Penampilan Dika Wicaksono di BNI Java Jazz Festival 2023 (Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Suguhkan Karakter Berbeda, Dikta Wicaksono Tampilkan Blues di Panggung BNI JJF 2023

04 June 2023   |   20:47 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Musisi Pradikta Wicaksono menyuguhkan karakter musik yang berbeda di BNI Java Jazz Festival (JJF) 2023, Minggu (6/4/2023). Tidak seperti biasanya, eks vokalis Yovie and Nuno itu tampil lebih enerjik dengan musik bernuansa jazz blues. Penampilannya cukup mengejutkan penonton yang sudah sedari awal memadati panggung MLD Stage Bus.

Dikta, panggilan akrabnya, merupakan salah satu penampil yang manggung pada hari ketiga dalam festival jaz terbesar tersebut. Penonton yang hadir di panggung Dikta rata-rata adalah generasi muda. Mayoritas dari mereka juga wanita.

Maklum, selain suaranya yang menawan, Dikta juga punya tampang yang rupawan. Tidak mengherankan jika banyak fannya adalah dari kaum hawa. Dikta tampil mengenakan kemeja putih dengan balutan suspender yang melingkar di badannya. Tak lupa, slayer merah mengalung di lehernya.

Baca juga: Duet Manis Ariel feat Bunga Citra Lestari di BNI Java Jazz Festival 2023

Pada awal-awal penampilannya, Dikta menyuguhkan musik yang berbeda dibanding panggung-panggung lainnya. Sedikit meninggalkan pop, musisi itu memukau penonton dengan menampilkan musik blues yang menghentak. Para penonton pun asyik berdendang dan bergoyang bersama.

Dikta cukup kaget pada awalnya. Rupanya, jenis musik seperti ini masih memiliki ruang di industri musik Indonesia. Dia mengapresiasi para penonton yang hadir dan menikmati karakter musik yang jarang ditampilkannya itu.

Meski terlihat menampilkan karakter musik baru dan berbeda, sebenarnya jaz dan blues bukanlah genre yang asing bagi Dikta. Musisi kelahiran 1986 itu justri sudah lama mengikuti dan menggemari musik bergenre blues tersebut. "Saya justru mulai bermusik dari genre seperti ini. Namun, ada yang bilang 'enggak ada duitnya', ya sudah," katanya di sela-sela penampilan. 

Dikta pun sedikit bernostalgia dan mengenang awal-awal bermusik di mana genre blues masih cukup kental di warna musiknya. Meskipun kini telah mengarah ke pop, genre lamanya itu ternyata masih punya tempat di hatinya. Oleh karena itu, saat tampil di hadapan penonton BNI Java Jazz Festival, karakter lamanya itu pun sengaja dikeluarkan lagi. 
 

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

(Sumber: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Seusai menampilkan karakter lamanya, Dikta kembali menyuguhkan musik yang lebih akrab pada penggemarnya saat ini. Dia pun membawakan single pertama dirinya saat bersolo karier, yakni Harusnya Bersama.

Benar saja, saat menyanyikan lagu tersebut. Penonton langsung sing along dan larut dalam suasana yang terbentuk di panggung BNI Java Jazz Festival 2023. Para penonton asyik melambaikan tangan dan saling berangkulan menikmati lagu dari Dikta.

Dikta menyadari dalam berkarier dirinya memang harus banyak beradaptasi sekaligus mau memulai hal baru. Meski lebih dahulu mengenal blues, dia kini lebih dikenal sebagai solois pop. Namun, baginya tak masalah.Dia menyatakan bukan tipe orang yang mau berada di zona nyaman. Oleh karenanya, musisi berkacamata itu selalu ingin mencoba hal baru, termasuk dengan menjadi mainstream dan menyanyikan lagu pop. 

"Iya, kan, gue blues banget nih. Tapi, ya sudah lah, saya tidak suka berada di zona nyaman. Kalau di zona aman terus, hidupnya tenang-tenang terus. Itu saya syukuri, meski saya juga sesali," imbuhnya.

Dikta kemudian membawakan lagu Jangan Pilih Aku. Lagu yang berawal saat dirinya mengunggah nyanyian di media sosial itu kini telah jadi dengan matang. Setelahnya, pelantun lagu Harusnya Kita Bersama ini membawakan beberapa tembangnya yang viral.

Emi Listi, salah satu penonton Dikta menyebut puas dengan penampilan musisi favoritnya itu. Seperti pada panggung-panggung yang lain, penampilan Dikta di mata Emi selalu sempurna. Terlebih, dia juga senang karena ada warna baru yang ditampilkan oleh Dikta. "Menarik sekali melihat sisi lain Dikta saat membawakan genre blues. Mungkin jika ke depan menciptakan single dengan tema tersebut akan seru," ucapnya.

Dikta tampil mengesankan dengan membawakan beberapa lagu hitnya. Dia tampil sejak pukul 18.30 WIB sampai dengan 19.30 WIB. 

Baca juga: Pecah, The Groove Buat Penonton BNI Java Jazz 2023 Ajojing di Depan Panggung 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Duet Manis Ariel feat Bunga Citra Lestari di BNI Java Jazz Festival 2023

BERIKUTNYA

Mengenal Teknologi eSIM, Sejarah hingga Kekurangan & Kelebihannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: