliki antibakteri. Caranya, bersihkan daun jambu yang masih segar dengan air bersih, lalu kunyah langsung daun jambu tersebut, yang diarahkan pada bagian gigi yang terasa nyeri. Lakukan beberapa saat hingga daun di mulit benar-benar hancur, lalu keluarkan dan berkumur dengan air bersih.

4. Cuka Apel
Cuka apel mengandung antimikroba dan antibakteri untuk meredakan sakit pada gigi. Caranya dengan berkumur cuka apel selama 30 detik.

5. Minyak Cengkih
Minyak cengkih mengandung eugenol yang dapat meredakan iritasi pada saraf gigi dan membantu mengempeskan gusi yang bengkak. Caranya teteskan minyak cengkih ke kapas, lalu oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit. 

6. Es Batu
Rasa dingin memang dapat membuat gigi ngilu terutama jika mengalami gigi sensitif. Tapi, pada sakit gigi, es batu kerap kali dipakai untuk meredakan nyeri. Caranya pun mudah, cukup dengan mengompreskan es batu pada gigi dan gusi yang sakit.
 
7. Bawang Putih
Bahan dapur ini memang sudah lama digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Bawang putih ini memiliki kandungan allicin, yang bersifat antibakteri sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi yang terinfeksi bakteri. Caranya hancurkan satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu campurkan dengan sedikit garam dan oleskan pada bagian gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat hingga bereaksi, lalu bersihkan dan berkumur dengan air.

8. Thyme
Thyme ini memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antioksidan sehingga dapat meredakan nyeri pada gigi yang sakit. Cara menggunakannya yaitu meneteskan sedikit minyak thyme ke dalam air, kemudian oleskan pada kapas lalu tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit

9. Lidah Buaya
Lidah budaya memiliki kandungan inti-inflamasi dan antibakteri yang menjaga kesehatan pada gigi. Caranya yaitu berkumur menggunakan jus lidah buaya setiap hari bisa membantu meredakan sakit pada gigi. Setelah itu bilas mulut dengan air yang bersih.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Pamungkas Merilis Album Audio Live Konser Tur Birdy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: