Pallubasa, makanan khas Bugis. (Sumber gambar : Pallubasa Karebosi/Instagram)

9 Kuliner Khas Suku Bugis yang Segar dan Lezat

05 June 2023   |   09:17 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki ragam suku dari Sabang hingga Merauke. Tak ayal, negeri ini memiliki banyak budaya, termasuk kuliner khas pada setiap daerahnya. Salah satu tradisi boga yang menarik untuk dijelajahi dan dicicipi adalah kuliner khas Suku Bugis di Sulawesi Selatan. 

Kelompok etnis terbesar selain Suku Makassar di Sulsel itu memiliki ragam kuliner menarik dan lezat loh. Sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Luwu, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Sinjai, Barru, hingga Kota Makassar. 

Baca juga: 6 Kota di Indonesia dengan Kuliner Lokal Terbaik

Kuliner khas Bugis identik dengan kuah dan daging bakar. Ada pula kudapan yang menyegarkan tetapi juga mengenyangkan. Buat kamu yang penasaran, berikut ragam kuliner khas Suku Bugis yang patut dicoba. 


1. Pallubasa

Makanan khas tradisional Suku Bugis ini terbuat dari jeroan alias isi dalam perut sapi yang direbus dalam waktu lama. Ada beberapa rumah makan yang menyajikan jeroan kerbau. 

Tergolong sup, pallubasa memiliki tampilan berkuah santan seperti semur. Selain jeroan, ada daging yang dipotong dau di dalamnya. Biasanya masakan ini disajikan di dalam mangkuk. Sebagai pelengkap, hidangan ini ditambahkan kelapa kering yang digoreng dan disantap bersama buras, sejenis lontong bersantan.


2. Coto Makassar

Pastinya kamu tahu dong kuliner yang satu ini. Dikenal juga dengan nama coto mangkasara, ini adalah makanan asli dari Suku Bugis Makasar.

Seperti pallubasa, coto makassar memiliki tampilan berkuah yang juga berisi jeroan dan daging. Namun, sebelum dicampur ke dalam coto, jeroan dan daging sapi diberi bumbu yang diracik khusus menggunakan ragam rempah tradisional khas Bugis. 

Kuahnya pun tidak terlalu kental seperti pallubasa. Coto Makassar biasa disajikan dengan buras atau nasi, sesuai selera. 


3. Sop Saudara

Hidangan berkuah ini berisi irisan daging sapi, bihun atau mie, paru, perkedel kentang, dengan pelengkap telur rebus, kerupuk, kacang, dan paru goreng. Sop Saudara biasanya dikonsumsi bersama nasi putih dan bolu bandeng bakar.
1
2


SEBELUMNYA

Johnny NCT Jadi DJ di Colosseum Club Jakarta, Catat Tanggal Mainnya!

BERIKUTNYA

Pensiun, Zlatan Ibrahimovic Ucap Selamat Tinggal Sepak Bola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: