Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi wisata alam di sekitar Jabodetabek (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Mujiyono SPt)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Wisata Alam di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

05 June 2023   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

3. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (Sumber: Kebun Raya)

Kebun Raya Bogor (Sumber: Kebun Raya)

Wisata alam lainnya yang ada di sekitar Jabodetabek untuk merayakan World Environment Day adalah Kebun Raya Bogor. Tempat ini pada awalnya adalah kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di HIndia Belanda.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi awal perkembangan ilmu pengetahuan dan wadah bagi ilmuwan, terutama di bidang botani. Di Kebun Raya Bogor terdapat tempat menarik yang dapat menjadi destinasi wisata seperti Taman Anggrek Hitam.
 

4. Leuwi Liyet

Leuwi Liyet (Sumber: Bogorkab.go.id)

Leuwi Liyet (Sumber: Bogorkab.go.id)

Destinasi wisata alam lainnya yang dapat dikunjungi guna merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Luwi Liyet, yang merupakan hamparan air mengalir dengan warna hijau toska yang jernih dan diapit tebing di sisi kanan dan kirinya.

Pepohonan yang tumbuh di setiap sisinya menambah suasana alami ketika menikmati wisata alam yang mirip dengan Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat, itu. Lokasi destinasi wisata ini di atas Leuwi Hejo dan Curug Barong.

Bagi kamu pencinta adventure, perjalanan ke Leuwi Liyet akan memberikan sensasi tersendiri lantaran medannya yang menanjak, tekstur tanah berwarna cokelat berpasir, dan licin. 
 

5. Gunung Bunder

Gunung Bunder (Sumber: Bogorkab.go.id)

Gunung Bunder (Sumber: Bogorkab.go.id)

Destinasi wisata alam lainya yang berada di daerah Jabodetabek adalah Gunung Bunder, yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salah. Di tempat ini, genhype akan menemukan sejumlah air terjun, dan hutan hujan tropis berupa deretan pohon pinus.

Contoh air terjun itu antara lain Curug Ngumpet, Curug Cihurang, Seribu, Gebluk, Pangeran, dan Cigamea. Di antara curug yang ada, Cigamea mememiliki pemandangan indah dan rute perjalanan yang cenderung tidak berat.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat bumi perkemahan dan pendakian Kawah Ratu. Suasana alam yang masih asri dan udara yang segar dijamin akan membuat kalian betah di tempat ini dan menyadari betapa penting alam yang terjaga dengan baik bagi kehidupan makhluk hidup. 

Baca juga: 7 Lokasi Wisata Alam Thailand, Bisa Santai sampai Menantang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

5 Film yang Pas Ditonton untuk Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BERIKUTNYA

9 Bahan Dapur Ini Dipercaya Dapat Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: