Penampilan Vina Panduwinata di panggung BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Nostalgia Bareng Deddy Dhukun hingga Vina Panduwinata di Malam Terakhir Java Jazz 2023

05 June 2023   |   00:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Malam terakhir gelaran BNI Java Jazz Festival 2023 berlangsung kian semarak dan hangat. Hal itu terlihat dari antusiasme pengunjung yang memadati panggung Teh Botol Sosro Hall untuk menikmati musisi legendaris Indonesia pada Minggu, (4/6/23) tengah malam. 

Ya, pada penghujung festival tahunan ini, memang ada penampilan spesial dari musisi-musisi gaek Tanah Air, seperti Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Fariz RM, dan Vina Panduwinata yang membawa kenangan nostalgia bagi para penonton. 

Baca juga: Hadirkan Karya Baru, Sisitipsi Guncang Panggung Stage Bus BNI Java Jazz Festival 2023

 

Deddy Dhukun di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Deddy Dhukun di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

 

Mus Mujiono di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Mus Mujiono di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Tampil mengawali aksi di panggung tersebut, suara merdu Deddy Dhukun pun menyihir penonton pada pukul 21.30 WIB. Deddy tampak necis dengan setelan jas hitam saat membawakan tembang lawas Masih Ada dan Aku Ini Punya Siapa, yang sontak membuat penonton sing along dan berajojing kecil di atas bangku.

Setelahnya, penyanyi gaek ini pun sempat bergurau pada penonton. Dia mengaku sempat gering dan dirawat di rumah sakit. Namun nyatanya semua itu hanyalah kebohongan belaka yang sontak membuat penonton menebak ke arah mana lagu akan dimainkan. Ya, tembang lawas bertajuk Bohong yang dimainkan dengan alunan yang menghentak.

Kemeriahan tak berlangsung lama sebab bintang lain, yakni Mus Mujiono langsung muncul di atas panggung yang turut meramaikan suasana lewat tembang bertajuk Keraguan. Musisi serba bisa yang dijuluki George Benson Indonesia itu pun tampil dengan gitar klasik Fender yang dipetik dengan trengginas oleh jari tangannya.  

Tak tanggung-tanggung Nono, sapaan karib musisi ini, juga sempat menggocek penonton saat memainkan melodi gitar. "Hayo bisa tebak lagu saya ini," katanya sambil memainkan sebuah melodi. Namun, di tengah permainan dia sempat berhenti beberapa kejap mata. "Nunggu ya?" Ucap sang musisi yang seketika disambut gelak tawa penonton.

Lalu mengalirlah lagu Arti Kehidupan yang akhirnya disambut dengan nyanyi bareng penonton. Tak hanya itu, dalam lagu ini, Mus Mujiono juga dengan lincah menyelipkan improvisasi nada-nada minor yang membawa nostalgia penonton pada masa-masa percintaan mereka waktu muda.

Menggantikan posisi Deddy Dhukun yang langsung mundur usai menyanyikan lagu Bohong, Mus Mujiono tampil membawakan sebanyak 4 lagu yang hampir semuanya permintaan penonton. Dia pun menyanggupi keinginan tersebut asalkan pengunjung mau nyanyi bareng. "Udah ya, atau masih mau nanya lagi, oke boleh tapi bukan dengan saya tapi Fariz RM, saya undur ke belakang," ucapnya. 

 

Fariz RM di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Fariz RM di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

 

Vina Panduwinata di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Vina Panduwinata di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Dari sinilah kemudian penyanyi legendaris teman dari David Bowie itu membius penonton lewat tembang Nada Kasih. Gebukan drum yang ritmis ditingkahi kepiawaian sang musisi dalam memainkan kibor penonton yang didominasi orang tua itu pun bernyanyi lirih sambil bergoyang kecil di atas kursi. 

"Seru ya orang tua-orang gua ini. Ya begitulah, napas harus diirit-irit untuk berbagai hal lain," seloroh sang musisi yang langsung disambut tawa penonton.

Setelahnya lagu Sakura meluncur dengan alunan musik yang nge-beat. Selama beberapa menit setelah intro lagu, Fariz juga menunjukkan aksinya dengan menekan tuts-tuts kibor gitar yang talinya disampirkan di bahu. Tak hanya itu, penyanyi asal Minangkabau ini juga masih tampil energik meski telah berumur 64 tahun.

Setelah tampil membawakan tiga lagu termasuk single populernya, Barcelona, aksi Fariz RM digantikan oleh diva Vina Panduwinata. Sesuai julukannya sebagai penyanyi 'Burung Camar', musisi peraih Lifetime Achievement Award itu tampil menawan dengan gaun ungu berbalut blazer hitam.

Selama kurang lebih 40 menit Vina Panduwinata membawakan sejumlah judul trek populernya. Lagu-lagu itu adalah Di Dadaku Ada Kamu, Satu dalam Nada Cinta, Cinta, Biru, dan Aku Makin Cinta, yang hampir sebagian besar merupakan permintaan para penonton. 

Di atas panggung, penyanyi yang telah merilis 14 album studio ini pun sempat bingung mengikuti keinginan pengunjung. Namun akhirnya, Vina menutup panggung BNI Java Jazz Festival 2023 dengan memanggil semua bintang yang tampil untuk berdendang bersama menyanyikan tembang Semua Jadi Satu karya Dian Pramana dan Deddy Dhukun. 

Baca juga: Duet Manis Ariel feat Bunga Citra Lestari di BNI Java Jazz Festival 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hadirkan Karya Baru, Sisitipsi Guncang Panggung Stage Bus BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Johnny NCT Jadi DJ di Colosseum Club Jakarta, Catat Tanggal Mainnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: